Perjalanan bisnis atau business trip menjadi salah satu jenis tugas yang sering didapatkan jika kamu bekerja di perusahaan dengan banyak cabang di Indonesia maupun di luar negeri. Pekerja yang ditunjuk akan melakukan perjalanan ke luar kota atau negeri dengan biaya yang ditanggung perusahaan sepenuhnya. Pekerja yang berangkat akan membawa tugas atau misi tertentu di kota tujuan dan umumnya harus selesai selama ada di tempat tersebut. Karena hanya berlangsung beberapa hari atau minggu saja, pekerja harus memperhatikan pengelolaan waktu dan energi dengan baik. Ikuti beberapa tips efektif melakukan business trip di bawah ini.

Mempersiapkan business trip menjadi penting karena kamu harus melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Tidak kalah penting selain menyelesaikan tugas adalah memberikan kesan yang baik dengan kolega yang ditemui. Termasuk dalam memenuhi tugas atau permintaan klien yang tidak terprediksi. Itulah kenapa persiapan kamu harus matang.

Tahap Perencanaan Business Trip

1. Cek Kembali Perkiraan Cuaca di Daerah Tujuan

Tips pertama adalah melakukan pengecekan suhu dan cuaca di daerah tujuan melalui aplikasi atau halaman resmi BMKG. Selain mempersiapkan barang bawaan yang sesuai, hal ini juga akan membantu kamu merencanakan pertemuan dengan rekan kerja.

2. Kemas Barang Penting Secukupnya

Akan jauh lebih baik jika kamu telah mengetahui agenda dan kegiatan kamu selama ada di tempat tujuan. Sehingga jenis pakaian yang dibawa mudah disesuaikan. Selain baju dinas, kamu juga akan lebih tepat dalam mempersiapkan baju di luar acara formal.

3. Cermati Akomodasi dan Transportasi Selama di Sana

Urusan akomodasi dan transportasi untuk keperluan business trip memang biasanya telah diatur oleh sekretaris atau tim administrasi perusahaan. Namun tidak ada salahnya kamu melakukan pengecekan ulang agar pengelolaan jadwal tidak salah. Termasuk jam check-in, waktu keberangkatan pesawat atau kereta, hingga akses kendaraan selama bepergian di luar acara formal.

4. Membuat Itinerari Pribadi bila Perlu

Bicara soal kegiatan di luar acara formal, kamu bisa memanfaatkan waktu senggang untuk menikmati suasana lokal di daerah tersebut. Banyak orang menggunakannya dengan pergi ke objek wisata, sebagian yang lain lebih suka menikmati wisata kuliner. Bahkan tidak jarang ada pekerja yang meminta perpanjangan waktu satu sampai dua hari khusus untuk bertamasya. Apa pun itu, buatlah itinerari pribadi agar agenda tersebut tidak mengganggu tugas dari perusahaan. Selain itu, pastikan juga kamu telah menyediakan dana pribadi karena umumnya biaya ini tidak termasuk dalam anggaran perjalanan dari perusahaan.

Pelaksanaan yang Efektif dan Produktif

1. Persiapan Materi Malam Sebelumnya

Untuk kamu yang perlu melakukan presentasi atau melaporkan sejumlah data, sebaiknya lakukan persiapan materi sejak malam atau beberapa jam sebelum pertemuan tersebut digelar. Termasuk memastikan perlengkapan pribadi seperti laptop dan ponsel memiliki baterai yang cukup. Selain meminimalisir ada hal yang terlewat, hal ini akan membantu kesiapan penyampaiannya. Bila perlu, buatlah semacam to-do-list agar kamu mengetahui prioritas tugas dalam satu hari.

2. Lebih Baik Menyelesaikan Satu per Satu Dibanding Multitasking

Dalam menyelesaikan setiap tugas, baik itu agenda bertemu klien atau mengerjakan laporan, pastikan kamu menyelesaikannya satu per satu. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa multitasking justru mengurangi fungsi kerja otak dalam menerima dan mengolah informasi. Tidak hanya menurunkan kualitas kerja, tugas ganda juga meningkatkan risiko kesalahan. Terutama saat melakukan pertemuan, fokuslah pada agenda tersebut baru mengerjakan tugas lainnya.

3. Buat Resume Singkat di Setiap Pertemuan

Saat kamu harus melakukan beberapa pertemuan dalam satu hari, luangkanlah waktu khusus untuk membuat resume setelah satu pertemuan selesai dilakukan. Jika ada rekan kerja yang bertugas khusus mencatat, mintalah hasilnya kepada mereka. Manfaatnya tidak hanya untuk keperluan laporan saat kamu kembali dari business trip. Tapi juga pengecekan untuk memastikan tidak ada informasi yang terlewat atau kurang tepat.

4. Jangan Remehkan Istirahat yang Cukup

Bersemangat untuk menyelesaikan tugas dari perusahaan memang harus dilakukan. Namun perlu dipahami juga bahwa istirahat dan/atau tidur yang cukup harus diperhatikan. Atau sebaliknya, kamu terlalu banyak menghabiskan waktu menikmati agenda wisata sehingga merelakan sebagian waktu tidur. Hal ini harus dihindari agar waktu kerja kamu tidak terganggu dengan lelah berlebihan. Selain itu, tidur yang cukup akan menghindarkan kamu dari skenario terburuk dalam perjalanan dinas yaitu sakit.

Jaga Kesehatan Bersama Enervon

Semua cara yang kamu tempuh di atas memiliki kunci keberhasilan yang harus dipertahankan, yaitu kesehatan tubuh yang terjaga. Stamina yang mampu dijaga dengan baik akan sangat mendukung performa dan produktivitas selama business trip. Bahkan kamu juga akan lebih siap untuk kembali ke tempat kerja semula karena tubuh yang lelah cepat dipulihkan.

Enervon Active hadir sebagai salah satu suplemen yang akan mendukung urusan pekerjaan kamu. Dengan mengonsumsi satu tablet per hari, kamu telah memastikan tubuh mendapat multivitamin dan mineral harian yang lengkap. Tidak hanya menjaga daya tahan tubuh, stamina dan energi akan terjaga seharian. Bahkan kamu bisa menikmati indahnya kota atau daerah tersebut saat istirahat. Produk yang asli dapat kamu akses melalui toko resmi Enervon di marketplace Tokopedia dan Shopee.