Zaman dulu, ada beberapa bidang pekerjaan yang didominasi oleh perempuan. Misalnya, tenaga pendidik, ibu rumah tangga, atau sekretaris. Yang kamu bayangkan pasti seorang perempuan yang melakukan pekerjaan tersebut. Sementara, laki- laki berada di bidang pekerjaan seperti Teknik sipil, industri, atau perbankan.

Tapi, seiring berjalannya waktu, hal tersebut sudah hilang. Bahkan ada beberapa bidang pekerjaan yang sekarang didominasi oleh perempuan. Apa saja bidang pekerjaan tersebut? Yuk, simak bahasannya berikut ini.

1. Public relations

Credit: saveasbrand.com

Perempuan seringkali dianggap lebih pandai dalam berkomunikasi dan mendengarkan. Selain itu, perempuan dinilai memiliki kemampuan verbal dan persuasi yang lebih baik dari laki- laki.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Public Relation Society of America membuktikkan bahwa jumlah perempuan di Amerika Serikat yang bekerja di bidang public relation mencapai 73 persen. Tinggi juga ya!

2. Personalia

Credit: hightlight.id

Beberapa perusahaan cenderung mencari staf atau manajer personalia yang berjenis kelamin perempuan. Hal ini terjadi karena adanya anggapan bahwa perempuan lebih bisa pengertian dibanding dengan laki- laki. Selain itu, perempuan juga dipercaya memiliki tingkat kepekaan dan empati yang lebih kuat.

3. Media sosial

Credit: the-pep.com

Kualitas yang dicari dari seorang staf atau manajer media sosial perusahaan antara lain adalah memiliki keluwesan, perhatian untuk detail, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi.

Banyak yang menganggap bahwa syarat- syarat tersebut secara alamiah sudah dimiliki oleh perempuan. Karena, perempuan dianggap mampu berinteraksi dengan audience dan menyampaikan pesan- pesan perusahaan secara efektif.

4. Customer service

Credit: waterworld.com

Banyak yang mengatakan bahwa menjadi seorang customer service itu harus sabar. Karena, selain menerika keluhan dan complain, kamu juga harus menjelaskan berbagai langkah atau prosedur yang cukup rumit kepada customer ketika akan menyelesaikan suatu masalah.

Nah, biasanya para perempuan itu lebih sabar dari laki- laki, jadi bidang pekerjaan ini didominasi oleh perempuan.

5. Penulis

Credit: i-sight.com

Mengekspresikan diri lewat tulisan dan kata- kata sepertinya memang menjadi cara favorit perempuan dalam mengungkapkan pikirannya. Kalau biasanya laki- laki mengungkapkan keinginannya dengan lugas dan tidak bertele- tele, beberapa perempuan malah cenderung berpikir lebih kompleks dan menarik. Itulah mengapa lebih banyak penulis perempuan!

 

Nah, itu dia 5 bidang pekerjaan yang didominasi oleh perempuan. Meskipun begitu, bukan berarti kelima pekerjaan tersebut tidak boleh dilakukan oleh para laki- laki. Dan ingat, apapun pekerjaanmu saatu ini, lakukanlah dengan penuh semangat dan dedikasi.

 

 

 

Featured Image - workingsolutions.com