Mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja adalah hal yang mendebarkan. Akhirnya setelah melewati tahapan rekrutmen yang panjang, perjuanganmu akan selesai dalam selangkah lagi. Namun, tak sedikit yang justru malah galau saat mendapatkan panggilan wawancara karena berbagai alasan. Bisa jadi, panggilan interview datang saat kamu sudah diterima kerja di tempat lain, berhalangan hadir pada saat hari H, sulit menjangkau lokasi interview, dan lain sebagainya. Kamu mungkin juga bertanya-tanya, bagaimana cara membatalkan interview tersebut tanpa meninggalkan kesan tidak profesional pada perusahaan. Nah, tidak perlu khawatir karena artikel berikut ini akan mengulas berbagai tipsnya sampai tuntas! Simak baik-baik!

Cara Membatalkan Interview Kerja

Membatalkan panggilan wawancara bukanlah hal yang baru di dunia kerja. Banyak orang yang berpikir bahwa hal ini akan menunjukkan sikap tidak profesional terhadap perusahaan. Padahal, dengan melakukan pemberitahuan pembatalan interview, perusahaan dapat melakukan reschedule atau mencari kandidat lain untuk diwawancarai. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan!

1. Memilih Platform yang Tepat

Sebelum menyampaikan pemberitahuan pembatalan wawancara, pikirkan platform yang tepat untuk dipilih. Umumnya, perekrut menghubungi kandidat melalui email, pesan Whatsapp, atau via telepon secara langsung.

Apabila perusahaan memberikan undangan interview melalui email, maka kamu bisa membatalkannya lewat surat elektronik tersebut. Begitu pula dengan undangan wawancara via Whatsapp atau telepon, kamu bisa menyesuaikan hal ini sesuai dengan cara perusahaan menghubungimu.

2. Menyampaikan Pembatalan Interview Sesegera Mungkin

Cara membatalkan interview selanjutnya yaitu dengan memberitahu pihak perusahaan sesegera mungkin. Akan lebih baik jika kamu langsung menjawab undangan interview tersebut pada hari itu juga agar memudahkan perekrut dalam melakukan reschedule atau menghubungi calon kandidat potensial lainnya.

3. Sampaikan Informasi secara Singkat, Jelas, dan To The Point

Saat mengirim surat balasan untuk interview, pastikan informasi yang ada di dalamnya ditulis secara singkat, jelas, dan to the point. Tidak perlu memberi penjelasan yang panjang dan bertele-tele, supaya perekrut dapat menangkap poin informasi yang kamu sampaikan dengan lebih cepat.

 

 

4. Memakai Kalimat yang Sopan

Cara membatalkan interview agar terlihat tetap profesional berikutnya adalah memastikan bahwa kamu memakai kalimat yang sopan. Jangan sampai balasan yang kamu kirim mengandung kata-kata yang bisa menyinggung pihak recruiter seperti misalnya menjelek-jelekkan perusahaan atau membandingkan dengan perusahaan lain.

5. Menuliskan Tanggal Interview dan Posisi yang Dilamar

Hal penting lain yang mungkin tidak kamu sadari adalah menuliskan tanggal, jam, dan posisi yang akan dilamar. Dengan menuliskan informasi tersebut, kamu akan membantu perusahaan dalam memproses balasan pembatalan jadwal wawancara kerja.

6. Jelaskan Alasan Pembatalan Wawancara Kerja

Alasan membatalkan interview bisa berbeda-beda satu sama lain. Umumnya, kandidat melakukan pembatalan karena sudah diterima kerja di perusahaan lain, ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan, tidak bisa menjangkau lokasi interview, dan lain-lain. Saat menyampaikan pembatalan wawancara tersebut, usahakan untuk mengungkapkan alasanmu secara jujur.

 

 

7. Meminta Maaf

Tunjukkan sikap profesionalisme dengan menuliskan atau mengucapkan permohonan maaf kepada pihak HRD yang menghubungimu. Pasalnya, pihak perusahaan pastinya sudah melakukan persiapan yang sedemikian rupa untuk menggelar tahapan wawancara kerja tersebut. 

8. Sampaikan Terima Kasih

Selain meminta maaf, kamu juga sebaiknya menyampaikan rasa terima kasih atas undangan interview yang ditawarkan. Hal ini penting untuk menunjukan rasa hormat serta menghargai perusahaan.

9. Meminta Reschedule

Jika kamu masih tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tapi tidak bisa hadir karena pemberitahuannya mendadak atau ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan, ada baiknya untuk meminta jadwal interview susulan atau reschedule waktu wawancara. 

Tunjukkan minatmu terhadap perusahaan dan sampaikan permohonan reschedule secara sopan dan jelas. Dengan menyampaikan hal ini, perusahaan mungkin akan mempertimbangkan untuk menjadwalkan interview susulan.

 

 

Contoh Email/Pemberitahuan Pembatalan Interview

Undangan interview kerja yang kamu terima mungkin ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Nah, sebaiknya kamu menjawab undangan tersebut dengan menyesuaikan bahasa yang ada di undangan. Berikut adalah contohnya.

1. Contoh dalam Bahasa Indonesia

Selamat pagi, Pak/Bu (nama recruiter/pihak HRD)

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas kesempatan interview yang ditawarkan untuk mengisi posisi (posisi yang dilamar) di perusahaan (nama perusahaan) kepada saya secara langsung.

Tanpa mengurangi rasa hormat, melalui pesan ini, saya ingin menyampaikan bahwa saya harus membatalkan interview pada hari [jadwal interview] di [lokasi interview], karena saya sudah diterima kerja di perusahaan (nama perusahaan tempat bekerja)

Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya dan sangat menghargai kesempatan yang Bapak/Ibu telah berikan. Atas pengertian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

 

Salam, 

(nama kamu)

 

2. Contoh dalam Bahasa Inggris

Dear [recruiter’s name], 

Thank you for appointing me to come to the job interview for the [position name] position opportunity at [company name]. I would like to inform you that I have to cancel the interview scheduled for [date and time] at [interview location].

I am currently working at the company (company name), so it is impossible to fulfill an interview invitation.

I apologize for the inconvenience and sincerely appreciate your time and consideration.

Sincerely, 

[your name]

 

 

Kerja Lebih Semangat dengan Enervon Active

Selain memahami cara membatalkan interview, kamu juga harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan dan stamina agar tubuh selalu fit saat bekerja. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan rutin mengonsumsi mulvitamin tambahan seperti Enervon Active

Enervon Active adalah multivitamin dan mineral yang mengandung kombinasi Vitamin C dan B Kompleks, serta Zinc. Vitamin C efektif meningkatkan sistem imunitas dan vitamin B kompleks akan membantu tubuh untuk mendapatkan tambahan energi. Tak hanya itu saja, kandungan Zinc di dalamnya juga akan mencegah tubuhmu cepat lelah sehingga selalu fit sepanjang hari.


Beli produk Enervon Active sekarang juga di official store terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia ya!