Banyak yang sependapat bahwa usia muda produktif menjadi momen untuk memaksimalkan waktu dan tenaga yang prima. Sehingga pekerja dengan jam kerja pagi hingga sore terkadang masih memiliki energi untuk melakukan kerja sampingan malam hari untuk menambah penghasilan. Selain memaksimalkan waktu luang, pekerjaan sampingan juga sering dilakukan untuk menambah pemasukan sehari-hari. Bahkan bukan tidak mungkin pekerjaan sampingan ini justru memberikan penghasilan yang hampir sama banyaknya dengan pekerjaan utama. Bagi kamu yang sedang mencari, berikut ini adalah inspirasi kerja sampingan malam hari yang bisa dicoba.

Ide Kerja Sampingan Malam Hari

1. Berjualan Online

Untuk kamu yang memiliki minat membangun bisnis, mulailah dengan jualan online. Mulai dari baju, barang-barang koleksi, makanan kering, dan lain-lain. Bahkan kamu juga bisa menjual foto di platform khusus.

2. Membuka Kursus atau Les Privat

Bagikan ilmu yang kamu miliki dengan anak-anak atau mahasiswa yang membutuhkannya. Kelas berbayar selama 1-2 jam dengan beberapa anak pada malam hari mendatangkan cukup keuntungan.

3. Jasa Menjahit

Bisa juga dengan membuka jasa menjahit untuk pelanggan pribadi yang bisa dikerjakan secara perlahan. Meski bukan pemasukan harian, hasilnya lumayan untuk menambah tabungan.

4. Penulis Lepas atau Editor

Sudah banyak platform pekerja lepas yang banyak membutuhkan jasa penulis dan editor. Mulai dari menulis artikel, deskripsi produk, dan lain sebagainya. Keterampilan ini juga bisa dilatih oleh siapa pun, jadi terbuka lebar untuk dicoba.

5. Jasa Desain Grafis

Pekerja lepas untuk membuat desain grafis juga harus dicoba untuk kamu yang sudah punya dasar ilmu dan minat yang besar di bidang ini. Peminatnya semakin tinggi di tengah perkembangan dunia digital saat ini.

6. Ojek Online

Memiliki waktu kerja yang sangat fleksibel membuat ojek online bisa dicoba, terutama untuk kamu dengan stamina yang tinggi. Hasilnya bisa cukup menjanjikan jika kamu ada di area dengan pengguna ojol yang tinggi.

7. Content Creator

Dengan aplikasi pengeditan video sederhana yang lebih mudah diakses menjadikan kerja sampingan sebagai content creator menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi. Apalagi jika kamu memiliki jumlah pengikut yang besar, manfaatkan aliran ide kamu di bidang ini.

8. Fotografer

Objek fotografi akan memengaruhi cara kamu menghasilkan uang dari hobi ini. Mulai dari menjual hasil foto, menawarkan jasa foto pre-wedding atau acara malam hari lain, dan masih banyak lagi peluangnya.

9. Penerjemah Lepas

Memiliki kemampuan bahasa asing level menengah ke atas bisa menjadikan kerja sampingan ini sebagai cara untuk belajar sekaligus meningkatkan keterampilan. Banyak sekali lowongan paruh waktu untuk hal ini yang harus kamu coba.

10. Pemandu Wisata Malam

Untuk kamu yang suka jalan-jalan atau bertemu dengan orang baru, memandu wisata ke destinasi malam hari juga bisa dicoba. Apalagi dengan banyaknya wisata malam hari di Indonesia yang keren untuk dijelajahi. Keterampilan ini biasanya akan dikombinasikan dengan kemampuan berkomunikasi yang baik.

11. Pelayan Paruh Waktu Shift Malam

Untuk beberapa restoran, toko, dan atau perusahaan dengan pelayanan 24 jam, pekerjaan paruh waktu pelayanan pelanggan bisa dicoba. Dengan jam kerja maksimal 4 jam, kamu bisa menghasilkan pemasukan yang lumayan.

Tips Sehat Meski Aktif Seharian

Tentu saja tantangan terbesar dari bekerja dari pagi hingga malam adalah menjaga tubuh tetap sehat. Kerja sampingan malam hari akan secara otomatis mengurangi waktu istirahat dan tidur malam. Oleh karena itu, lakukan beberapa tipsnya di bawah ini agar tubuh tetap bugar.

1. Mengelola Waktu Tidur

Meski memiliki kerja sampingan, kamu perlu memastikan tubuh mendapat waktu tidur yang cukup minimal 6-7 jam setiap malam agar memiliki energi untuk memulai hari berikutnya. Usahakan untuk tidak mengorbankan waktu tidur agar tubuh bugar dalam jangka panjang.

2. Selalu Usahakan Olahraga

Tidak perlu lama, namun pastikan kamu rutin melakukannya meski dengan olahraga ringan. Minimal 15-20 menit setiap hari agar tubuh lebih bugar. Kombinasikan dengan latihan pernapasan agar lebih rileks seperti yoga untuk mengoptimalkannya.

3. Trik “Me Time

Agar mendukung kesehatan mental, “me time” juga penting dilakukan. Alih-alih memantau media sosial atau menghadap layar monitor dengan film, cobalah aktivitas seperti membaca buku, membuat jurnal, dan sebagainya untuk membantu menyegarkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Pertimbangkan Tenaga Bantuan

Jika pekerjaan sampingan mulai memakan banyak waktu istirahat namun sayang jika kesempatan bagus diabaikan, kenali segera hal itu sebagai tanda kamu butuh tenaga bantuan. Carilah orang yang bisa dipercaya untuk pekerjaan sederhana namun mampu mengurangi banyak beban kerja sampingan malam hari.

5. Pola Makan Sehat

Merawat kesehatan diri berhubungan langsung dengan pola makan sehat yang cukup ketat agar pengelolaan energi makin efektif. Pilih makanan dengan kandungan protein dan serat tinggi agar kenyang lebih lama. Selain itu, hati-hati dengan efek kafein sehingga jumlahnya harus dibatasi.

Menyambung tips terakhir, kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup bila diperlukan. Kandungan suplemen yang beragam akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan memudahkan tubuh mengelola energi seharian. Enervon Active menjadi salah satu suplemen yang mengandung multivitamin dan mineral penting bagi tubuh. Bahan non-acidic yang digunakannya juga aman dikonsumsi setiap hari. Dapatkan produknya dengan melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.