Kebiasaan sehat dan bersih memang bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Misalnya, belajar memasak menu sehat, latihan yoga untuk mengendalikan stres, hingga banyak minum air putih untuk mencegah dehdirasi.

Kebiasaan ini memang bisa dilakukan di sela- sela waktu luangmu.  Tetapi, ada beberapa kebiasaan bersih sehat yang bisa memberikan manfaat yang maksimal jika dilakukan saat malam hari. Berikut ini kebiasaan- kebiasaan tersebut:

1. Mencuci muka dan mandi

Credit: liputan6.com

Setelah aktivitas seharian, sebaiknya kamu cuci muka dan mandi. Karena selain dapat menghemat waktu di keesokan paginya, mencuci muka dan mandi di malam hari akan membuat tubuhmu jauh lebih bersih dan sehat. Karena, semua debu dan kuman yang menempel di tubuhmu akan terbilas bersih ketika mandi di malam hari. Dan rutin mencuci muka di malam hari juga dapat memaksimalkan proses peremajaan kulit secara alami.

2. Menyisir rambut

Credit: highlight.id

Rambut kusut adalah salah satu masalah yang sering dialami saat bangun tidur. Itu sebabnya, sebaiknya kamu menyisir rambut sebelum tidur di malam hari. Dengan begitu, rambutmu akan lebih mudah diatur, lebih sedikit rambut yang rusak, dan menghemat waktu untuk merapihkan rambut keesokan harinya.

3. Menggunakan losion

Credit: hipwee.com

Banyak orang yang lebih rajin menggunakan body lotion di pagi hari untuk menjaga kulitnya dari paparan sinar matahari. Nah, coba deh kamu mulai tukar kebiasaan ini dan melakukannya di malam hari.

Ketika kamu rajin menggunakan losion di malam hari, kulitmu dapat menyerap secara maksimal manfaat dari body lotion tersebut tanpa harus terbuang sia- sia.

4. Menggunakan obat kumur

Credit: smallcaps.com.au

Selain menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur juga merupakan bagian dari kebiasaan hidup bersih dan sehatmu. Berkumur dengan obat kumur di pagi hari bisa membuat mulutmu jadi kering. Karena, mulut menghasilkan air liur yang lebih sedikit saat malam hari, sementara obat kumur berfungsi untuk menetralkan air liur yang menyebabkan mulutmu jadi terasa asam. Dan hal ini justru bisa memicu timbulnya radang gusi dan gigi berlubang.

Beda dengan ketika kamu menggunakan obat kumur di malam hari, jumlah air liur masih tergolong banyak karena efek makanan yang kamu konsumsi seharian.

5. Makan yogurt

Credit: wral.com

Makan yogurt sebelum tidur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus menjaga kekebalan tubuhmu di sepanjang malam. Selain itu, kandungan protein pada yogurt dapat membantu memperbaiki otot tubuh yang rusak setelah beraktivitas seharian.

6. Olahraga

Credit: polar.com

Sebenarnya, olahraga pagi maupun malam sama- sama baik untuk kesehatan. Namun ternyata, olahraga di malam hari bisa memberikan manfaat yang lebih untuk kesehatan tubuh. Saat tidur, pernapasanmu cenderung lebih pendek. Ini artinya, jumlah oksigen yang kamu hirup pun jadi lebih sedikit. Nah, kamu bisa mendapatkan pasokan oksigen yang lebih banyak ketika kamu rutin berolahraga di malam hari.

Luangkan waktu sekitar 15- 20 menit untuk melakukan olahraga ringan sebelum tidur. Kamu bisa berjalan kaki atau latihan pernapasan. Hal ini dapat membantu mengalirkan oksigen ke dalam sel- sel tubuh.

 

Sebenarnya, tidak apa- apa jika kamu ingin melakukan kebiasaan- kebiasaan tersebut di pagi hari. Namun, jika kamu ingin mendapat manfaat yang lebih maksimal, kamu bisa mengubah kebiasaan hidup bersih sehat ini dengan melakukannya di malam hari.

Dan agar semakin maksimal, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu. Sehingga kamu tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

 

 

Featured Image - beautytap.com