Nonton film menjadi salah satu kegiatan yang seru dilakukan bagi hampir semua orang. Bagi orang tua, mengajak anak nonton film bersama adalah salah satu strategi pendidikan yang patut dicoba. Apalagi jika kamu memilihkan film anak yang sesuai dengan usia mereka. Tidak hanya seru, film juga sangat membantu anak dalam meningkatkan kemampuan literasi. Berikut ini adalah daftar film anak terbaru 2023 yang banyak dinantikan oleh keluarga serta tipsnya.

Tips Mengajak Anak Nonton Film

Sebelum masuk dalam daftar film anak terbaru, mari memahami beberapa tips nonton di rumah maupun di bioskop berikut. Secara garis besar tidak ada batasan usia untuk anak yang akan diajak nonton film. Jika menonton film di rumah, perlu dipahami bahwa anak dengan usia 0-3 tahun dianjurkan memiliki screen time maksimal 1 jam per hari. Jadi mengajak anak nonton film sebaiknya pada saat mereka telah berusia 4 atau 5 tahun.

Sedangkan bila menonton film di bioskop, pastikan anak tidak sensitif terhadap suara keras, ruangan gelap, dan durasi film yang berjam-jam. Bagaimanapun juga bioskop adalah tempat publik sehingga memastikan anak tidak mengganggu penonton lain merupakan satu hal yang harus diperhatikan. Termasuk aturan bioskop terkait usia minimal yang diperbolehkan masuk.

Tips lain yang juga perlu diperhatikan baik nonton film di rumah maupun di bioskop adalah sebagai berikut:

  • Selain memilihkan film dengan rating G (General Audiences) atau SU (Semua Umur), pilihkan juga jam nonton yang tidak mengganggu waktu istirahat mereka.
  • Sebaiknya tidak mengajak mereka nonton film 3D agar tidak mengganggu kemampuan motorik dan penglihatan mereka.
  • Bila anak mudah bosan, ajak mereka masuk tepat sebelum film dimulai.
  • Pertimbangkan membawa penutup telinga agar sedikit meredam suara dan memilih kursi pada lorong paling pinggir agar lebih nyaman bagi anak.

Daftar Film Anak Terbaru 2023 yang Telah Rilis

1. The Super Mario Bros

Telah rilis sejak 5 April, The Super Mario Bros diadaptasi dari gim legendaris Super Mario Bros. Dalam edisi filmnya, Mario berpetualang bersama prajurit jamur dan Putri Peach untuk menyelamatkan Luigi. Kerja sama dan perjuangan mereka untuk melawan Bowser menjadi hal yang seru untuk disaksikan. Terutama kecerdikan dan kelincahan Mario dalam menyelesaikan semua tantangan.

2. Little Mermaid

Berikutnya ada Little Mermaid, film yang menceritakan kisah putri duyung dengan rasa ingin tahu yang tinggi bernama Ariel. Dinamika petualangan Ariel dalam menghadapi tantangan dunia manusia, berkenalan dengan Pangeran Eric, hingga menyelesaikan masalahnya dengan Ursula sangat ditunggu-tunggu. Tayang di bioskop sejak 23 Mei lalu, kamu juga bisa menyaksikannya di Disney+ Hotstar.

3. Elemental: Forces of Nature

Film ini menceritakan tentang petualangan anak dari elemen api bernama Ember. Dengan sifatnya yang cerdas, tangguh, dan selalu bersemangat, ia bertemu dengan sahabat yang berasal dari elemen air bernama Wade. Meski keduanya sangat bertolak belakang, petualangan membawa mereka pada kisah persahabatan yang unik dan seru untuk diikuti. Kamu dan anak-anak bisa menikmati film dari Pixar ini sejak 21 Juni lalu.

4. Ruby Gillman, Teenage Kraken

Film produksi Dream Works Animation ini telah tayang dari 30 Juni. Berkisah tentang gadis pesisir pantai bernama Ruby, petualangannya menjadi penerus Kraken seru untuk disaksikan. Kraken sendiri merupakan monster penjaga laut dari pasukan putri duyung yang ingin menguasai lautan. Ruby tidak hanya berusaha menemukan jati dirinya, tapi juga berjuang menyelamatkan keluarga dan masyarakat di daratan.

5. Nimona

Nimona adalah film yang berkisah tentang Ballister Boldheart yang meminta bantuan Nimona untuk membuktikan dirinya tidak bersalah. Berperan sebagai sahabat baik Ballister, Nimona adalah remaja yang bisa mengubah bentuk dirinya menjadi apa saja. Rilis sejak 30 Juni, petualangan Nimona dapat disaksikan dari rumah melalui Netflix.

Daftar Film Anak Terbaru 2023 yang Dinantikan

1. Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem – Agustus

Karakter 4 kura-kura ninja bernama Abbey, Brown, Cantu, dan Noon dikabarkan siap hadir di bioskop untuk menceritakan kisahnya. Keempatnya berusaha menjadi remaja normal di kota New York dengan bantuan manusia. Dengan keahlian yang dimiliki, mereka berjuang menyelamatkan kota dari serangan Foot Clan.

2. Paw Patrol: The Mighty Movie – September

Berikutnya ada Paw Patrol: The Mighty Movie yang diproduksi oleh Nickelodeon, Paramount, dan Mikros. Film ini menceritakan petualangan beberapa anak anjing setelah mendapat kekuatan super secara ajaib. Mereka berjuang agar kekuatan tersebut tidak dicuri oleh musuh. Nantikan tanggal penayangan resminya akhir tahun ini.

3. Wish – November

Satu lagi film dari Disney yang menarik perhatian banyak penonton, yaitu Wish. Dengan tokoh utama bernama Asha, ia memulai petualangannya yang penuh keajaiban setelah bertemu bintang misterius yang unik. Bersama kambing peliharaannya, Asha siap menemani waktu seru kamu dan anak-anak.

4. Trolls 3 – November

Satu lagi keseruan petualangan yang dilakukan oleh Branch dan Putri Poppy dalam menyelamatkan teman-temannya. Berhasil dengan dua film sebelumnya, Trolls 3 digadang-gadang memiliki kisah yang lebih seru. Selain taktik yang dilakukan Branch dan gengnya, lagu yang mengisi film ini juga banyak dinanti.

5. Migration – Desember

Bergenre komedi petualangan, Migration mengisahkan keluarga bebek yang menjelajahi New York hingga ke Bahama. Selain sikap lucu sang ayah bebek, film ini juga dikabarkan memiliki nilai kekeluargaan yang sangat kental. Cocok sekali mengisi akhir tahun kamu bersama anak-anak.

Bagaimana? Sudahkah kamu menentukan film anak mana yang akan dinikmati bersama? Jangan lupa untuk memastikan kebutuhan fisiknya terpenuhi dengan mengonsumsi vitamin. Enervon-C Plus Syrup hadir dengan multivitamin dan mineral lengkap untuk membantu menjaga daya tahan tubuh serta membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. Dapatkan produk ini dan produk Enervon lainnya dengan mengakses Tokopedia atau Shopee resmi.