Umum menjadi syarat dalam rekrutmen posisi non-profit tertentu, motivation letter adalah surat yang berisi tentang alasan kamu pantas menjadi kandidat terpilih. Beberapa program yang biasanya membutuhkan motivation letter adalah relawan di organisasi nirlaba, magang di perusahaan, hingga program beasiswa pendidikan.

Berbeda dengan surat lamaran, motivation letter lebih fokus pada pengalaman personal, karakter, dan hal yang menarikmu untuk mengikuti suatu program. Meski terlihat mudah, membuat dokumen ini menjadi hal yang menantang. Besar kemungkinan keinginan bergabung yang kamu miliki tinggi namun sulit untuk dituangkan dalam kata-kata. Terutama saat panjang maksimal motivation letter adalah satu halaman. Ikuti beberapa cara membuatnya agar meyakinkan tim penilai berikut ini. Perhatikan juga contohnya pada akhir pembahasan.

Manfaat Motivation Letter yang Menarik

Apa pun program yang sangat ingin kamu ikuti, motivation letter yang baik akan memberikan tambahan nilai positif untuk kamu sebagai kandidat. Motivation letter yang baik dan menarik tim penilai mampu menyampaikan kejujuran dan semangat kuat dalam deskripsi singkat. Pemilik program akan melihat seberapa kuat dan besar niat yang kamu miliki untuk melakukan semua kegiatan dalam program tersebut. Bahkan bisa jadi motivation letter kamu akan menutupi kekurangan dari keterampilan yang dibutuhkan. Jika kamu berpikir bahwa dokumen ini tidak akan memengaruhi proses rekrutmen, maka pandangan tersebut perlu dipertimbangkan lagi.

Cara Membuat yang Perlu Dipahami

1. Struktur: Pembukaan, Badan Tulisan, dan Penutup/Kesimpulan

Membuat motivation letter juga memerlukan kerangka tulisan yang terdiri dari pembukaan, badan tulisan, dan penutup berupa kesimpulan. Mari kita bahas lebih detail.

Pembukaan

Pembukaan berisi tentang paragraf yang mengenalkan siapa kamu dan kesibukan apa yang kamu lakukan dengan deskripsi singkat namun menarik. Jelaskan juga posisi apa dan di mana yang akan dilamar, serta alasan kamu melamar suatu program. Umumnya informasi kontak bisa kamu letakkan pada kop atau kepala tulisan sebelum masuk pada pembukaan.

Badan Tulisan

Kemudian badan tulisan adalah bagian utama dari motivation letter. Isinya adalah keterampilan yang dimiliki, pencapaian yang telah diraih, hingga cerita atau pelajaran berharga yang didapatkan dari pencapaian tersebut. Pada bagian inilah kamu ‘menjual’ hal-hal yang menarik dengan cerita yang jujur.

Meski pengalaman terkesan sederhana, pastikan hal tersebut sangat berarti bagi kamu dengan penyampaian yang jujur. Jangan mencoba untuk berbohong atau mengarang cerita. Tim penilai sudah membaca ratusan motivation letter sehingga cukup mudah mengenali mana yang nyata dan yang buatan.

Penutup

Pada paragraf penutupan, kamu bisa membuat menyatakan tujuan utama penulisan dokumen ini. Jelaskan juga beberapa tujuan yang ingin diraih saat kamu mendapat kesempatan untuk bergabung. Ucapkan terima kasih kepada pembaca dan akhiri dengan kalimat yang positif.

2. Perhatikan Ketentuan Penyelenggara Program

Setiap penyelenggara program biasanya akan menjelaskan syarat dan ketentuan panjang motivation letter. Namun jika tidak ada ketentuan khusus, usahakan tulisan kamu minimal setengah halaman dan maksimal satu halaman dengan huruf Times New Roman atau Arial ukuran 12.

3. Gaya Bahasa Tidak Terlalu Kaku

Selain menggunakan kalimat yang jelas dan efektif, gunakan kosakata sederhana seakan-akan kamu berbicara empat mata dengan tim penilai secara formal. Dengan begitu, motivation letter kamu akan lebih terasa personal dan menarik pembaca. Sebaiknya tidak memasukkan candaan yang multitafsir agar tetap profesional.

4. Lakukan Pengecekan Ulang

Setelah selesai, baca kembali dan cek apakah terdapat kesalahan penulisan, baik secara huruf maupun susunan kata dan kalimatnya. Termasuk memastikan kalimat yang kamu buat tidak berbelit-belit atau memberikan kesan kurang baik. Agar motivation letter kamu hanya berisi informasi unik, pastikan tidak ada informasi ganda yang sebenarnya sudah ada dalam CV atau surat lamaran.

Contoh Motivation Letter

Untuk memudahkan kamu dalam mendapatkan gambaran motivation letter, perhatikan contoh sederhananya berikut ini. Untuk kepala atau kop dokumen tidak disertakan di dalamnya.

Kepada Yth: Panitia Penyelenggara Program Magang di World Health Organization (WHO) Indonesia

Perkenalkan, nama saya Jan Doe dan saya ingin mengungkapkan minat saya untuk mengikuti program magang pada bagian pelayanan gawat darurat di WHO Indonesia. Saya selalu bermimpi menjadi orang yang banyak membantu terutama dalam hal kemanusiaan. Mimpi tersebut semakin kuat saat saya mendapat kesempatan menjadi relawan dalam bencana tanah longsor di Kabupaten X selama 2 bulan. Sehingga saya yakin program magang ini akan memberi saya kesempatan lebih luas untuk membantu lebih banyak orang.

Setelah menjalani pendidikan dokter di Universitas Y selama 4 tahun dan mengikuti beberapa bentuk pengabdian di bawah kampus yang sama, saya ingin menjadikannya bekal untuk membantu sesama manusia. Saya masih ingat saat bencana tanah longsor terjadi, saya termasuk salah satu yang dikirim pada tim penyelamat gelombang pertama.

Dari pengalaman tersebut, saya yakin WHO Indonesia bisa mempercayai saya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dengan kemampuan dan pengalaman ini, saya akan memberikan pelayanan darurat yang optimal kepada sesama di mana pun.

Demikian surat motivasi ini saya buat. Terima kasih atas waktu yang Anda berikan.

Salam hangat,

Jan Doe 

Dukung Hari Produktifmu dengan Enervon Active

Dengan rasa peraya diri yang tinggi, yakinlah bahwa motivation letter yang kamu buat mampu menjadi media penyampaian keinginan yang kuat terhadap suatu program. Selain dokumen ini, ada satu hal lagi yang perlu dilakukan yaitu menjaga kesehatan tubuh. Meski kamu sangat menyukai semua kegiatan tersebut nantinya, jangan sampai sakit dan stamina menurun datang mengganggu.

Enervon Active hadir sebagai suplemen dengan kandungan yang lengkap dan dibuat dari bahan yang aman bagi lambung. Multivitamin dan mineral yang ada dalam setiap tabletnya akan membantu kamu menjaga imun tubuh sekaligus menambah stamina. Aktivitas seharian bukan lagi hal sulit saat tubuh mendapatkan asupan gizi seimbang yang cukup. Dapatkan stok produk ini di toko resmi Enervon yang dapat diakses melalui Tokopedia dan Shopee.