Kamu pasti tidak asing dengan istilah resolusi tahun baru, bukan? Membuat resolusi adalah salah satu kegiatan menentukan tujuan hidup yang dilakukan pada awal tahun. Berbeda dengan to do list yang cenderung fokus pada hal-hal yang harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu. Resolusi tahun baru lebih mengarah pada pencapaian jangka panjang yang cenderung fokus pada pertumbuhan dan pengembangan potensi diri. Mengapa di awal tahun? Mari membahas konsep ini lebih detail beserta daftar idenya untuk tahun 2024 yang perlu dicoba.

Resolusi Tahun Baru dan Tipsnya

Resolusi tahun baru merupakan pernyataan tertulis terkait pencapaian yang harus diraih pada tahun tersebut. Sudah menjadi budaya tersendiri bahwa membuat resolusi dilakukan pada awal tahun sebagai titik mulai perjalanan untuk meraih setiap hal baik dalam hidup.

Sayangnya, penelitian yang dilaporkan Forbes (2021) menunjukkan bahwa 80% orang di New York gagal mencapai resolusi tahun barunya pada awal bulan Februari. Salah satu penyebabnya adalah penentuan resolusi yang tidak terukur dan tidak realistis. Selain terukur dan mampu dicapai, resolusi juga perlu spesifik dan relevan dengan karakter dan kepribadianmu. Jangan sampai daftar resolusi kamu berdasarkan tren yang hanya berlaku sesaat.

15 Ide Resolusi Tahun Baru

1. Mendapat Pekerjaan Remote

Diyakini sebagai skema pekerjaan yang mendukung work life balance, pekerjaan remote menjadi impian bagi sebagian besar orang. Bahkan beberapa jenis pekerjaan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan selain pemasukan utama.

2. Mendapat Waktu Tidur 8 Jam Setiap Malam

Tidur yang cukup dan berkualitas menjadi kunci untuk mendapatkan kesehatan secara fisik dan mental. Untuk kamu yang terlalu sibuk, pastikan 2024 kamu memiliki pola tidur yang sehat agar terhindarkan dari gangguan kesehatan jangka panjang.

3. Mengikuti Kursus Daring

Tingkatkan keterampilan diri melalui berbagai macam kelas atau kursus. Saat ini sudah banyak penyedia kursus daring yang bisa kamu akses kapan pun dan di mana pun. Tidak selalu harus berkaitan dengan profesi, pilih materi pembelajaran yang paling kamu minati.

4. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga Seminggu Sekali

Dekatkan diri dengan keluarga melalui beragam aktivitas seru setidaknya satu kali seminggu. Jika kalian terkendala jarak, manfaatkan media digital untuk berbagi kabar dan cerita seru. Kebiasaan baik ini akan mendukung kesehatan mental dan emosional.

5. Memiliki Interior Kamar Estetik

Tata ruang kamar yang nyaman dipandang akan meningkatkan semangat belajar dan beraktivitas sehari-hari. Ganti atau tambahkan furnitur dan perlengkapan estetik satu per satu agar keuangan kamu tetap terkontrol dengan baik.

6. Melatih Kemampuan Mendengarkan Orang Lain

Aktif mendengarkan orang lain bisa menjadi salah satu soft skill yang berharga di dunia kerja dan lingkungan bermasyarakat. Mendengarkan juga akan menjadikan kamu lebih mudah menerima masukan dan memiliki hubungan yang kuat dengan orang lain.

7. Menyelesaikan Lebih Banyak Buku dan Seri

Untuk kamu penggemar karya seni tulis dan peran, menyelesaikan buku dan/atau seri yang tertunda bisa menjadi pencapaian yang tidak bisa diremehkan. Selain untuk memberi penghargaan bagi diri sendiri, aktivitas seru ini juga bisa membantu mengelola stres.

8. Mencoba Berkebun dan Memanen Hasil Kebun Sendiri

Melihat dan merawat tanaman bisa menjadi salah satu kegiatan yang menenangkan pikiran lho. Apalagi jika kamu berhasil memanen hasil kebun sendiri, dijamin kamu akan semakin bangga pada diri sendiri.

9. Masak Sendiri dan Membawa Bekal

Tidak hanya soal menghemat pengeluaran, membawa bekal dari hasil masakan sendiri juga membantu memastikan kamu mengonsumsi makanan yang terjaga kebersihannya.

10. Membagikan Hadiah secara Rutin

Berbagi hadiah meski tidak ada hari spesial yang dirayakan bisa menjadi langkah tepat untuk menyebarkan kebaikan sekaligus menerima energi positif dari orang lain. Lakukan kebiasaan ini pada keluarga, teman kantor, atau pada orang yang kurang beruntung di luar sana.

11.  Mengurangi Makanan Manis dan Produk Olahan

Sudah saatnya kamu semakin memperhatikan kesehatan tubuh secara fisik. Mulailah dengan mengurangi makanan dan minuman dengan kandungan gula dan garam yang tinggi serta makanan dengan olahan berlebih seperti sosis, kornet, dan lain-lain.

12.  Memulai Kebiasaan yang Ramah Lingkungan

Sayangi bumi dengan memulai kebiasaan menggunakan beragam produk yang ramah lingkungan. Meski terkesan berat pada awalnya, kamu akan memiliki jasa besar dalam mendukung pelestarian alam dan makhluk hidup.

13.  Mencoba Jenis Olahraga Baru

Jangan menunggu bosan untuk menantang diri sendiri mempelajari jenis olahraga baru. Selain keseruannya, latihan fisik yang beragam juga akan meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh secara menyeluruh.

14.  Mengunjungi Destinasi Wisata Sendiri

Pernahkah kamu melakukan perjalanan wisata sendirian? Temui berbagai bentuk pengalaman yang berkesan saat bertemu lebih banyak orang dan menyaksikan lebih banyak tempat menakjubkan melalui solo traveling.

15.  Mengurangi Waktu dan Tenaga untuk Media Sosial

Sadari bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial juga kurang baik bagi kesehatan mental. Mulailah membatasi waktu bermain gawai, terutama menjelang tidur agar tidak menurunkan kualitas istirahat.

Dukung Hari-harimu dengan Enervon

Sebagian orang lebih suka membuat banyak resolusi tahun depan dengan harapan banyak pencapaian yang didapat. Tidak salah juga jika lebih memilih sedikit resolusi agar lebih fokus mencapai semua poin yang dituju. Apa pun resolusi yang kamu buat, pada akhirnya perubahan diri sendiri ke arah yang lebih baik adalah tujuan utamanya.

Untuk mendukung hari-harimu di tahun yang akan datang, Enervon-C Effervescent siap hadir setiap saat. Dengan kandungan multivitamin dan mineral penting, suplemen ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan menjaga daya tahan tubuh. Tablet effervescent yang mudah larut dalam air putih ini bisa kamu akses melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee. Sambut dan lalui tahun 2024 dengan tubuh yang bugar dan berenergi. Miliki pola hidup yang bersih dan sehat untuk meminimalisir terkena sakit. Semoga tahun 2024 menjadi milikmu!

Referensi:

Ashley Stahl. 2021. This New Year's Set Goals, Not Resolutions. Diakses pada 27 Desember 2023 dari https://www.forbes.com/sites/ashleystahl/2021/12/09/this-new-years-set-goals-not-resolutions/?sh=a4270131ece6