Kamu tentu setuju bahwa berkunjung ke pantai tidak selalu soal atraksi atau olahraga air yang seru. Pemandangan yang menakjubkan, lingkungan yang masih sangat alami, hingga perairan dan pasir yang bersih adalah hal-hal yang justru memiliki banyak penggemar. Beruntungnya kamu tinggal di Indonesia, negara maritim dengan banyak sekali pantai. Mulai dari pantai hidden gem hingga pantai yang populer karena keunikannya di dunia bisa kamu temui. Simak daftar wisata pantai terbaik Indonesia di bawah ini.

Wisata Pantai Terbaik di Indonesia dan Keunikannya

1. Pantai Pink – Nusa Tenggara Barat

Pertama dan yang paling unik adalah Pantai Pink dengan pasir merah muda yang sangat cantik. Meski berasal dari pecahan karang yang terbawa ke daratan, pasirnya tetap lembut. Perlu kamu tahu, 2 dari 5 pantai berpasir merah muda dunia ada di Indonesia dan di NTB ini salah satunya. Kegiatan paling favorit bagi wisatawan adalah snorkeling dan diving karena pemandangan bawah lautnya yang tak kalah memukau.

2. Pantai Ora – Maluku Tengah

Berikutnya ada Pantai Ora, pantai dengan tebing kapur yang rimbun dan megah. Perairan yang sangat bening memungkinkan kamu menyaksikan banyaknya biota laut dari atas perahu. Tidak berhenti di situ, kamu juga bisa menginap di akomodasi yang terletak di atas laut. Dijamin pemandangan malam kamu akan sangat spesial di sini.

3. Pantai Raja Ampat – Papua Barat

Populer sejak beberapa tahun lalu nyatanya tidak membuat Pantai Raja Ampat menjadi membosankan. Selain pesona bawah laut yang menakjubkan, perbukitan di sekitarnya juga akan memanjakan siapa pun yang melihatnya. Daya tarik untuk menikmati wisata kuliner khas Papua ikut menambah liburan kamu makin sempurna.

4. Pantai Karimun Jawa – Jawa Tengah

Siapa bilang Pulau Jawa tak punya pantai terindah? Pantai Karimun Jawa siap membuat kamu tercengang dengan kecantikannya. Mulai dari perairan yang bersih dan bening, pasir putih menghampar, hingga hutan bakau bisa kamu jelajahi di sini. Jangan lewatkan juga untuk menengok penangkaran hiu hanya dengan naik perahu 5 menit dari Pulau Karimun Jawa.

5. Pantai Tomini Bay – Sulawesi Utara

Bayangkan kamu sedang jalan-jalan di atas jembatan kayu sederhana yang menjorok keluar lautan lalu melihat banyaknya hewan laut berkeliling di bawahnya. Sebening itulah air di Pantai Tomini Bay yang berpadu dengan pasir kecoklatan. Apalagi jika kamu menyempatkan untuk snorkeling dan diving, dijamin pengalamanmu akan jauh lebih berkesan.

6. Pantai Derawan – Kalimantan Timur

Berasa mengunjungi Maldives, kamu harus menjelajahi Pantai Derawan dan menikmati semua keindahannya. Dengan perairan berwarna toska dan pasir putihnya, kamu akan dibuat terpukau dengan suasana alam di sini. Selain budaya dan kuliner yang patut dicoba, kamu juga bisa mengakses fasilitas yang lengkap di sana.

7. Pantai Wediombo – Yogyakarta

Satu lagi dari Jawa, Pantai Wediombo menawarkan pemandangan Samudra Hindia yang sangat menawan. Lokasinya yang mirip dengan teluk membuat pantai ini semakin eksotis. Paduan antara birunya lautan, pasir putih, dan gugusan batu karang yang menjulang akan membuatmu terpukau. Apalagi jika kamu berkunjung saat matahari terbit dan terbenam, dijamin liburanmu akan makin berkesan.

Barang yang Wajib Dibawa Saat Traveling ke Pantai

Selain memilih wisata pantai untuk masuk dalam agenda liburan kamu, pahami juga beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi kesana. Salah satunya adalah membawa barang bawaan yang mampu mengoptimalkan momen kamu selama mengunjungi pantai tersebut.

1. Barang yang Melindungi Kulit dan Mata

Paparan sinar matahari yang tinggi membuat semua wisatawan perlu melindungi kulit dan mata. Beberapa barang yang wajib ada di tas kamu adalah tabir surya, topi, dan kacamata hitam. Meskipun berencana menikmati pemandangan di tempat teduh, ada baiknya kamu tetap membawanya agar momen selama di pantai makin sempurna tanpa takut panas.

2. Keperluan Penting Saat Bermain Air

Nah jika kamu memang ingin bermain air di sepanjang pantai, ada beberapa barang tambahan yang harus dibawa selain baju ganti. Di antaranya adalah handuk, kondisioner, hingga krim atau gel penenang kulit agar tidak terbakar sinar matahari selama berenang.

3. Menikmati Pemandangan dengan Nyaman

Untuk meningkatkan kenyamanan selama menikmati suasana pantai, bawalah kain pantai untuk duduk-duduk bersama keluarga, teman, dan/atau pasangan. Siapkan juga tisu basah agar kamu lebih mudah menyantap camilan meski habis bermain pasir dan air laut.

4. Jangan Lupakan Hidrasi Tubuh

Selain fisik luar, kamu juga perlu memastikan organ dalam tubuh tidak terkena dampak panasnya sinar matahari. Salah satunya dengan mencegah tubuh kehilangan cairan berlebih. Bawalah botol air minum pribadi yang berisi air putih dingin dan pastikan kamu meminumnya sebelum merasa kehausan. Jangan mengandalkan pedagang di sekitar pantai ya, terutama jika pantai yang kamu pilih cukup pelosok.

Pastikan Tubuh Sehat dengan Enervon-C Tablet

Meskipun cuaca cerah dan suhu cukup stabil, memastikan tubuh memiliki energi selama traveling di objek wisata pantai tidak boleh diremehkan. Apalagi jika kamu memiliki sederetan aktivitas seru untuk menjelajahi lokasi di sekitarnya. Enervon-C Tablet menjadi salah satu suplemen yang direkomendasikan untuk para traveler. Selain bentuknya yang praktis dibawa ke mana pun, varian Enervon yang satu ini juga mengandung multivitamin dan mineral yang lengkap. Tidak hanya memastikan pemenuhan nutrisi harian, imun tubuh juga akan meningkat. Anti sakit selama liburan bersama Enervon! Semua produknya juga telah tersedia di Tokopedia dan Shopee official ya untuk akses yang makin mudah.