Jalan-jalan ke kota Bandung belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner lokalnya. Kalau ngomongin Kota Kembang, pasti yang terlintas adalah seblak, cilok, dan sebagainya. Padahal, masih ada banyak makanan enak lainnya yang gak boleh kamu lewatkan saat datang ke ibu kota Jawa Barat ini. Penasaran apa saja? Yuk, simak berbagai rekomendasi wisata kuliner Bandung yang wajib kamu coba dalam artikel berikut ini. 

Daftar Wisata Kuliner Bandung

Kalau bicara seputar Bandung memang gak ada habisnya. Ada banyak atraksi wisata yang bisa kamu temukan di sini, mulai dari wisata alam, budaya, hingga wisata belanja yang jadi andalannya. Namun, jangan lewatkan juga untuk mencicipi sajian lokal Bandung yang pastinya menggugah selera. Ini daftar wisata kuliner di Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Seblak

Meski ada banyak penjual seblak yang tersebar di luar Bandung, tapi menikmati sajian ini dari kota asalnya secara langsung tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda. Umumnya, bahan utama dari seblak adalah kerupuk basah yang ditambah dengan bahan-bahan makanan lainnya seperti mi, telur, makaroni, sosis, bakso, jamur, dan sebagainya.

Hal yang membuat hidangan ini spesial adalah sensasi pedas dan bumbu rempahnya yang menambah nikmat di lidah. Salah satu tempat makan seblak yang cukup populer di Bandung untuk kamu kunjungi adalah Seblak Jebred yang berlokasi di Jl. Buah Batu No.163, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

2. Nasi Tutug Oncom

Oncom adalah produk fermentasi yang berasal dari bungkil tahu. Bahan makanan yang satu ini kemudian dijadikan hidangan nasi tutug oncom yang sampai saat ini menjadi kuliner khas kota Bandung.

Selain nasi dan oncom, hidangan ini juga kerap ditambah dengan berbagai macam lauk pauk sesuai selera. Jika kamu mencari rekomendasi tempat makan nasi tutug oncom di Bandung, maka cobalah untuk datang ke Nasi Tutug Oncom Bu Kokom yang berlokasi di Jl. Macan, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

3. Mie Kocok

Wisata kuliner Bandung selanjutnya yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah mie kocok. Hidangan mie kuning pipih yang diberi potongan kikil, sum sum, daun seledri, dan bawang goreng menjadi sangat nikmat dengan kuah kaldu yang segar.

Salah satu tempat makan mie kocok yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Bandung adalah Mie Kocok Mang Dadeng yang ada di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

4. Gehu Jeletot

Sumber: cookpad

Gehu jeletot adalah camilan khas Bandung yang terbuat dari tahu berisi tauge, wortel, dan cabai. Cita rasanya yang pedas gurih membuat banyak warga lokal hingga wisatawan merasa ketagihan. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner lezat yang satu ini saat jalan-jalan ke Bandung ya!

Jika butuh rekomendasi tempat yang menjual gehu jeletot dengan kualitas terjamin maka datang saja ke Gehu Hot Jeletot di JL. Jupiter Raya, Blok F2 No. 25, Margahayu Barat, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

5. Bandros

Bandros adalah jenis kue tradisional Bandung yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Rasanya gurih manis karena ditaburi gula pasir di atasnya. Uniknya, bentuk kue bandros hampir menyerupai kue pukis.

Namun, banyak penjual kue bandros yang berinovasi dengan menambahkan berbagai rasa seperti coklat, keju, green tea, dan lain-lainnya. Coba kunjungi Cowboy Cisangkuy untuk menikmati sajian kue bandros dengan aneka rasa yang beralamatkan di Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

6. Peuyeum

Meski hanya sekedar tape singkong, tapi kuliner yang satu ini sangat melekat dan identik dengan kota Bandung. Umumnya, peuyeum bisa bertahan lebih lama karena memiliki kadar air yang lebih sedikit.

Banyak orang yang menyantap peuyeum secara langsung, tapi ada juga yang menjadikannya sebagai bahan dasar untuk olahan makanan tertentu. Meski ada banyak tempat yang menjajakan kuliner yang satu ini, kamu juga bisa langsung mengunjungi sentranya yang ada di Desa Citatah.

 

7. Es Goyobod

Selain makanan berat dan camilan lezat, kamu juga tidak boleh melupakan es goyobod yang berisikan adonan sagu aren dengan kuah santan, susu kental manis, dan es serut. Banyak juga penjual yang menambahkan topping roti tawar, peuyeum, alpukat, kolang-kaling, kelapa muda, dan pacar Cina.

Salah satu tempat yang cukup populer di Bandung untuk menikmati sajian yang satu ini Adalah Es Goyobod Kliningan yang berlokasi di Jalan Kliningan B 9, RT01/ RW05, Turangga, Lengkong, Turangga, Lengkong, Kota Bandung.

 

8. Cuanki

Cuanki adalah hidangan bakso khas Bandung yang di dalamnya terdapat aci, bakso, siomay, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng. Hal yang membuat cuanki berbeda dari bakso pada umumnya adalah rasanya yang lebih gurih. Nah, jika kamu berlibur ke Bandung, cobalah untuk mengunjungi Cuanki Serayu yang cukup legendaris di Jalan Serayu No.2, Cihapit, Bandung Wetan.

 

 

Tips Sehat saat Wisata Kuliner di Bandung

Meski menyantap sajian kuliner khas kota asal menjadi itinerary wajib yang tidak boleh ditinggalkan, tapi tetap perhatikan kebersihannya ya! Selain itu, makanlah secukupnya supaya tidak mengganggu kesehatanmu selama berlibur. Berikut ini adalah beberapa tips sehat saat wisata kuliner di Bandung yang bisa dicoba.

1. Cek Kebersihan Makanan dan Tempat Makan yang Didatangi

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan kebersihan tempat makan yang dikunjungi serta hidangan yang disajikan. Hal ini penting untuk menjamin higienitas dari makanan dan tempat yang didatangi.

Umumnya, penjual yang memperhatikan kebersihan dan kesehatan akan menyediakan wastafel bagi pengunjung untuk cuci tangan. Selain itu, mereka juga memastikan bahwa setiap sudut ruangan benar-benar bersih, sehingga pengunjung pun akan lebih nyaman untuk mampir.

2. Perhatikan Jam Makan

Sebaiknya hindari menyantap makanan berat pada malam hari karena kinerja lambung biasanya kurang maksimal. Apabila kamu terlalu banyak makan makanan berat di malam hari, hal ini akan meningkatkan penumpukan makanan di lambung, sehingga kamu akan merasa malas di keesokan paginya.

3. Pertimbangkan Jumlah Pengunjung yang Datang

Jumlah pengunjung yang datang di suatu spot kuliner juga memengaruhi kualitas makanannya. Apalagi jika jenis masakannya berkuah yang biasanya akan dihangatkan kembali apabila stoknya belum habis. Restoran yang minim pembeli umumnya berpotensi menyajikan makanan yang kurang berkualitas karena menjual kembali hidangan yang masih tersisa.

4. Utamakan Memilih Menu Bergizi

Memilih makanan dengan kelengkapan gizi seimbang bisa kamu prioritaskan demi menjaga kesehatan. Jadi, pertimbangkan untuk memilih jenis kuliner yang mencakup kandungan gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak. Namun, tidak masalah jika ingin menikmati jajanan tertentu lainnya, asalkan jangan sampai berlebihan ya!

5. Makan Secukupnya

Melakukan wisata kuliner memang menyenangkan. Namun, pastikan untuk makan secukupnya saja ya! Terlalu banyak makan justru akan membuat perutmu begah dan tidak nyaman, sehingga kamu jadi enggan untuk meneruskan waktu jalan-jalan saat berlibur.

 

 

Nah, jangan sampai kamu sakit saat sedang wisata kuliner di Bandung ya! Jadi pastikan untuk menjaga daya tahan tubuhmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet setiap hari.

Di dalam setiap tablet Enervon-C Tablet mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imunitas, serta vitamin B-Kompleks yang bantu pembentukan energi di dalam tubuh. Dengan demikian, kamu akan senantiasa sehat dan fit sepanjang hari selama berlibur!

Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produk asli Enervon-C Tablet dan lainnya secara online sekarang juga!