Saat ini semakin banyak daerah di Indonesia yang mencuri perhatian banyak wisatawan. Tidak hanya Bali dan Lombok, wilayah lain mulai menunjukkan beragam daya tariknya untuk meningkatkan kunjungan. Salah satu daerah yang patut untuk dijelajahi adalah Medan. Terkenal dengan objek wisata populer Danau Toba, Medan ternyata menawarkan beragam tempat wisata keren lainnya. Bila kamu ingin wisata kuliner atau berencana melakukan perjalanan di Medan, maka petualangan kamu harus sampai ke beberapa lokasi di bawah ini. Berikut adalah 7 tempat wisata di Medan yang lagi hits dan harus dikunjungi.

Tempat Wisata Hits di Medan yang Telah Dipilihkan

1. Istana Maimun

Sumber: Wikipedia

Tempat wisata hits pertama di Medan yang kami pilihkan untuk kamu adalah Istana Maimun, bangunan dengan eksterior dan interior yang memukau. Perpaduan gaya Melayu, Timur Tengah, dan India menjadikan bangunan bersejarah ini terlihat unik dan menarik ditelusuri. Bahkan di dalamnya terdapat 30 kamar berkonsep Eropa yang menyimpan barang peninggalan Kesultanan Deli. Selami nilai sejarah Sumatera Utara di sini.

2. Danau Linting

Sumber: sumutprov.go.id

Selain Danau Toba, kamu juga perlu menilik indahnya Danau Linting. Perairan bening yang tenang berwarna biru kehijauan akan membuat mata wisatawan jatuh cinta. Saat kamu menyentuh airnya, suhu hangat akan terasa karena adanya retakan vulkanik yang menarik. Hati-hati saat berenang ya, karena kedalamannya bisa mencapai puluhan meter. Jangan lupa juga berfoto di atas ayunan yang tergantung di salah satu pohon tepi danau, dijamin koleksi foto kamu akan semakin instagenic.

 

3. Menara Pandang Tele

Sumber: Google/Remsi Simbolon

Sekarang, mari jalan-jalan ke dataran tinggi tanpa harus mendaki gunung. Kok bisa? Karena Menara Pandang Tele memungkinkan kamu menyaksikan pemandangan Danau Toba dan Kota Medan menghampar luas. Dengan ketinggian 25 meter, terdapat 4 lantai yang bisa dinaiki dengan anak tangga. Jika kamu mengitari semua sisi, kamu akan menyaksikan Gunung Pusuk Buhit, Air Terjun Efrata, hingga dataran Pulau Samosir.

4. Rahmat Museum & Gallery

Sumber: Rahmatgallery.com

Bila kamu mengajak anak-anak, maka tempat wisata hits ini harus masuk daftar itinerari kamu. Rahmat International Museum & Gallery adalah museum satwa dengan koleksi mencapai 2500 spesies hewan. Mulai dari satwa liar, hewan yang telah punah, hingga koleksi serangga bisa disaksikan di sini. Bahkan hewan yang tinggal di dataran bersalju juga ada, lengkap sekali bukan? Tenang, hewan-hewan ini diburu dengan konsep konservasi yang legal untuk menambah populasinya.

5. Gedung London Sumatera

Sumber: Google/Marwan Lobian

Kembali lagi ke bangunan bersejarah, Gedung London Sumatera adalah salah satu daya tarik menarik di Medan. Sebagai peninggalan Eropa dari tahun 1906, gedung ini memiliki eksterior yang didominasi warna putih. Selain itu, interiornya juga menarik untuk dijelajahi dan menjadi latar belakang foto ala vintage kamu. Menjadi salah satu gedung canggih pada masa pembuatannya, bangunan ini juga menyimpan berbagai dekorasi karya seni yang tak kalah cantik dengan bangunannya.

6. Graha Maria Annai Velangkanni

Sumber: Wikipedia

Bicara soal bangunan, Graha Maria Annai Velangkanni adalah salah satu yang wajib dikunjungi. Salah satu hal paling unik dari destinasi ini adalah penggunaannya sebagai tempat ibadah umat katolik meskipun desainnya memiliki ciri khas tempat ibadah umat hindu. Bentuk pintu masuk yang menyerupai rangkulan untuk bangunan dan mata air di bawah telapak Bunda Maria pada salah satu kapel menjadi hal yang harus kamu saksikan sendiri.

7. Kampung Keling

Dengan mengunjungi Kampung Keling, kamu akan melihat keberagaman budaya di Indonesia lebih dekat. Terkenal sebagai “The Little India”, kamu bisa menemukan banyak jenis kuliner India dan kerajinan kain sari penuh warna. Tidak hanya itu, kamu juga akan melihat toleransi kuat dengan berjajarnya bangunan ibadah kuil, gereja, dan masjid. Benar-benar tempat wisata yang patut dijelajahi.

Si Legendaris Danau Toba

Telah sedikit disinggung di atas, Medan tetap tidak bisa dipisahkan dari destinasi hits sepanjang masa bernama Danau Toba (gambar pertama). Kamu tidak hanya diajak menikmati pemandangan keren dan memukau danau, meski hal itu sudah sangat menenangkan. Tapi kamu juga bisa melakukan aktivitas lain yang tak kalah seru. Di antaranya bersepeda di Huta Ginjang dengan pemandangan danau sepanjang jalan, mendaki Gunung Pusuk Buhit dengan jalur yang bisa membuat kamu sampai ke Air Terjun Sipiso-piso, dan menikmati tenangnya perairan danau dengan kayak. Tidak berhenti di situ, kamu bahkan bisa berkemah di Tao Silalahi dan memanjakan mata dengan pemandangan matahari terbenamnya. Keren sekali, bukan?

Bawaan Saat Traveling yang Perlu Diperhatikan

Sekarang, saatnya mengingatkan kamu tentang beberapa barang bawaan yang penting untuk traveling namun sering diremehkan. Pertama adalah botol air minum pribadi, terutama yang aman dan nyaman dibawa ke mana pun. Hal ini menjadi penting untuk mencegah kamu mengalami dehidrasi selama menjelajahi tempat wisata di Medan. Tidak setiap lokasi wisata memiliki penjual minuman, jadi jauh lebih baik jika membawa sendiri sebelum berangkat.

Barang kedua adalah suplemen atau vitamin, terutama jika kamu memiliki banyak sekali agenda liburan. Selain menambah stamina dan memastikan pemenuhan nutrisi harian, vitamin juga membantu menjaga daya tahan tubuh. Apalagi jika kamu berkunjung ke lokasi-lokasi dengan suhu dan cuaca yang terus berubah.

Enervon-C Tablet hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral lengkap. Tidak hanya vitamin C, kamu juga akan mendapat vitamin B kompleks, mineral Niacinamide, dan kalsium pantotenat. Hanya dengan mengonsumsinya satu tablet per hari, kamu telah meminimalisir sakit selama jalan-jalan. Dapatkan produknya yang asli dengan mengakses Tokopedia atau Shopee resmi.