Salah satu cara menikmati liburan yang banyak diminati oleh wisatawan adalah mencoba beragam sajian kuliner khas di daerah tersebut. Bahkan tidak jarang tempat makan tertentu menjadi daya tarik awal suatu destinasi sehingga wisatawan bisa menjelajahi area sekitarnya. Solo adalah destinasi wisata yang kental akan nilai seni budayanya. Selain keindahan kotanya, Solo juga menawarkan wisata kuliner yang tak kalah populer dengan objek wisata lain. Berikut ini adalah wisata kuliner Solo terkenal yang wajib kamu coba saat jalan-jalan kemari.

Pilihan Wisata Kuliner Solo Terkenal

1. Timlo Sastro

Sumber: Google oleh Denmas Cahyo

Timlo adalah menu kudapan yang cocok menjadi makanan pembuka. Dalam satu mangkuknya terdapat sosis solo, bihun, kembang tahu, telur pindang, hingga protein pelengkap lain seperti ati ampela dan ayam goreng suwir. Semuanya disajikan bersama sup bening dari kaldu ayam yang segar dan gurih. Jika kamu ingin menjadikannya makan besar, menambahkan nasi juga direkomendasikan. Dari banyaknya tempat makan timlo di Solo, Timlo Sastro harus jadi salah satu yang kamu kunjungi. Berdiri sejak 1952, kamu bisa menikmati semua menu legendaris di sana dengan iringan musik keroncong.

2. HIK Kebon Koelon

Sumber: Instagram oleh Erikabarich

Jika kamu familier dengan angkringan, maka di Solo kamu harus mencoba HIK atau Hidangan Istimewa Kampung. Menawarkan tempat menyantap menu wedangan di Solo, HIK Kebon Koelon menjamin kebersihan tempat dan cara penyajiannya. Beberapa jenis makanan yang harus dicoba adalah jajanan pasar, berbagai macam nasi bungkus, gorengan, sate-satean, dan masih banyak lagi lainnya. Menu minuman khas seperti jahe merah bisa kamu nikmati dalam suasana rumah makan Jawa tradisional bersama keluarga.

3. Nasi Liwet Wongso Lemu

Sumber: Google oleh Seserahan_kadojogja

Kuliner berikutnya dari Solo adalah nasi liwet, yaitu nasi gurih yang dihidangkan bersama berbagai macam lauk. Di antaranya adalah sayur labu, suwiran ayam, telur rebus, serta kuah areh putih yang kental. Salah satu tempat makan nasi liwet yang direkomendasikan adalah Nasi Liwet Wongso Lemu, pionir kedai nasi liwet di Solo. Karena buka hingga jam 1 dini hari, kamu bisa menjadikannya kuliner malam bersama teman-teman.

4. Sate Buntel Mbok Galak

Sumber: Google oleh Sofya MC

Sate buntel adalah makanan yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus (di-buntel) dengan lembaran lemak kambing. Paduan antara daging yang lembut serta lemak tipis dengan bumbu sate nikmat penuh rempah yang dibakar akan memberikan kamu pengalaman kuliner yang mengesankan. Tempat makan sate buntel yang terkenal di Solo adalah Sate Buntel Mbok Galak. Berdiri sejak tahun 1980, kamu harus mencoba menu andalan dan legendaris yang satu ini.

5. Tengkleng Klewer Bu Edi

Sumber: Google oleh Hilda Yunda

Tak kalah legendaris, Tengkleng Klewer Bu Edi sudah buka sejak tahun 1971. Tengkleng sendiri merupakan kuah kaldu tulang kambing yang dibumbui dengan banyak rempah. Memiliki warna kuning yang khas, kuah tanpa santan yang sedap ini disajikan bersama nasi putih dan beberapa lauk protein lain. Hal yang membuat Tengkleng Klewer Bu Edi spesial adalah penyajiannya menggunakan pincukan, gabungan daun pisang dan kertas minyak yang dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi mangkuk sekali pakai yang unik. Rasakan pengalaman kuliner yang seru di sini.

6. Warung Pecel Bu Kis

Sumber: Google oleh Pratomo Andiwp

Jika pecel khas dengan bumbu kacangnya yang manis, maka pecel dari Warung Pecel Bu Kis menggunakan bumbu kacang yang gurih. Memiliki istilah sambal tumpang, bumbu kuah ini terbuat dari kacang kedelai dan memiliki rasa khas gurih manis dan sedikit pedas. Beberapa kondimen yang disajikan adalah rebusan bayam dan tauge, tahu goreng, krecek, dan tambahan lauk protein hewani lain. Selain disantap bersama nasi, kamu juga bisa menggantinya dengan bubur. Unik sekali, bukan? Warung ini buka dari pagi, jadi kamu bisa menjadikannya sarapan yang mengenyangkan.

7. Warung Selat Mbak Lies

Sumber: Goolge oleh Nalasittasari

Mirip dengan timlo, selat solo juga menggunakan kuah bening yang segar. Bedanya kuah pada selat menggunakan gula jawa sebagai bahan utama dan beberapa tambahan rempah lain. Kemudian disajikan bersama potongan wortel, buncis, daun selada, bawang merah, kentang goreng, dan acar mentimun. Kondimen yang wajib ada lainnya adalah galantin, telur rebus, dan daging sapi semur. Coba juga uniknya mencampurkan mustard dari kuning telur dan cuka ke dalamnya. Rekomendasi tempat makan untuk menu ini adalah Warung Selat Mbak Lies yang tidak hanya populer soal rasanya, tapi juga soal desain interior warungnya yang cantik.

Lengkapi Asupan Harian dengan Enervon

Satu tantangan dalam menjelajahi wisata kuliner adalah menjaga asupan nutrisi tubuh tetap tercukupi. Sebagian besar bahan makanan pada menu di atas sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein. Meski kamu mendapatkan vitamin dan mineral juga, apakah kamu yakin mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh?

Enervon-C Tablet hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap. Selain itu, bentuk tabletnya juga praktis dikonsumsi meski kamu sedang jalan-jalan di Solo seharian. Hanya dengan minum satu tablet pada pagi atau sore hari, kamu sudah memastikan terjaganya daya tahan tubuh. Miliki stok Enervon-C Tablet dengan mengakses toko resminya di Tokopedia dan Shopee.