Tiktok menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak ke 2 di dunia. Per oktober 2023 saja, penggunanya sudah mencapai 1,22 miliar di seluruh dunia. Sehingga tidak heran jika kegiatan jual beli telah banyak beralih ke Tiktok Shop. Kemajuan pesat dari Tiktok menjadikan banyak orang ingin berpartisipasi memanfaatkannya menjadi pundi-pundi rupiah. Salah satunya dengan berjualan, mulai dari makanan, kosmetik, produk perawatan wajah, produk rumah tangga, dan masih banyak lagi lainnya. Jika kamu masih dalam tahap belajar, simak langkah-langkah teknis cara jualan di Tiktok agar cepat laris di bawah ini.

Tahap Perencanaan

Bagi kamu yang benar-benar baru memulai bisnis, sebaiknya matangkan dahulu perencanaan bisnis. Mulai dari model bisnis, produk atau layanan yang akan dipasarkan, hingga menganalisis dan memahami target konsumen. Khusus untuk bagian mengetahui target konsumen, nantinya kamu juga akan mengetahui ke mana arah konsep pemasaran yang akan diambil. Hal ini nantinya akan memengaruhi penggunaan Tiktok Shop secara efektif dan efisien, seperti tipe konten, cara memaksimalkan fitur, dan sebagainya.

Tahap Pelaksanaan

1. Memiliki Akun Tiktok Shop

Jika kamu sudah mengunduh dan menginstall aplikasi Tiktok, daftarkan diri untuk memiliki akun bisnis. Jika kamu sudah sempat memiliki akun pribadi, pengubahan menjadi akun bisnis bisa dilakukan. Ikuti langkahnya berikut ini:

  • Kunjungi laman seller-id.tiktok.com – Login – Sign Up – Daftar sebagai Seller Tiktok. Kamu akan diarahkan untuk mengisi data
  • Pilih menu “Sign in With Tiktok Account” jika kamu sudah memiliki akun. Lalu klik pilihan Menu – Pengaturan dan privasi – Kelola akun – Beralih ke Akun Bisnis – lalu ikuti petunjuk hingga proses pengubahan selesai.
  • Masukkan data diri, informasi bisnis, email, nomor ponsel, dan lain-lain.
  • Ikuti langkahnya hingga verifikasi yang ditandai dengan pengunggahan foto KTP.
  • Selamat, akun bisnis kamu sudah jadi dan Tiktok Shop siap digunakan.

2. Mengisikan Profil Bisnis

Dalam mengisikan data profil bisnis, pastikan kamu membuat deskripsi dengan maksimal 80 karakter. Dalam karakter yang terbatas ini, pesan yang ditampilkan haruslah jelas, padat, tapi juga menarik. Akan jauh lebih baik lagi jika kamu juga mencantumkan laman resmi bisnis jika produk atau layanan yang kamu jual merupakan buatan sendiri.

3. Menambahkan Produk dan Deskripsinya

Kemudian buatlah katalog produk yang menarik tapi tidak berlebihan. Langkah untuk menambahkan produk ke Tiktok Shop adalah sebagai berikut:

  • Pada bagian bawah profil kamu, temukan dan klik pilihan “Add First Product” lalu “Upload Now”.
  • Isikan nama produk dan deskripsinya secara padat maksimal 34 karakter kemudian pilih kategorinya.
  • Unggah 3 foto produk berdimensi 1:1 dengan resolusi yang baik.
  • Cek kembali dari awal kemudian pilih “Publish” jika sudah sesuai.

4. Buat Konten Promosi Unik, Menarik, dan Tepat Sasaran

Pasarkan katalog kamu dengan konten promosi yang menarik. Dalam tahap ini, kemampuan mengedit video, membuat narasi, caption, hingga menentukan hashtag akan sangat dibutuhkan. Berbekal data target konsumen, isi konten akan lebih tepat sasaran. Agar konten pemasaran lebih efektif, pastikan kamu menyertakan tautan produk yang muncul dalam konten tersebut agar audiens yang tertarik bisa langsung diarahkan ke halaman produk.

5. Mengeksplorasi dan Mengoptimalkan Fitur

Selama menggunakan akun bisnis Tiktok, lakukan eksplorasi secara bertahap pada berbagai fitur yang ditawarkan. Beberapa fitur yang banyak digunakan pebisnis adalah Tiktok Live, Tiktok Affiliate, dan Tiktok Ads.

Tiktok Live memungkinkan kamu menyalakan live streaming sambil menunjukkan dan menawarkan produk. Fitur ini akan meningkatkan interaksi penjual dan pembeli secara real time.

Lalu ada Tiktok Affiliate akan mendukung promosi dan peningkatan penjualan yang berkolaborasi dengan influencer atau selebgram. Pihak ketiga akan mempromosikan produk kamu melalui platform mereka dan mengarahkannya pada tautan afiliasi saat akan melakukan pembelian.

Sedangkan Tiktok Ads memungkinkan kamu memasang iklan berbayar agar konten promosi mampu menjangkau pasar yang jauh lebih luas. Semakin banyak audiens spesifik yang ditargetkan, maka semakin besar calon pembeli yang mencari tahu dan berminat pada produk kamu.

Tahap Evaluasi

Jika ingin jualan kamu di Tiktok semakin laris, maka evaluasi proses pemasaran harus dilakukan. Cermati kembali bagian apa yang harus diperbaiki dan/atau ditingkatkan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Strategi pemasaran perlu diperbarui secara berkala jika penjualan belum mencapai target yang kamu tentukan. Dalam langkah ini, melakukan analisis data konsumen menjadi sangat penting. Saat evaluasi berangkat dari data yang tercatat dengan baik, pengambilan keputusan terkait bisnis juga akan jauh lebih akurat. Bila diperlukan, jangan ragu untuk melakukan konsultasi atau diskusi dengan teman sesama pebisnis yang juga memanfaatkan Tiktok Shop.

Dukung Pertumbuhan Bisnis Dengan Jaga Kesehatan Tubuh

Bagaimana? Sampai sini, sudahkah kamu memulai beberapa cara jualan di Tiktok tersebut? Salah satu sikap dan semangat yang perlu dilestarikan sebagai pengusaha adalah konsistensi. Untuk mendukung konsistensi kamu secara fisik, tubuh yang sehat, bugar, dan berstamina setiap hari akan menjadi modal utama dalam berkarya. Selain pola hidup bersih dan sehat, Enervon Active hadir sebagai suplemen yang akan membantu memastikan asupan gizi harian terpenuhi. Dengan bahan non-acidic, tambahan makan ini aman dikonsumsi satu tablet setiap hari. Beberapa kandungan baik yang akan didapatkan adalah vitamin C, B1, B2, B6, B12, hingga mineral niacinamide dan zinc. Untuk akses produk yang praktis, kamu bisa mendapatkannya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.