Pada beberapa situasi dan kondisi, kuliah sambil kerja sudah menjadi kesibukan yang banyak dilakukan para usia produktif. Sebagian orang melakukannya untuk bisa mencukupi biaya kuliah dan sebagian yang lain melakukannya karena waktu kuliah yang relatif fleksibel untuk disambi dengan mengambil pendidikan tinggi. Namun satu hal yang pasti dari keputusan ini adalah pentingnya manajemen waktu dan tenaga agar keduanya berjalan lancar. Tidak hanya berhasil secara penyelesaian target belajar dan bekerja, tapi juga memastikan tubuh sehat dan bugar.

Merawat dan memperhatikan kesehatan tubuh saat aktivitas padat dalam jangka panjang akan mencegah munculnya gangguan kesehatan berisiko tinggi. Sudah banyak kasus yang memperlihatkan bahwa kesibukan hampir setiap hari bisa mendatangkan penyakit jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat dan bersih. Untuk itu, simak beberapa tips mengelola waktu bagi kamu yang akan atau sedang kuliah sambil kerja.

Tips Kuliah Sambil Kerja: Mengelola Jadwal

1. Kunci Membuat Perencanaan

Tentu kamu tidak ingin jika pekerjaan selesai tapi tugas kuliah tidak bisa dikumpulkan tepat waktu atau berlaku sebaliknya, bukan? Oleh karena itu, merencanakan daftar pekerjaan dan tugas kuliah sesuai prioritas sangat penting. Kunci dari membuat to-do-list adalah menuliskan atau mengetiknya menjadi daftar berdasarkan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Bila ada tugas kuliah atau laporan kerja yang sulit diselesaikan dalam satu kali duduk, cobalah untuk membaginya menjadi beberapa poin dan kawal progresnya.

2. Manfaatkan Fitur Digital

Untuk memastikan tidak ada tugas atau pekerjaan yang terlewat tidak dikerjakan atau melewati batas akhir waktu penyelesaian (deadline), manfaatkan berbagai macam fitur dan platform digital. Mulai dari aplikasi penjadwalan, aplikasi pendukung konsentrasi, aplikasi yang mampu membantu mengurutkan prioritas, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Kenali Diri dan Maksimalkan Potensi Terbaik

Usahakan untuk mengenali diri sendiri dalam menemukan fokus dan konsentrasi tinggi. Beberapa faktor yang umumnya dimiliki seseorang adalah harus di tempat sunyi, perlu dikelilingi orang yang juga bekerja, mendengarkan musik dengan earphone, menonaktifkan ponsel, dan lain-lain. Beberapa orang bahkan jauh lebih produktif saat pagi hari dibanding siang hari. Pada waktu dan kondisi yang paling mendukung, maksimalkan energimu untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Bisa juga menggunakannya untuk belajar materi perkuliahan.

4. Terbuka dengan Rekan Kerja

Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat ada beberapa hal yang terpaksa membuat kamu memilih salah satu, antara kuliah atau pekerjaan. Sebelum menemui situasi mendesak, sangat disarankan untuk terbuka dari awal kepada atasan dan pihak kampus terkait kondisi kamu. Menutup-nutupi hanya akan memparah keadaan dan menyulitkan kamu menjalani keduanya pada waktu yang akan datang. 

5. Cara Menggunakan Waktu Senggang

Meski tidak banyak, kamu pasti memiliki waktu senggang. Misalnya saat istirahat siang, saat menunggu transportasi umum, dan lain sebagainya. Gunakan waktu-waktu ini untuk kegiatan ringan namun produktif, seperti membaca materi perkuliahan minggu lalu, memeriksa email klien, dan lain-lain.

6. Tetap Berikan Waktu untuk Rileks

Pikiran juga berhak istirahat meskipun sebenarnya kamu sangat sibuk. Namun mengistirahatkan diri dan pikiran penting dilakukan agar kamu tidak stres atau burn out. Ketahui batasan diri dan kelola stres dengan kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan, misalnya menulis jurnal, menjalankan hobi, membaca buku, hingga pergi ke pusat perbelanjaan. Jangan terlalu lama menyelami media sosial agar tidak mendapatkan dampak negatifnya bagi kesehatan mental.

Tips Khusus Menjaga Kesehatan

1. Jangan Remehkan Waktu Tidur

Wajibkan diri kamu untuk tidur minimal 6-8 jam per malam agar kesehatan tubuh dapat stabil dalam jangka panjang. Tidur berkualitas adalah faktor penting dalam memelihara kesehatan sistem imun, menguatkan kemampuan berpikir, dan menurunkan risiko stres. Lebih baik bangun pagi lalu mencicil tugas kuliah sebelum masuk kerja dibanding melakukannya hingga tengah malam lalu bangun sesaat sebelum jam kerja dimulai.

2. Pentingnya Menjaga Hidrasi Tubuh

Selama beraktivitas, pastikan kamu mendapat cairan tubuh yang cukup dari air putih. Selain mendukung konsentrasi, minum teratur juga mencegah terjadinya lelah berlebih. Batasi konsumsi kafein agar kamu tidak mendapat berbagai efek sampingnya. Membawa botol air minum sendiri sangat disarankan agar tips ini bisa berhasil.

3. Konsisten Menjaga Pola Makan Sehat

Agar bisa terus berkegiatan dengan penuh semangat, penuhi kebutuhan energi dari sumber utamanya yaitu makanan. Berikan komitmen pada diri sendiri untuk memiliki pola makan sehat yang konsisten demi ketahanan tubuh jangka pendek dan jangka panjang. Baik masak sendiri atau membeli dari luar, perhatikan keseimbangan gizi dan proses pengolahannya.

Enervon Active Siap Menemanimu

Kuliah sambil kerja bukan proyek satu atau dua minggu, tapi lebih lama dari itu. Terutama jika kamu pekerja penuh waktu dengan jadwal kuliah cukup padat. Karena stamina dan energi yang dibutuhkan tidak main-main, ada baiknya kamu memastikan terpenuhinya nutrisi dengan bantuan suplemen. Memiliki kandungan yang lengkap, kamu cukup mengonsumsinya satu kali per hari. Enervon Active menjadi tambahan makan yang banyak direkomendasikan karena bahannya yang non-acidic, sehingga aman diminum setiap hari. Mulai dari vitamin C, B kompleks, hingga mineral zinc dan niacinamide siap menjaga kesehatan tubuh. Untuk akses yang lebih mudah, kamu bisa mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.