Tidak bisa dipungkiri bahwa Bali masih menjadi salah satu destinasi paling banyak dicari oleh wisatawan dari berbagai kalangan. Budaya yang masih kental, objek wisata yang tidak lekang oleh waktu, pemandangan alam yang menawan, hingga kuliner lokal yang khas adalah deretan daya tarik yang sulit ditolak. Tahukah kamu bahwa ada beberapa tips ampuh untuk memaksimalkan liburan ke Bali kamu dan rombongan? Jangan asal berangkat, perhatikan tipsnya dan daftar rekomendasi tempat wisata pilihan di Bali yang patut dikunjungi.

Liburan ke Bali dan Tipsnya

1. Perhatikan Cuaca dan Arus Liburan

Sebelum menentukan tanggal dan waktu liburan, perhatikan cuaca di Bali yang cocok untuk dikunjungi. Meskipun suhu dan cuaca di sana cenderung stabil sepanjang tahun, namun bulan Mei – Oktober adalah waktu yang paling direkomendasikan. Selain cuaca yang cerah, intensitas turunnya hujan juga rendah dan panas matahari yang tidak terlalu menyengat. Bahkan jika bisa, hindari arus liburan paling tinggi di Bali agar kamu terhindar dari kemacetan dan kerumunan berlebih. Biasanya low season Bali terjadi pada awal tahun hingga bulan Mei. Manakah yang ingin kamu prioritaskan?

2. Membuat Itinerari

Bicara soal prioritas, buatlah itinerari agar kamu lebih mudah menentukannya. Pilih konsep liburan paling kamu sukai kemudian pilih destinasi wisata yang paling sesuai. Dengan begitu kamu akan meminimalisir terjadinya tempat wisata seru yang terlewat. Perjalanan yang terjadwal dan tempat wisata yang sudah ditentukan sebelumnya akan membuat liburan kamu jauh lebih mudah dikelola. Termasuk dalam mengelola akomodasi dan moda transportasi yang akan digunakan selama ada di Bali.

3. Pahami Aturan Adat di Bali

Terakhir namun tak kalah penting adalah menjunjung dan menghargai aturan adat istiadat di Bali. Baik itu saat upacara adat berlangsung, maupun saat hari biasa. Terutama jika kamu berencana mengunjungi tempat wisata dengan nilai spiritualitas yang tinggi. Lakukan riset mengenai aturan lokal dan persiapkan perlengkapannya. Misalnya mengenakan pakaian yang tertutup saat masuk pura, tidak merusak sesajen, dan sebagainya.

Sumber: balisafarimarinepark.com

Rekomendasi Tempat Wisata di Bali

Fakta berikutnya dari Bali adalah tersedianya puluhan objek wisata dengan segala daya tariknya yang unik. Mulai dari suasana pantai, pegunungan, hingga permainan dan olahraga air yang seru tersedia di sini. Untuk memudahkan kamu melakukan tips yang kedua di atas, kami membantu memilihkan tempat wisata populer yang patut dikunjungi.

1. Mencari Ketenangan di Pura Tanah Lot dan Pura Ulun Danu Beratan

Tempat wisata dengan kategori pertama ini memungkinkan kamu menikmati waktu libur dengan tema budaya sekaligus pemandangan alam yang sangat indah. Pura Tanah Lot menyajikan keunikan pura di atas batu karang besar dan menjorok ke laut. Sehingga pemandangan senja sangat populer di sini. Sedangkan Pura Ulun Danu Beratan Bedugul menawarkan pemandangan keren di pinggir danau yang cantik dan menyejukkan. Pemandangan dan suasana pagi menjadi yang paling digemari di sini.

2. Ajak Anak ke Bali Safari Marine Park

Jika kamu mengajak anak-anak, maka salah satu tempat wisata ramah anak di Bali paling keren adalah Bali Safari Marine Park. Dengan luas area mencapai 40 hektar, tempat ini menjadi rumah bagi lebih dari 400 jenis binatang yang dibebasliarkan. Sehingga pengunjung akan diajak naik kendaraan safari untuk berkeliling. Bahkan kalian juga bisa menyaksikan beberapa pertunjukan keren seperti Bali Agung Show.

3. Serunya Olahraga Air di Pantai Tanjung Benoa

Pantai yang satu ini menawarkan banyak sekali keseruan olahraga air dibanding pantai lain di Bali. Mulai dari jet ski, banana boat, rolling donut, hingga snorkeling, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, ombak yang rendah dan perairan yang dangkal menjadikannya ramah bagi anak-anak. Siapkan adrenalin kamu dan teman-teman dengan mencoba semua bentuk atraksi di sana.

4. Mengunjungi Kentalnya Budaya Bali di Desa Besakih dan Desa Penglipuran

Selain aktivitas fisik yang menyenangkan, Bali juga menawarkan budaya yang kental melalui beberapa desa wisata di sana. Pertama adalah Desa Besakih yang terkenal dengan pura terluas dan terbesarnya yaitu Pura Besakih. Terletak di kaki Gunung Agung, desa ini memungkinkan kamu menikmati suasana sejuk dan udara yang bersih. Kedua adalah Desa Penglipuran, salah satu desa adat yang mendapat predikat paling bersih. Dengan desain rumah adat asli Bali, desa ini patut masuk dalam itinerari kamu.

5. Lebih Dekat dengan Alam di Pulau Nusa Penida

Liburan ke Bali juga bisa memberikan pengalaman unik di pulau tengah laut lho. Dengan berkunjung ke Pulau Nusa Penida, kamu dapat merasakan hamparan keindahan alam yang memukau. Tidak hanya itu, pemandangan bawah lautnya juga patut dijelajahi dengan snorkeling. Salah satu atraksi yang harus kamu coba adalah berenang di Angel’s Billabong dan Broken Beach.

Sumber: nusapenida.org

Liburan Sehat dengan Cara Ini

Tentu saja tips terakhir yang berlaku tidak hanya saat liburan ke Bali saja, tapi juga ke seluruh tempat indah di dunia, yaitu memiliki tubuh yang sehat. Semua rencana menjadi kurang atau terlewatkan jika kamu atau peserta liburan mengalami kelelahan bahkan sakit. Untuk itu, pastikan kamu menjaga stamina tubuh dan daya tahan tubuh sebaik mungkin.

Enervon-C Tablet hadir untuk mendukung proses pemenuhan energi kamu selama liburan. Dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap, proses menjaga daya tahan tubuh akan jauh lebih praktis. Hanya dengan mengonsumsinya satu tablet per hari, energi dan stamina tubuh akan siap menjalani beragam aktivitas seru dan bermakna. Dapatkan produknya yang asli dengan mengakses Tokopedia dan Shopee resmi Enervon.