Momen akhir tahun tidak hanya ditunggu karyawan untuk mengajukan cuti tahunan dan menghabiskan momen bersama keluarga, tapi juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengadakan gathering perusahaan. Sering disebut juga sebagai company events, gathering perusahaan adalah acara yang dibuat oleh perusahaan dengan mengumpulkan sebagian atau semua karyawan. Antar tim dalam perusahaan akan bertemu dan menjalani beragam aktivitas seru bersama. Apakah ada manfaat lain dari kegiatan tersebut? Simak daftar manfaat gathering perusahaan bagi karyawan menjelang akhir tahun di bawah ini.

Manfaat Gathering Perusahaan bagi Karyawan

1. Memberikan Penghargaan dan Apresiasi

Gathering perusahaan umumnya diisi dengan berbagai kegiatan seru seperti bermain dan makan bersama. Tidak jarang acara digelar di tempat wisata atau resort cantik yang menawarkan pemandangan alam yang cantik. Hal ini bisa menjadi penghargaan dan apresiasi perusahaan setelah sepanjang tahun bekerja dengan baik. Karyawan akan merasa diakui dan dihargai sebagai bagian penting dalam perusahaan.

2. Membangun Hubungan Baik

Karena diikuti oleh sebagian besar atau semua bagian dalam perusahaan, antar karyawan dapat memanfaatkan momen ini untuk saling mengenal dan membangun hubungan baik. Terutama bagi karyawan baru yang masih beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Namun secara umum acara yang seru mampu mencairkan suasana dan bahkan menurunkan risiko konflik di tempat kerja.

3. Menguatkan Kerja Sama Tim

Acara yang dirancang sedemikian rupa juga bisa melatih cara mereka menyelesaikan masalah bersama. Misalnya dalam kegiatan outbound, setiap tim dapat membentuk kerja sama dan membangun persatuan untuk menjadi pemenang dalam setiap lomba. Apalagi jika lomba atau permainan tersebut mengandung banyak nilai penting yang bisa diterapkan di tempat kerja.

4. Mendorong Kreativitas dan Motivasi Kerja

Banyak hal dari gathering perusahaan yang akan membantu karyawan meningkatkan potensi diri. Mulai dari merangsang ide segar yang kreatif, membuka kesempatan untuk diskusi, hingga menyuarakan pendapat. Secara tidak langsung karyawan akan terpancing untuk meningkatkan motivasi serta menumbuhkembangkan diri dalam lingkungan kerja.

5. Membantu Menurunkan Tingkat Stres Kerja

Momen menginap bersama di hotel atau resort dengan pemandangan dan suasana berbeda menjadikan peserta gathering lebih rileks. Hal ini bisa menjadi salah satu upaya perusahaan untuk membantu pekerjanya menurunkan tingkat stres kerja dan mengembalikan suasana hati. Apalagi setelah semua tim menghadapi audit akhir tahun yang cukup menantang.

6. Mempertahankan Anggota Tim

Secara garis besar, semua poin di atas akan mendukung manfaat pada poin ini, yaitu untuk mempertahankan keutuhan anggota tim. Setiap anggota akan merasa lebih menyatu dengan perusahaan tempatnya bekerja. Tidak hanya dengan teman kerja, tapi juga akan menumbuhkan rasa memiliki yang kuat terhadap perusahaan. Dalam manfaat jangka panjang, acara akhir tahun ini akan meningkatkan produktivitas kerja semua anggota tim. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan kerja yang sehat, produktif, dan menyenangkan menjadi salah satu faktor utama seseorang bertahan, selain gaji.

Tips Singkat Mengikuti Gathering Perusahaan

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, gathering perusahaan biasanya diadakan dua hari satu malam atau lebih. Jadi karyawan yang ikut perlu menyiapkan beberapa hal agar bisa mengikuti semua rangkaian acara dengan nyaman. Barang bawaan yang perlu disiapkan sebenarnya hampir sama dengan liburan lainnya. Namun ada beberapa jenis yang sering diremehkan namun penting dibawa.

1. Pakaian Tambahan

Selain pakaian ganti yang nyaman, kamu juga perlu mempertimbangkan pakaian tambahan yang ditentukan berdasarkan beberapa hal. Di antaranya adalah aktivitas fisik, cuaca, dan susunan acara. Misalnya, jika dalam rangkaian acara terdapat kegiatan seperti outbound. Dalam kondisi cuaca sekitar yang dingin atau akan hujan, pakaian tebal dan payung juga perlu dibawa.

2. Uang Tunai

Membawa uang tunai juga menjadi tips sederhana namun sangat disarankan agar kamu mudah melakukan transaksi. Terutama jika tempat yang dipilih perusahaan untuk melakukan gathering tidak dekat dengan ATM dan belum menerima pembayaran QRIS atau EDC (Electronic Data Capture).

3. Botol Air Pribadi

Berikutnya adalah botol air minum pribadi untuk memudahkan kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan akses air minum yang cepat, kamu tidak perlu menunggu waktu makan bersama hanya untuk minum air putih. Jangan sampai kamu dehidrasi, ya!

4. Obat-obatan Pribadi dan Suplemen

Jangan lupakan obat-obatan pribadi yang umumnya dibutuhkan seperti anti nyeri, obat maag, salep anti pegal, dan masih banyak lagi lainnya. Termasuk suplemen untuk menambah stamina dan menjaga daya tahan tubuh. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan selama acara dan setelahnya saat pulang ke rumah.

Dukung Kesehatan Tubuh Bersama Enervon Active

Menyambung poin terakhir di atas, Enervon Active hadir sebagai produk suplemen terpercaya di Indonesia. Dengan multivitamin dan mineral yang lengkap, kamu hanya perlu mengonsumsinya satu tablet per hari dan kebutuhan nutrisi harian dapat terpenuhi. Mulai dari vitamin C, B kompleks, dan mineral zinc bisa kamu dapatkan dari produk ini. Kabar baiknya adalah, Enervon Active menggunakan bahan non-acidic yang aman bagi lambung. Untuk akses produk yang lebih praktis, toko resmi Enervon telah tersedia di Tokopedia dan Shopee.