Akhir tahun identik dengan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Waktu libur yang panjang membuat banyak agenda jalan-jalan semakin dinantikan, terutama untuk menciptakan momen bersama. Jika kamu dan keluarga berencana wisata ke Surabaya, maka jangan lewatkan keindahan deretan pantai di sana. Mulai dari pantai berpasir hitam hingga putih, semuanya bisa kamu temukan di Surabaya. Tidak hanya indah dan menawan, berikut ini adalah deretan pantai di Surabaya yang cocok untuk liburan keluarga.

Pantai di Surabaya untuk Liburan Keluarga

1. Pantai Kutang

Lokasi pertama ada di Kabupaten Lamongan, 2 jam dari Kota Surabaya. Meski cukup jauh, Pantai Kutang menawarkan keseruan yang unik. Kamu dan keluarga bisa merasakan serunya jalan-jalan di jembatan kayu warna warni yang membentang di atas perairan. Belum lagi dengan banyaknya spot foto dengan latar belakang lautan biru dan pasir putihnya. Dengan ombak yang cenderung tenang, anak-anak akan aman bermain air di bibir pantai.

2. Pantai Dalegan

Sumber: detik.com

Berikutnya ada di Kabupaten Gresik, ada Pantai Dalegan dengan perjalanan 1,5 jam dari Kota Surabaya. Dengan bibir pantai yang luas dan landai, kamu dan anak-anak bisa bebas bermain ombak yang tenang. Bahkan ada banyak penjual mainan pasir dan beberapa perlengkapan bermain air seperti pelampung. Wahana permainan untuk semua usia juga disediakan, seperti banana boat, donat boat, hingga perahu bebek. Fasilitas yang lengkap akan membuat kamu betah menjelajahi pantai ini.

3. Pantai Siring Kemuning

Dengan waktu tempuh yang hampir sama dengan destinasi sebelumnya, Pantai Siring Kemuning ada di Kabupaten Bangkalan. Pantai dengan pasir putih kecoklatan yang lembut ini siap menyambut kamu dan keluarga dengan suasana alam yang masih asri. Sebagai tempat wisata yang masih dalam perkembangan, kamu akan mendapatkan pemandangan yang masih murni. Untuk menikmatinya secara optimal, sangat disarankan mengambil penginapan di sana agar fasilitas dasar terpenuhi.

4. Pantai Kenjeran Lama

Sumber: Google oleh Vina Meilasa Yusro

Setelah beberapa pantai pasir putih di atas, Surabaya juga menawarkan keindahan pantai berpasir hitam. Sebagai destinasi ikonik yang dekat dengan pusat Kota Surabaya, Pantai Kenjeran Lama bisa ditempuh hanya dengan kurang dari 30 menit. Memiliki fasilitas yang lengkap, kamu dan keluarga bisa menikmati suasana pantai sambil mengajak anak-anak ke playground hingga menikmati kuliner Surabaya di area pantai. Area bibir pantai yang luas dan ombak yang tenang juga akan membuat kamu dan anak-anak aman bermain di sini.

Selain itu, kamu juga bisa mengelilingi perairan dengan naik perahu. Tenang saja, kamu akan dibekali jaket pelampung sebagai pengaman. Persiapkan diri melihat megahnya Jembatan Suramadu yang terkenal ini dari sudut pandang yang berbeda. Jika pantai yang satu ini seru pada pagi dan sore hari, maka kamu harus menyaksikan matahari terbenam dan merasakan suasananya pada malam hari. Dijamin pemandangan lampu-lampu cantik di sepanjang jembatan akan membuat kamu seolah datang ke tempat yang berbeda.

5. Pantai Ria Kenjeran

Sumber: Surabaya Tourism

Masih berdekatan dengan pantai sebelumnya, Pantai Ria Kenjeran sering disebut sebagai Pantai Kenjeran Baru. Daya tarik utama dari pantai yang satu ini adalah keberadaan Klenteng Sanggar Agung dengan patung Dewi Buddha dan dua naga besar yang berhadapan. Dengan latar belakang laut yang menghampar, kamu bisa merasakan keindahan perpaduan wisata alam dan wisata budaya yang keren. Karena lokasi klenteng dan bibir pantai cukup jauh, jadi kamu perlu masuk dari arah yang berbeda jika ingin merasakan suasana pantai.

Jika kamu masuk ke area perairan pantainya, kamu bisa mencoba keseruan berkeliling di perairan dengan perahu. Bahkan kegiatan memancing dan berkemah bisa kamu lakukan di sini.

6. Pulau Noko Selayar

Sumber: miro.medium.com

Jika kamu ingin merasakan serunya menjelajahi pulau kecil di tengah laut, maka Pulau Noko Selayar adalah jawabannya. Sebagai pulau tak berpenghuni, pulau ini berada di Kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik dengan jarak tempuh yang cukup jauh dengan moda transportasi kapal laut. Meskipun aksesnya menantang, kamu dan keluarga dijamin akan terpukau dengan keindahan air laut yang jernih dan pasir putih yang bersih.

Menjaga Kesehatan Keluarga selama Perjalanan

Surabaya menjadi salah satu kota besar yang terkenal dengan cuacanya yang cerah cenderung panas. Meski akhir tahun secara teori masuk pada musim hujan, namun dengan ketidakstabilan iklim beberapa tahun terakhir membuat cuaca di mana pun cenderung lebih panas dibanding dulu. Jadi akan sangat bijak apabila pergi ke pantai pada waktu yang disarankan seperti pagi atau sore hari untuk menghindari kulit terbakar panas matahari. Selain itu, lakukan persiapan yang matang sebelum berangkat dengan melengkapi barang bawaan.

Beberapa perlengkapan yang tidak boleh diremehkan adalah pakaian panjang yang tidak menahan panas tubuh keluar, kacamata, tabir surya, botol minum pribadi untuk setiap anggota keluarga, hingga alat kebersihan seperti sabun, cairan antiseptik, dan sebagainya.

Termasuk persiapkan juga obat-obatan pribadi dan bersama yang sering dibutuhkan. Karena perjalanan yang panjang memiliki risiko terpapar virus dan bakteri yang lebih tinggi. Jadi membawa obat dan suplemen penambah stamina adalah bentuk pencegahan sakit yang penting dilakukan.

Enervon sebagai salah satu penyedia suplemen terpercaya di Indonesia memberikan kamu dan keluarga pilihan produk yang lengkap. Enervon Active diformulasikan untuk anggota keluarga dewasa dengan aktivitas yang cukup berat seperti menyetir mobil. Lalu ada Enervon Gold yang dibuat untuk usia lanjut agar tetap sehat. Sedangkan Enervon-C Tablet dan Enervon-C Effervescent akan menjaga imun tubuh keluarga dari anak-anak hingga dewasa. Dapatkan semua produk tersebut dari satu tempat sekaligus di toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - lamongantourism.com