Minat masyarakat terhadap pameran seni rupa selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuat banyak event kesenian bermunculan di beberapa kota di Indonesia. Bahkan, berbagai pameran tersebut secara rutin selalu diselenggarakan setiap tahun. Hal ini tentu tidak boleh kamu lewatkan karena akan memberikan pengalaman baru saat sedang traveling ke kota tertentu. Yuk, jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan berbagai karya para seniman tanah air yang bahkan sudah diakui di level internasional berikut ini.

Pameran Seni Rupa di Indonesia

Pameran seni rupa identik dengan hasil karya yang mungkin tidak bisa kamu terima secara nalar. Meski demikian, nyatanya pameran ini tak pernah sepi peminat, justru antusiasme masyarakat semakin meningkat setiap tahunnya. Bagi kamu yang tertarik untuk menonton, berikut daftar pameran seni rupa di tanah air yang wajib untuk dikunjungi.

1. Art Jog, Yogyakarta

Event seni rupa tahunan pertama yang cukup populer di kota Jogja adalah Art Jog. Dari tahun ke tahun, pengunjung yang datang ke sana tak pernah sepi karena hasil karya yang dipajang selalu berganti-ganti tema setiap tahunnya.

Tak hanya dimeriahkan oleh seniman lokal saja, banyak seniman mancanegara yang ikut ambil bagian di dalam acara tersebut. Selain menyuguhkan karya-karya seni rupa, kamu juga bisa bertemu dengan seniman dan kurator, mengikuti workshop, menikmati pertunjukan musik dan tarian kontemporer, serta membeli suvenir kesenian. 

2. Art Jakarta, Jakarta

Jika Jogja punya Art Jog, maka Jakarta punya Art Jakarta. Pameran yang sudah rutin diselenggarakan sejak tahun 2009 ini selalu ramai dan menarik perhatian wisatawan. 

Berbagai elemen yang dipertontonkan dalam pameran antara lain lukisan, patung, instalasi, dan berbagai karya seni hebat lainnya. Menariknya, popularitas Art Jakarta telah berhasil mendongkrak dunia seni kontemporer di level global.

3. Indonesian Contemporary Art & Design, Jakarta

Masih di kawasan Jakarta, kamu juga bisa menghadiri Indonesian Contemporary Art & Design yang terbilang unik karena menggabungkan berbagai karya seni mulai dari lukisan, desain, seni, teknologi, dan fotografi.

Menariknya, konsep pameran ini juga menonjolkan sisi kearifan lokal dengan pendekatan kontemporer. Sama halnya dengan Art Jakarta, pameran desain dan seni kontemporer yang satu ini sudah ada sejak tahun 2009.

4. Jakarta Biennale, Jakarta

Tak hanya Art Jakarta dan Indonesian Contemporary Art & Design, Ibukota Negara Indonesia ini juga punya pameran seni rupa lainnya yang tak kalah menarik yaitu Jakarta Biennale. Pameran yang sudah ada sejak tahun 1968 ini ternyata sempat berganti-ganti nama lho! Dimulai dari Pameran Besar Seni Lukis Indonesia pada tahun 1968, kemudian namanya berubah menjadi Jakarta Biennale di tahun 1975. 

Memasuki tahun 1993, event ini berubah nama lagi menjadi Biennale Seni Rupa dan sempat mandek pada tahun 1998. Baru pada tahun 2006, pameran seni rupa ini diselenggarakan kembali dengan nama Jakarta Biennale yang konsisten sampai sekarang.

5. Indonesia-Japan Cultural Exchange, Jakarta

Satu lagi pameran seni rupa yang wajib untuk kamu datangi yaitu Indonesia-Japan Cultural Exchange yang diselenggarakan oleh Society for the Study of Indonesian Arts (SSIA). Pameran yang sudah ada sejak tahun 2010 tersebut berlokasi di Perpustakaan Nasional RI Jakarta dari tanggal 23 hingga 31 Agustus 2023.

Kamu gak akan nyesel datang kesini karena ada banyak mahakarya yang bisa ditonton seperti seni lukis, fotografi, instalasi, video art, wastra batik, patung, dan kain tradisional asal negara Jepang.

Tips Berkunjung ke Pameran Seni Rupa

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mengunjungi pameran seni rupa. Hal ini penting untuk menjaga ketertiban serta kenyamanan sendiri serta pengunjung yang lain. Berikut telah terangkum beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan saat datang ke pameran kesenian.

1. Jangan Sembarang Menyentuh Karya Seni

Sebuah karya seni umumnya memiliki nilai yang sangat mahal, mulai jutaan hingga miliaran rupiah. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh sembarangan menyentuh berbagai karya-karya seni yang dipajang di dalam pameran untuk mencegah potensi kerusakan. 

Selain merugikan seniman/kreator yang membuat karya tersebut, kamu juga harus mengganti biaya kerusakan yang nominalnya cukup fantastis. 

2. Ekstra Hati-Hati saat Membawa Anak Kecil

Pameran seni rupa biasanya terbuka untuk semua kalangan, termasuk anak-anak. Namun, kamu harus ekstra hati-hati saat membawa anak kecil dan selalu mengawasi mereka tanpa lengah sedikit pun. Jika dirasa terlalu aktif dan bisa mengganggu ketenangan, maka lebih baik urungkan niatmu untuk mengajak anak-anak ke pameran seni rupa.

3. Perhatikan Larangan untuk Berfoto

Saat mengunjungi pameran kesenian, perhatikan apakah ada tanda larangan untuk berfoto atau tidak. Apabila tidak menemukannya, tanyakan dulu kepada petugas yang berjaga di pameran untuk memastikannya. Pasalnya, ada beberapa event seni rupa yang melarang pengunjung untuk mengabadikan karya seni melalui perangkat pribadi guna menghargai jerih payah penciptanya.

4. Menjaga Ketenangan dan Menghargai Pengunjung Lain

Pameran seni rupa identik dengan suasana yang tenang. Oleh sebab itu, kamu harus menyesuaikan diri dan menjaga ketenangan saat berada di sana. Hargailah pengunjung yang lain dan menikmati karya seni secukupnya apabila kondisi pameran cukup ramai.

5. Membeli Katalog Seni

Untuk lebih memudahkan dalam memahami makna dari setiap karya seni yang dipajang, maka kamu bisa membeli katalog seni yang biasanya disediakan oleh panitia. Di dalam katalog tersebut, kamu bisa menemukan informasi tentang profil seniman, deskripsi singkat tentang karya-karya yang dipamerkan, dan lain-lain.

Temani Liburanmu dengan Minum Multivitamin dari Enervon

Kamu mungkin akan menghabiskan waktu berjam-jam saat mengunjungi pameran seni rupa. Oleh sebab itu, usahakan untuk makan terlebih dulu supaya perut tidak keroncongan saat tengah asyik menikmati berbagai mahakarya di dalam pameran.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi multivitamin tambahan agar tubuh senantiasa bugar dan fit sepanjang hari. Enervon hadir dengan rangkaian produknya untuk menemani aktivitasmu sehari-hari.

Enervon-C Effervescent yang hadir dalam bentuk tablet larut air, sehingga menyegarkan tenggorokan.

Opsi lainnya adalah Enervon Gold untuk orang tua di rentang usia 50 tahun ke atas.

Dapatkan semua produk Enervon sesuai kebutuhanmu hanya di marketplace terpercaya pada link Tokopedia dan Shopee berikut ini.