Mencari pekerjaan sesuai dengan karakter dalam mengembalikan energi terbukti mampu memuaskan perjalanan karier. Hal ini karena pola kerja yang dimiliki sudah sesuai dengan kemampuan, potensi, dan cara mengelola energinya. Dalam hal mendapatkan energi secara fisik dan psikologis, manusia dibagi menjadi dua kategori yaitu introvert dan ekstrovert. Bila ekstrovert mendapatkan energi dengan bersosialisasi dengan banyak orang, maka introvert lebih cepat mengembalikan energinya dengan menghabiskan waktu sendiri. Berikut akan dijelaskan lebih fokus tentang introvert dan jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert.

Introvert dan Keterampilannya dalam Bekerja

Selain karakteristik yang sempat disinggung di atas, introvert juga lebih menikmati jenis pekerjaan yang diselesaikan secara individu. Bila harus bekerja secara tim, mereka akan memilih tim dengan anggota yang lebih sedikit. Bukan hanya soal kenyamanan, pilihan-pilihan ini juga akan memengaruhi kualitas dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Para introvert memang cenderung lebih pendiam, namun mereka sangat mawas diri dan memiliki empati yang tinggi. Beberapa kemampuan yang umumnya dimiliki oleh introvert adalah berpikir dan menganalisis, kreativitas, memperhatikan detail, mampu beradaptasi, mandiri, serta lebih mudah mendengarkan orang lain.

Dari keunggulan yang dimiliki introvert tersebut, banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan karakter introvert. Selain posisi strategis di perusahaan dan organisasi, introvert juga memiliki peluang besar untuk menjadi solopreneur. Jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert di bawah ini terbilang populer dengan penghasilan yang menjanjikan.

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Tentu saja terlalu banyak profesi yang cocok untuk introvert jika disebutkan satu per satu. Namun daftar di bawah ini merupakan beberapa kategori dengan banyak peminat dan banyak dibutuhkan dunia kerja. Sehingga turunan dari bidang-bidang berikut bisa dan perlu dijabarkan dalam beberapa jenis pekerjaan yang lebih spesifik.

1. Desainer

Pekerjaan ini akan membutuhkan kreativitas tinggi serta kemampuan beradaptasi dengan permintaan dari klien desain. Tidak hanya desainer grafis, beberapa contoh pekerjaan terkait desain adalah desainer busana, desainer lanskap, desainer interior, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Akuntan

Berikutnya ada akuntan, jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk memperhatikan suatu hal secara detail. Beberapa contohnya jenis akuntan adalah akuntan pajak, akuntan publik, hingga akuntan keuangan adalah deretan profesi yang tinggi sekali peminatnya di dunia kerja.

3. Editor

Beberapa tugas editor adalah mengecek konten sebelum dipublikasikan, memastikan gaya bahasa dan penulisan yang disajikan sesuai permintaan klien atau perusahaan, dan masih banyak lagi lainnya. Publikasi yang dimaksud tidak hanya berupa tulisan, tapi juga foto, video, podcast, dan lain-lain.

4. Mekanik

Mekanik akan banyak dibutuhkan sebagai dampak berkembangnya industri dari tenaga kerja manusia ke mesin dan/atau robot. Tugasnya sangat beragam namun akan selalu berkaitan dengan pengelolaan alat produksi, baik yang dijalankan secara sistem maupun manual. Contoh jenis pekerjaan ini adalah mekanik alat berat, mekanik mobil dan motor, mekanik pesawat, mekanik diesel, dan lain-lain.

5. Peneliti

Peneliti adalah jenis pekerjaan yang bisa datang dari segala jenis bidang ilmu pengetahuan. Namun secara garis besar dibedakan menjadi ilmu sosial dan ilmu pengetahuan eksak. Kemampuan introvert sebagai individu yang mandiri akan sangat dibutuhkan dalam profesi ini. Termasuk kemampuan beradaptasi saat melakukan kolaborasi dengan bidang ilmu lainnya.

6. Analis

Kemudian ada profesi analis yang bertugas untuk mengumpulkan, membaca, dan menganalisis suatu data. Jika peneliti berusaha menemukan informasi baru, maka analis akan mengevaluasi suatu data kemudian menginterpretasikannya menjadi keputusan. Kemampuan berpikir kritis akan sangat dibutuhkan dalam bidang profesi ini. Beberapa jenis analis yang banyak dicari perusahaan dan pemerintah adalah analis data, analis pemasaran, analis keamanan cyber, analis keuangan, dan masih banyak lagi.

7. Insinyur Perangkat Lunak

Pesatnya perkembangan teknologi digital menjadikan insinyur perangkat lunak sangat dibutuhkan dan banyak dari introvert yang cocok dengan bidang kerja ini. Selain kreativitas dalam menciptakan aplikasi atau sistem informasi, pekerja juga mampu menyelesaikan masalah secara mandiri sehingga cocok bagi para introvert.

8. Penulis

Sama seperti peneliti, penulis juga sangat luas bidang kerjanya. Mulai dari menulis konten pemasaran, berita, ulasan, naskah, karya sastra, panduan teknis, hingga blogger. Selain kreativitas, para introvert juga memiliki kemandirian berpikir dalam menyelesaikan suatu tulisan.

9. Kesehatan Hewan

Dalam bidang kesehatan yang identik dengan pelayanan pasien, introvert bisa mempertimbangkan untuk memiliki pekerjaan di bidang kesehatan hewan. Membangun hubungan dengan hewan tidak hanya membutuhkan empati yang besar, tapi juga kemampuan analisis terhadap masalah kesehatan hewan tersebut. Jadi cocok sekali untuk para introvert.

10. Penerjemah

Introvert juga sangat ahli dalam mendengarkan dan hal ini sangat dibutuhkan dalam menerjemahkan bahasa sebagai suatu bentuk komunikasi di semua bidang. Beberapa tempat yang akan membutuhkan penerjemah adalah ruang sidang, konferensi, institusi pendidikan, dan lain-lain.

Dukung Produktivitas dengan Enervon Active

Memilih pekerjaan yang cocok dengan cara mengelola energi menjadi penting untuk menjaga stabilitas produktivitas di tempat kerja. Tidak hanya kuantitas pekerjaan yang dapat selesai, tapi juga berkaitan erat dengan menjaga kesehatan mental dan fisik. Sama pentingnya saat hal tersebut dibalik, menjaga tubuh dan mental yang sehat akan mendukung ritme kerja.

Selain pola hidup sehat, memastikan tubuh mendapatkan haknya dalam hal nutrisi adalah kunci. Mengonsumsi suplemen untuk daya tahan tubuh dan stamina bisa diambil bila diperlukan. Enervon Active hadir sebagai pendukung kesehatan sehari-hari dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap. Bahan non-acidic yang digunakan juga aman dikonsumsi setiap hari. Produk ini juga sudah dapat diakses melalui Tokopedia dan Shopee resmi Enervon.