Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

font size A Ǎ

Dengan luasnya wilayah Indonesia, setiap daerah memiliki daya tarik uniknya masing-masing. Nampaknya akan butuh banyak waktu untuk menjelajahi betapa indah dan kentalnya budaya Indonesia di setiap lokasi. Samarinda menjadi salah satu wilayah yang mulai banyak memikat wisatawan dari berbagai daerah. Selain wisata alamnya yang masih murni, wisata budaya yang ditawarkan juga patut dijelajahi. Berikut ini adalah deretan tempat wisata di Samarinda yang sangat direkomendasikan untuk dijelajahi bersama teman dan keluarga.

Tempat Wisata di Samarinda Pilihan untuk Kamu

1. Kebun Raya Unmul Samarinda

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Sumber: Sketsa Unmul

Tempat wisata pertama yang direkomendasikan adalah Kebun Raya Unmul Samarinda. Lokasi ini merupakan pusat pendidikan lingkungan sekaligus tempat wisata yang dikelola oleh Universitas Mulawarman. Cocok sebagai tempat wisata keluarga, kamu tidak hanya akan diajak menikmati suasana sejuk khas hutan hujan. Wisatawan yang datang bisa ikut kegiatan memancing, memberi makan satwa, menyaksikan mini kebun binatang khas Kalimantan, hingga menjajal permainan seru seperti ATV, sepeda air, dan komedi putar.

2. Pulau Beras Basah

Tidak kalah seru dengan sebelumnya, Pulau Beras Basah termasuk dalam tempat wisata populer di Samarinda. Pulau di tengah lautan ini menawarkan keindahan alam yang masih murni dan memukau. Pasir putih yang lembut, air laut yang bersih, ombak yang tenang, dan deretan pohon kelapa yang rimbun akan menyambut kamu di sana. Menghabiskan waktu liburan dengan ketenangan di sana menjadi pilihan yang tepat.

3. Bukit Batu Putih

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Sumber: Google oleh Fahrur Rozi

Hal yang paling menarik dari Bukit Batu Putih adalah sejarah dari lokasi ini yang dulunya digunakan sebagai tempat penambangan. Selain itu, ketinggian bukit bebatuan yang ada juga menciptakan pemandangan keren dari bawah. Dengan pendakian beberapa menit saja, kamu akan disuguhkan pemandangan Kota Samarinda yang cantik. Sore hari adalah waktu yang disarankan untuk mendaki agar kamu bisa menyaksikan matahari terbenam.

4. Bukit Biru

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Sumber: KaltimKita.com

Satu lagi bukit yang menawarkan pemandangan alam menawan di Samarinda, yaitu Bukit Biru. Meski ketinggiannya hanya 600 meter, pemandangan dataran tinggi yang ditawarkan benar-benar cantik. Kamu bisa menikmati suasana pegunungan yang asri hanya dengan beberapa menit pendakian. Bahkan wisatawan juga bisa berkemah di sekitarnya lho.

5. Desa Budaya Pampang

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Sumber: www.kaltimprov.go.id

Jalan-jalan ke Samarinda tidak akan lengkap jika kamu tidak mengenal adat dan budaya masyarakat lokal. Salah satu lokasi yang patut dikunjungi adalah Desa Budaya Pampang, rumah bagi masyarakat suku Dayak Kenyah asli. Tidak hanya berinteraksi langsung dengan warga lokal, kamu juga bisa melihat budaya asli mereka melalui kegiatan rutin yang dilakukan. Jika kamu datang pada hari Minggu, ada pertunjukan seni lengkap dengan pakaian tradisional yang dikenakan di balai pertemuan.

6. Taman Tepian Mahakam

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Sumber: cdn.idntimes.com

Samarinda dan Kalimantan Timur tidak bisa dipisahkan dengan Sungai Mahakam, salah satu sungai terbesar di Indonesia dengan panjang 920 km. Sehingga beberapa lokasi wisata di sekitarnya harus masuk dalam itinerari kamu. Taman Tepian Mahakam adalah salah satu lokasi di pinggir sungai yang ramai pengunjung pada sore hingga malam hari.

7. Pulau Kumala

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Sumber: www.kaltimprov.go.id

Masih berkaitan erat dengan Sungai Mahakam, Pulau Kumala adalah salah satu pulau yang ada di tengah sungai ini. Tempat wisata ini menawarkan banyak sekali daya tarik, seperti alam yang masih murni, beberapa wahana permainan seru, hingga menara setinggi 75 meter. Saat mengunjungi pulau ini, kamu akan melewati jembatan yang sepanjang 230 meter. Jembatan yang menghubungkan Kota Tenggarong dan Pulau Kumala ini akan lebih cantik saat malam hari.

8. Kampung Tenun Samarinda

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Sumber: KaltimToday.co

Urusan oleh-oleh dan kerajinan tangan asli Samarinda, Kampung Tenun Samarinda menjadi lokasi yang banyak direkomendasikan. Dengan banyaknya industri rumah tangga yang menggarap tenun khas Samarinda, kamu akan melihat banyaknya produk unik yang ditawarkan. Bahkan kamu juga bisa melihat proses pembuatan dan mencobanya bila tertarik.

9. Museum Mulawarman

Ini 9 Tempat Wisata di Samarinda Keren dan Harus Dijelajahi

Sumber: www.kaltimprov.go.id

Tempat wisata di Samarinda terakhir dalam daftar ini adalah Museum Mulawarman. Menjadi rumah bagi ratusan benda bersejarah dan koleksi seni keramik, museum ini menyimpan cerita Kerajaan Kutai yang terkenal pada masa pemerintahan Mulawarman. Mulai dari baju adat kebesaran, senjata, perhiasan, prasasti, hingga alat tenun tradisional bisa kamu temukan di sini.

Dukung Stamina Saat Liburan Bersama Enervon

Salah satu tantangan dalam menikmati momen jalan-jalan adalah menjaga stamina tubuh tetap prima, termasuk saat menjelajahi berbagai macam tempat wisata di Samarinda. Karakter cuaca yang paling sering terjadi di Samarinda adalah cerah dan cenderung panas. Sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga daya tahan tubuh. Di antaranya adalah menjaga hidrasi tubuh, membawa tabir surya ke mana pun, memilih menu makan bernutrisi, dan mendapat waktu istirahat yang cukup.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dan mengemas obat-obatan pribadi yang bisa menjadi tindakan pertolongan pertama. Termasuk membawa suplemen yang praktis untuk mendukung stamina dan sistem imun. Enervon-C Effervescent adalah salah satu suplemen yang mudah dibawa dan dikonsumsi. Dengan mengonsumsinya satu kali sehari bersama air putih, kamu telah membantu memastikan tubuh mendapatkan haknya secara optimal. Multivitamin dan mineral lengkap di dalamnya akan lebih mudah diserap tubuh. Dapatkan produknya yang asli dengan mengakses toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - JDlines.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!