Jalan-jalan bersama keluarga besar menjadi salah satu kesempatan terbaik untuk menghabiskan momen liburan. Seluruh anggota keluarga dari segala usia yang ikut serta akan menambah keseruan tamasya. Sayangnya, beberapa destinasi wisata cocok untuk semua usia, sedangkan tempat yang lain hanya bisa dinikmati oleh sebagian saja. Jika kamu sedang mengajak anggota keluarga lansia, Bogor adalah daerah yang harus masuk dalam agenda liburan. Terdapat beberapa tempat wisata di Bogor untuk lansia yang menawarkan aktivitas seru. Simak daftar detailnya berikut ini.

Manfaat Berwisata bagi Lansia

Sebelum masuk dalam daftar tempat wisata di Bogor untuk lansia, mari memahami kembali beberapa manfaat berwisata bagi lansia. Pertama tentu saja berkaitan erat dengan kesehatan mental lansia. Mengunjungi tempat baru, melihat pemandangan alam yang indah, hingga berinteraksi dengan banyak orang bisa menjadi upaya penting dalam menjaga kesehatan psikologis.

Kedua adalah manfaat fisik, mulai dari mendapat sinar matahari cukup, melatih keseimbangan tubuh, dan lain sebagainya. Termasuk jalan kaki, salah satu kegiatan sederhana namun berarti besar bagi usia lanjut. Selain mendukung kesehatan kaki dan sendi-sendinya, jalan kaki di objek wisata juga membantu mereka untuk terus bersemangat menjalani hari di usia senja.

Tempat Wisata di Bogor untuk Lansia

1. Taman Buah Mekarsari

Tempat wisata pertama dan ikonik di Bogor adalah Taman Buah Mekarsari, kebun buah terbesar di dunia. Daya tarik yang ditawarkan tidak main-main, mulai dari banyaknya varian kebun buah yang bisa dipanen bersama, aktivitas menantang seperti outbond, hingga memberi makan hewan. Bahkan wisatawan juga dapat mengelilingi luasnya area kebun dengan menaiki mobil pribadi melalui program Garden Drive Thru. Bagi lansia yang gemar berkebun, mengoleksi bibit unggul dan langka serta membawa pulang tanaman buah menjadi hal yang patut dipertimbangkan untuk datang kemari.

2. Kampung Wisata Djampang

Sumber: Google oleh Abdullah Anwar

Lalu ada Kampung Wisata Djampang, sebuah desa wisata yang mengintegrasikan 3 kecamatan sekaligus dan menawarkan puluhan objek wisata. Berlokasi di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, area ini juga memiliki beberapa program budidaya ternak dan tanaman jamur yang cocok untuk lansia. Bahkan jika beruntung, kamu dan keluarga bisa ikut memeriahkan beberapa acara budaya dan pemberdayaan ekonomi di sana. Jangan lupa juga untuk mencicipi beragam jenis kuliner sehat khas warga Jampang.

3. Taman Heulang

Sumber: Google oleh Dicky Suparman

Berikutnya ada Taman Heulang, ruang terbuka hijau dengan luas area mencapai 28 km persegi. Daya tarik utama dari lokasi ini adalah luasnya area yang cocok dijadikan spot piknik bersama keluarga besar. Selain jalan-jalan di jalur yang ada, nenek dan kakek juga bisa mengajak cucu bermain ke Taman Kita Oreo yang masih satu area. Bahkan ada beberapa alat kebugaran yang bisa diakses dengan bebas. Dengan akses gratis bagi pengunjung semua usia, bersantai di alam terbuka menjadi manfaat yang sayang untuk dilewatkan.

4. Kuntum Farmfield Bogor

Sumber: Google oleh Winni

Menawarkan suasana alam hijau yang masih asri, Kuntum Farmfield Bogor menjadi tempat wisata di Bogor yang patut dikunjungi bersama keluarga terkasih. Tidak hanya suasana yang menyegarkan, lansia juga dapat menikmati beragam jenis koleksi tanaman hias serta membelinya di sana. Konsep agrowisata keluarga di objek wisata yang satu ini bisa menjadi dukungan untuk memulai perkebunan dan/atau peternakan sederhana di rumah yang mana hal tersebut merupakan salah satu rutinitas yang sehat bagi lansia.

5. Taman Safari Bogor

Sumber: Google oleh Taman Safari Indonesia Bogor

Merasakan sensasi menjelajahi kebun binatang juga seru dilakukan oleh keluarga yang mengajak serta anggota keluarga lanjut usia. Meskipun area Taman Safari Bogor sangat luas, pengunjung dapat melakukan eksplorasi dengan naik bus safari. Bahkan pengalaman memberi makan hewan buas Afrika juga bisa dilakukan dengan kendaraan khusus, jarak batas yang aman, serta pengawasan petugas. Bagi lansia pengguna kursi roda, objek wisata ini juga menawarkan fasilitas peminjaman kursi roda yang ditempatkan dalam beberapa titik di seluruh area.

6. Cimory Riverside

Sumber: Google oleh Dairyland Riverside Puncak

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini ada di tepi Sungai Ciliwung dan menawarkan pemandangan alam dataran tinggi yang sejuk. Pengunjung dapat dengan bebas menjelajahi hutan dengan jalur yang aman dan nyaman di wahana Dairyland Forest Walk. Bahkan kamu juga bisa berinteraksi dengan beberapa jenis hewan di kebun binatang mini dan Monster Aquarium. Saat siang, kamu dan keluarga dapat makan siang bersama di restoran dengan pemandangan hutan pinus yang menawan. Tempat wisata yang cocok untuk semua anggota keluarga.

7. Kebun Raya Bogor

Sumber: Google oleh Ai Hara

Satu lagi konservasi alam sekaligus wisata alam di Bogor yang cocok untuk lansia, yaitu Kebun Raya Bogor. Tidak hanya pemandangan alam yang alami, tempat ini juga menjadi wisata edukasi untuk semua usia. Terutama terkait pelestarian tanaman, merawat kebun, hingga membudidayakannya. Jelajahi semua koleksi tanamannya dengan berkeliling dan mendapat cerita unik seputar sejarah suatu tanaman. Bahkan kamu dan rombongan juga bisa mengunjungi dua museum di sana. Keren sekali, bukan?

Dukung Kesehatan Lansia Bersama Enervon Gold

Untuk mendukung stamina lansia dan kesehatan tubuhnya secara umum, Enervon Gold hadir sebagai salah satu suplemen lansia yang terpercaya. Dengan kandungan multivitamin dan mineral lengkap, konsumsi satu tablet per hari dapat membantu memastikan pemenuhan kebutuhan harian. Lebih detail, kandungan yang ada dalam satu tablet Enervon Gold adalah vitamin C, B1, B2, B5, B6, B9, B12, lutein, serta minyak ikan yang tinggi akan omega 3. Dapatkan produknya yang asli dengan mengakses toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Google oleh Apriliani Aprilia