Liburan bersama keluarga adalah momen berharga yang biasanya membutuhkan banyak persiapan. Selain keseruan mengemas barang yang akan dibawa, pemilihan tempat rekreasi adalah hal yang sama krusialnya. Pasalnya, tempat rekreasi keluarga perlu memuaskan semua anggota keluarga yang ikut serta. Di Jakarta, memilih tempat rekreasi keluarga bukan hal yang sulit. Berikut ini adalah tempat rekreasi di Jakarta yang patut kalian kunjungi bersama keluarga. Simak juga tips menjaga kesehatan keluarga pada bagian akhir, ya!

Tempat Rekreasi di Jakarta Pilihan untuk Keluarga

1. Taman Impian Jaya Ancol

Satu kawasan wisata di Jakarta yang akan memberikan keseruan liburan sepanjang hari adalah Taman Impian Jaya Ancol. Selain Pantai Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan) yang ikonik, terdapat beberapa wahana lain yang tak kalah seru dikunjungi bersama keluarga. Di antaranya adalah Samudra Ancol dan Atlantis Ancol dengan deretan wahana permainan untuk anak dan dewasa, serta Seaworld untuk merasakan wisata edukasi satwa laut. Tidak berhenti di situ, Ecopark juga memberikan daya tarik yang keren. Wahana ini akan memberikan kamu dan keluarga pengalaman edukasi terkait flora dan fauna Indonesia hingga menaklukkan berbagai permainan menantang bersama. Lengkap sekali, bukan?

2. JungleLand Adventure Theme Park

Sumber: Jungleland.id

Dengan luas area hingga 35 hektar, JungleLand Adventure Theme Park memiliki 5 zona wahana permainan yang masing-masing memiliki tema yang unik. Kelima zona tersebut adalah Tropicalia, Mysteria, Eksplora, Carnivalia, dan Downtown. Selain wahana yang sudah ada, setidaknya terdapat 8 wahana baru seperti Canoe River, Water Blaster, Zombie Target, Jungle Mission, dan lain-lain.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sumber: Tamanmini.com

Sama-sama menjadi area taman bermain di Jakarta, TMII menawarkan keseruan yang jelas berbeda. Selain wahana untuk bermain air, kamu dan anak-anak bisa belajar banyak hal tentang budaya Indonesia pada zona Anjungan Daerah. Selain itu, tempat rekreasi yang satu ini juga menyediakan serunya mempelajari beberapa bentuk peninggalan sejarah di Museum Indonesia. Jangan lupa mencoba serunya menyaksikan film dongeng Indonesia pada Teater IMAX. Bahkan kamu juga bisa menyaksikan beberapa pertunjukan budaya langsung bila kamu bisa menyesuaikan jadwalnya.

4. Jakarta Aquarium

Sumber: Google oleh Rhaisa Thania Elnizar

Jika kamu dan keluarga ingin fokus mendapat pengalaman mengenal kehidupan laut, maka Jakarta Aquarium adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya menyaksikan ribuan spesies biota laut yang tinggal di sana, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa jenis hewan seperti ular, serangga, hingga hiu. Sempurnakan momen seru di sana dengan merasakan keseruan menikmati makan siang bersama penguin dan menyaksikan pertunjukan teatrikal bawah laut.

5. Museum Nasional

Sumber: Museum Nasional Indonesia

Ingin aktivitas liburan yang lebih menenangkan? Museum adalah tempat rekreasi yang punya sisi keseruan unik dan tak bisa diremehkan. Jakarta merupakan kota dengan beberapa jenis museum terlengkap di Indonesia. Salah satunya adalah Museum Nasional, rumah bagi ratusan ribu benda bersejarah dari abad ke-17. Beberapa koleksi yang dipajang adalah pakaian adat, alat musik tradisional, fosil tengkorak, dan lain-lain.

6. J-Sky Ferris Wheel

Sumber: J-Sky Ferris Wheel AEON Mall

Meski hanya satu wahana yang ditawarkan, J-Sky Ferris Wheel akan memberikan pengalaman menyaksikan pemandangan kota Jakarta dari ketinggian puluhan meter. Bianglala yang ditawarkan di tempat wisata ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Rasakan sensasi terbang di ketinggian Jakarta dengan mengunjungi wahana keren ini bersama keluarga.

7. Kota Tua

Sumber: Wikipedia

Tempat rekreasi keluarga yang tak kalah populer adalah Kota Tua. Aktivitas paling banyak digemari di sini adalah berkeliling dari satu museum ke museum lain sambil menikmati suasana kota. Deretan museum yang ada di sana adalah Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Magic Art 3D Museum. Selain menjelajahi beberapa museum di komplek tersebut, kamu dan keluarga harus mencoba wisata kuliner di sekitarnya.

Tips Sehat Liburan Bersama Keluarga

Menghabiskan momen bersama secara maksimal adalah hal wajib yang perlu diusahakan. Salah satunya dengan menjaga kesehatan semua anggota keluarga, terutama yang ikut liburan. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan selama liburan.

  1. Pastikan semua anggota keluarga mendapatkan sarapan dengan gizi berimbang. Selain untuk menyediakan energi maksimal selama liburan, hal ini juga untuk menjaga daya tahan tubuhnya.
  2. Jangan lupa membawa botol minum pribadi untuk mendukung hidrasi tubuh kapan pun dan di mana pun. Dengan cuaca yang umumnya panas di Jakarta, kebutuhan cairan tubuh harus lebih diperhatikan. Kekurangan cairan tubuh dapat memicu pusing, lebih mudah lelah dan mengantuk, hingga demam ringan.
  3. Lindungi kulit dari panasnya matahari jika kamu dan keluarga berencana banyak melakukan aktivitas seru di luar ruangan. Selain mengoleskan tabir surya, bawalah beberapa pendukung lain seperti topi, payung, dan pakaian luar tambahan bila diperlukan.
  4. Penting juga untuk memastikan keluarga mendapat asupan nutrisi lengkap. Selain pemilihan menu makan yang sehat, mengonsumsi suplemen juga disarankan untuk memaksimalkan stamina tubuh. Langkah ini juga akan membantu tubuh menangkal radikal bebas yang sulit dihindari selama perjalanan.

Bicara soal suplemen, Enervon adalah salah satu produk dengan varian yang lengkap bagi semua anggota keluarga. Mulai dari Enervon Gold, formulasi yang dimilikinya dibuat khusus anggota keluarga lansia. Masing-masing memiliki kandungan yang lengkap dan spesifik sesuai kebutuhan tubuh. Dapatkan produk yang asli dengan mengakses toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Ancol.com