Suasana cuti bersama, libur semester, hingga libur hari raya Iduladha nampaknya masih melekat. Momen libur panjang yang membuat sebagian besar orang menikmati beragam kegiatan rekreasi lebih maksimal. Mulai dari menjelajahi alam, mencoba kuliner baru, hingga menikmati waktu bersantai di rumah menjadi pilihan aktivitas seru. Semua kegiatan yang jauh dari kata “kerja” memang biasanya membuat pekerja menjadi sedikit lesu ketika tiba saatnya masuk kembali. Hal ini biasanya akan memengaruhi performa dan semangat kerja pada beberapa hari pertama.

Sebagian orang merasa tidak termotivasi dan sebagian yang lain merasa masih lelah secara fisik. Meskipun tidak sedikit yang mampu pulih dari kondisi ini kurang dari satu minggu, masih ada yang malah semakin turun semangat kerjanya. Perhatikan dan cobalah beberapa cara membangkitkan kembali semangat kerja setelah libur panjang di bawah ini.

Tips Efektif Membangkitkan Semangat Kerja secara Psikologis

1. Segarkan Kembali Tujuan dan Target Bekerja

Tips pertama harus dimulai dari diri sendiri dengan menyegarkan kembali tujuan dan target kerja. Jika perlu kamu bisa menuliskan daftar tujuan dan target terbaru pada kertas, buku, atau menjadikannya sebagai latar belakang layar ponsel. Hal yang perlu diingat adalah perubahan motivasi kerja bukanlah sesuatu yang salah karena setiap orang pasti tumbuh dan berkembang secara psikologis. Selama tujuan positif tersebut membuat kamu semangat menjalani hari, why not?

2. Ingat Kembali Keseruan di Tempat Kerja

Berikutnya adalah dengan mengingat kembali hal-hal yang membuat kamu senang bekerja. Mulai dari serunya bidang pekerjaan, asyiknya bertemu dengan klien keren, makan siang bersama tim kerja, hingga menu makanan favorit di kantin kantor. Meskipun terlihat kecil, namun terbukti ampuh mengembalikan semangat berangkat ke tempat kerja. Dengan begitu, kamu akan lebih siap menghadapi tantangan baru.

3. Saling Berbagi Kisah Liburan dengan Teman

Setelah libur panjang pasti ada hal-hal berkesan yang seru dibagi. Saling berbagi cerita lucu selama liburan dengan teman kerja bisa menjadi pencair suasana setelah libur panjang. Kamu pun bisa lebih semangat dan produktif dalam menyelesaikan tugas. Apalagi jika kamu tipe orang yang mendapatkan banyak energi dari bersosialisasi, cara ini patut diterapkan.

4. Ubah Sudut Pandang Negatif menjadi Positif

Rasa lesu dan kurang bersemangat dalam bekerja biasanya dipengaruhi dengan sudut pandang negatif pada profesi yang dimiliki. Bentuknya bisa beragam namun sama-sama mampu menurunkan motivasi kerja. Sehingga usahakan untuk bisa segera mengubahnya menjadi nilai positif. Hal ini nantinya akan berpengaruh besar pada performa kerja keseluruhan.

Tips Efektif Membangkitkan Semangat Kerja secara Fisik

1. Siapkan Baju Terbaik yang Ingin Dipakai

Setelah menyiapkan mental dengan matang, dukung juga dengan mempersiapkannya secara fisik. Cara pertama adalah dengan memilih dan menyiapkan outfit terbaik dan/atau paling disukai. Meski tidak disadari, mengenakan baju yang nyaman dan stylist akan meningkatkan rasa percaya diri dan suasana hati yang membaik. Bisa juga dengan mengoptimalkannya melalui aksesoris yang berkaitan dengan perlengkapan atau peralatan kerja.

2. Tata Meja dan Alat Kerja Serapi Mungkin

Bicara soal peralatan kerja, jangan biarkan letak dan posisinya berserakan di meja kerja ya. Meski terlihat sepele, kamu tidak bisa memungkiri dampak psikologis nyata dari meja kerja yang rapi terutama dari segi kenyamanan. Belum lagi jika banyak debu dan kotoran menumpuk setelah ditinggal libur panjang. Cukup dengan tisu basah, lap, atau sikat kecil, kamu bisa mudah membersihkan tempat kerja.

3. Buat Daftar Tugas Hari Pertama dan Selesaikan yang Paling Mudah Dahulu

Berikutnya adalah dengan menyiapkan daftar tugas saat malam sebelum hari pertama kerja. Meski tidak banyak, to-do-list bisa memicu kamu lebih cepat menyelesaikannya. Agar energi kamu terkelola dengan efektif, selesaikan tugas yang mudah terlebih dahulu. Lebih banyak tugas yang selesai lebih cepat akan meningkatkan semangat kerja hari itu dan hari-hari seterusnya. Selain itu, kebiasaan baik ini juga bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas kinerja dalam jangka panjang.

4. Manfaatkan Waktu Istirahat dengan Maksimal

Jangan terlalu keras pada diri sendiri pada beberapa hari pertama. Manfaatkan waktu istirahat tengah hari secara maksimal, baik secara fisik maupun pikiran. Kamu bisa menggunakan waktu yang terbatas dengan meditasi untuk merilekskan anggota tubuh dan otak. Pada saat pulang kerja, berikan penghargaan kecil untuk beberapa hari pertama agar kamu lebih semangat menyambut hari berikutnya. Misalnya dengan tidur lebih awal, makan malam dengan menu fast food, nonton ulang film favorit, dan sebagainya.

Bentuk penghargaan kecil lain yang bisa dicoba adalah mentraktir diri sendiri dengan makanan favorit. Selain cita rasa yang membuat kamu semangat, makanan favorit juga bisa mengembalikan suasana hati. Untuk memastikan kebutuhan nutrisi tubuh terlengkapi, jangan ragu mengonsumsi suplemen tambahan. Enervon Active hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral yang bermanfaat besar bagi tubuh. Kemasan yang praktis dan mudah dikonsumsi membuatnya sangat direkomendasikan oleh kalangan pekerja. Jaga stamina tubuh di tengah produktivitas kerja bersama Enervon. Akses cepat melalui Tokopedia dan Shopee official akan cocok untuk kamu dengan hari yang padat.