Beberapa dekade terakhir, konsep liburan staycation sudah mendapat banyak penggemar. Seseorang dapat menghabiskan banyak waktu berkualitas bersama orang terdekat. Sebagian memilih menjalani staycation bersama teman dan yang lainnya dengan pasangan dan/atau keluarga. Nyatanya liburan ini memiliki banyak manfaat meski sebagian besar waktu dilalui dengan aktivitas di dalam ruangan. Intip barang-barang yang wajib dibawa saat menginap dan rekomendasi staycation Jakarta yang harus kamu coba.

Lebih detail lagi, manfaat menjalankan staycation jauh lebih besar dari sekadar menyegarkan pikiran. Kamu dapat menggunakan konsep liburan ini untuk mempererat hubungan dengan teman satu geng atau keluarga. Dengan biaya yang cukup murah, kamu dan rombongan tetap bisa menikmati momen seru bersama. Bahkan untuk kamu yang suka mengisi liburan dengan bermalas-malasan, cara ini sangat ampuh mengembalikan energi. Kamu tak perlu menghadapi kerumunan yang kemungkinan besar meningkat saat high season.

Rekomendasi Staycation Jakarta Terbaik

Kenapa Jakarta? Menjadi salah satu kota paling sibuk di Indonesia, liburan dengan konsep staycation banyak dipilih karena pilihan tempat menginap yang sangat beragam. Agar tidak bingung menentukan pilihan, berikut ini adalah daftar rekomendasi hotel terbaik untuk staycation di Jakarta. Harga yang dicantumkan adalah hasil pencarian hari ini melalui mesin pencari, jadi ada baiknya kamu mengecek langsung sebelum menentukan ya.

1. Swiss-Belinn Wahid Hasyim – mulai dari 467.000 per malam

Terletak di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Swiss-Belinn menawarkan kamar dengan konsep minimalis modern yang menambah kesan sederhana dan rapi. Selain WiFi dan minum gratis, layanan makan dapat diakses selama 24 jam penuh.

2. Swiss-Belinn Simatupang – mulai dari 552.000 per malam

Satu lagi dari Siwss-Belinn di cabang Cilandak, Jakarta Selatan yang tak kalah menarik untuk dicoba. Apalagi dengan fasilitas bersama yang disediakan seperti kolam renang, restoran, hingga lounge. Setiap kamar dilengkapi dengan layar LCD, bathtub, serta fasilitas dasar lainnya.

3. Ibis Jakarta Arcadia – mulai dari 489.000 per malam

Salah satu daya tarik dari hotel ini adalah lokasinya yang dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan dan destinasi wisata populer Taman Impian Jaya Ancol. Selain fasilitas dasar yang lengkap, tempat ini juga menawarkan layanan kamar 24 jam penuh.

4. Yello Hotel Harmoni – mulai dari 375.000 per malam

Dengan nuansa kamar yang cerah dan sangat artsy, Yello Hotel Harmoni juga direkomendasikan untuk staycation di Jakarta. Beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan adalah pusat kebugaran, spa dan pijat, restoran beragam konsep, hingga layanan laundry. Bahkan kamu juga bisa memesan kamar untuk keluarga dengan harga mulai dari 2 jutaan.

5. Rumanami – mulai dari 387.000 per malam

Hadir dengan konsep bangunan yang unik, Rumanami memiliki bentuk bangunan oval. Interior yang minimalis memungkinkan kamu menikmati momen istirahat dengan maksimal. Selain pusat kebugaran, klub kesehatan, dan beragam fasilitas bagi penyandang disabilitas, kamu juga bisa menggunakan fasilitas komputer di sini. Bahkan kamu juga bisa menikmati kegiatan barbecue lho. Lengkap, bukan?

6. La Boheme – mulai dari 520.000 per malam

Interior kamar bohemian menjadikan La Boheme memiliki daya tarik yang unik. Selain itu, para tamu yang menginap bisa mengakses layanan umum seperti laundry, restoran, bar, hingga pusat kebugaran. Layanan kamar 24 jam juga akan menambah kenyamanan kamu selama menginap.

7. Little Amaroossa Residence – mulai dari 311.000 per malam

Sesuai dengan namanya, kamar di hotel ini memiliki konsep klasik yang khas. Kamu bisa mendapatkan fasilitas umum seperti pusat kebugaran, laundry, peminjaman proyektor, hingga kafe. Interior kamarnya pun sangat cantik dan cocok untuk kamu yang ingin staycation bersama pasangan.

Tips Barang Bawaan agar Liburan Lebih Seru

Sebenarnya staycation merupakan liburan yang memungkinkan kamu menggunakan semua fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia tempat penginapan. Namun tetap saja ada beberapa barang bawaan yang harus dibawa sendiri untuk memaksimalkan momen bersama. Simak daftarnya berikut ini.

1. Alat Mandi dan Perawatan Tubuh

Umumnya hotel memang menyediakan kebutuhan sanitari dasar untuk para tamu yang menginap. Namun akan jauh lebih baik jika kamu membawa sendiri sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan. Terutama untuk produk yang berkaitan dengan skincare, bodycare, dan sebagainya.

2. Beragam Camilan dan Minuman

Bawalah camilan dan minuman favorit kamu untuk memaksimalkan momen seru di kamar hotel. Layanan pesan antar memang ada, tapi harganya cenderung lebih mahal dan pilihannya belum tentu beragam.

3. Papan Permainan Terbaru

Agar waktu yang kamu habiskan bersama teman satu geng semakin seru, bawalah papan permainan terbaru dan/atau yang ingin kalian coba. Di antaranya balok jenga, kartu uno, monopoli, dan board game lain yang disetujui bersama. Hal ini untuk mengurangi intensitas bermain dengan ponsel masing-masing.

4. Stok Film atau Seri Favorit

Selain permainan, menyaksikan film atau seri favorit sambil ngemil juga tak kalah seru. Namun kamu perlu memastikan layanan yang diberikan tempat staycation tersebut terkait hal ini, seperti ketersediaan monitor dan perangkat lain.

5. Obat-obatan Pribadi dan Vitamin

Terakhir namun tak kalah penting, bawalah obat-obatan pribadi sebagai pertolongan pertama pada gangguan kesehatan sederhana. Misalnya dengan membawa minyak aromaterapi, obat anti nyeri, obat maag, hingga multivitamin. Khusus vitamin, kamu disarankan untuk mengonsumsinya agar pemenuhan nutrisi harian lebih mudah dilakukan meski sedang berlibur.

Menyambung poin terakhir di atas, jika kamu membutuhkan vitamin dengan kemasan yang mudah dibawa ke mana pun, Enervon-C Tablet adalah jawabannya. Tersedia dalam kemasan strip, kamu bisa mendapatkan lengkapnya multivitamin dan mineral untuk kebutuhan tubuh harian. Meski banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, mengonsumsi vitamin tetap disarankan agar tubuh tetap segar setelah liburan selesai. Untuk akses produk asli yang praktis, toko resmi Enervon telah hadir di Tokopedia dan Shopee.