Bekerja di kantor memang nyaman karena tidak banyak tenaga fisik yang dikeluarkan. Namun salah satu tantangan yang banyak dialami adalah badan pegal, mata kering, nyeri sendi, hingga rasa kantuk. Menjadi menyebalkan jika itu semua datang saat waktu-waktu produktif. Daftar tugas bisa tidak selesai karena tubuh yang melemah selepas makan siang, misalnya. Tahukah kamu bahwa menghilangkan badan lemas dan mengantuk itu bisa dilakukan tanpa konsumsi kafein? Selain lebih sehat, cara mengatasi badan lemas dan mengantuk di bawah ini juga lebih efektif. Simak detailnya.

Cara Mengatasi Badan Terasa Lemas dan Mengantuk di Kantor

1. Buat Ruangan Lebih Terang

Berkaitan erat dengan ritme sirkadian, tubuh manusia akan menangkap sinyal untuk aktif dan berenergi dengan kecukupan cahaya di sekitarnya. Sehingga membuat ruangan lebih terang akan mendukung kamu lebih terjaga. Jika membuka gorden dan jendela tidak bisa dilakukan karena hujan atau mendung seharian, misalnya, nyalakan lampu terdekat di meja kerja kamu.

2. Membuka Jendela dan Rasakan Angin Segar

Selain membiarkan cahaya alami masuk, membuka jendela juga akan memberikan kamu angin segar. Hembusan angin yang dingin secara alami atau dengan kipas angin akan mengusir rasa kantuk. Selain itu, langkah ini juga akan menurunkan suhu ruangan jika tidak ada AC. Ruangan yang hangat akan membuat tubuh terasa lemas dan lelah. Sirkulasi udara yang baik juga mendukung tingkat konsentrasi kamu.

3. Jalan-Jalan di Area Sekitar Ruang Kerja

Menggerakkan badan dengan jalan-jalan di area ruang kerja bisa menjadi langkah untuk menghilangkan kantuk. Terlalu lama duduk bisa menghambat sirkulasi darah dan membuat tubuh terasa lelah. Jadi, sebisa mungkin untuk bangun dari duduk secara berkala. Tidak hanya sekedar ke toilet, tapi sempatkan juga untuk mampir ke ruang kerja sebelah bila dipersilakan untuk ngobrol ringan. Interaksi juga akan mendukung produktivitas kamu di tempat kerja.

4. Pilih Camilan Sehat Rendah Gula

Jalan-jalan untuk mengambil camilan di pantry juga bisa menjadi alternatif lho. Namun usahakan untuk memilih produk dengan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi. Kadar gula darah menjadi salah satu faktor badan terasa lemas dan mengantuk. Beberapa contoh camilan sehat yang disarankan adalah buah segar, kacang-kacangan rendah gula dan garam, yogurt, sayur rebus dengan saus cocolan, telur rebus, dan lain sebagainya. Jika tempat kerja tidak menyediakannya, jangan ragu untuk membawanya sendiri ya.

5. Hindari Makan Siang Berat

Saat makan siang, hindari menu dan porsi yang terlalu besar. Pilih atau bawalah bekal menu makan yang ringan, memuaskan, dan bergizi lengkap. Kondisi begah atau terlalu kenyang bisa mengarahkan kamu pada rasa kantuk hebat setelah jam makan siang. Sempurnakan langkah ini dengan rajin mengonsumsi air putih agar tubuh tidak mengalami kelelahan berlebih yang menjadi salah satu tanda dehidrasi.

6. Cuci Muka

Cara berikutnya adalah dengan cuci muka atau sesederhana membasuh wajah dengan air. Langkah ini akan membantu lancarnya aliran darah ke kepala sehingga kamu akan lebih terjaga. Kombinasikan cara ini dengan mendapat udara segar langsung agar efeknya semakin terasa.

7. Dengarkan Musik Penggugah Semangat

Suasana tenang dan sunyi bagi sebagian besar orang bisa memicu kantuk. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk mendengarkan musik favorit bertempo cepat yang mampu menggugah semangat. Jika kamu berada di ruangan dengan beberapa pekerja dan mereka tidak menghendaki musik, dengarkan melalui headphone dan sejenisnya.

8. Peregangan dan Pemijatan Ringan

Badan lemas dan mengantuk menjadi salah satu tanda tubuh membutuhkan pemijatan pada beberapa titik. Di antaranya adalah jari-jari dan pergelangan tangan, bagian belakang leher, belakang lutut, serta area sekitar mata kaki. Peregangan sederhana seperti mengangkat lengan di atas kepala juga bisa membantu sirkulasi darah lebih lancar.

9. Gunakan Bantuan Minyak Aromaterapi

Sama seperti cahaya, menghirup aroma segar juga bisa meningkatkan dan mengembalikan energi. Beberapa jenis minyak aromaterapi seperti peppermint dan sitrus akan populer digunakan untuk menjaga kesegaran. Selain menuangkannya dalam diffuser, kamu juga bisa mengoleskannya sedikit pada pergelangan tangan atau area leher.

10. Tidur Sebentar untuk Kembalikan Energi

Jika semua cara di atas masih belum mengembalikan energi kamu, bisa jadi kamu perlu memiliki waktu tidur siang sebentar. Dengan bersandar pada meja kerja atau di kursi mobil dan memejamkan mata 15-30 menit, kamu akan kembali segar. Ketika bangun, cuci muka dan dapatkan angin segar sebelum kembali pada pekerjaan.

Tips Jangka Panjang

Selain cara cepat di atas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal apabila badan lemas dan mengantuk terjadi hampir setiap hari. Identifikasi akar masalahnya bisa membantu kamu mengelola energi dan stamina. Beberapa hal yang harus dimiliki pekerja semua profesi adalah sebagai berikut.

  • Waktu tidur berkualitas yang cukup dan teratur 7-8 jam setiap malam.
  • Pola makan teratur dengan gizi berimbang dan porsi yang dianjurkan.
  • Gaya hidup sehat dengan rutin olahraga setiap hari.

Dukung Stamina Tubuh dengan Enervon Active

Bila perlu, dukung pemenuhan nutrisi tubuh kamu dengan mengonsumsi suplemen. Enervon Active menjadi tambahan makanan dengan kandungan multivitamin dan mineral lengkap. Dengan mengonsumsi satu kali per hari saja, kamu telah memastikan tubuh mendapatkan asupan gizi yang lebih lengkap. Mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, niacinamide, hingga zinc akan membantu tubuh lebih berstamina seharian. Tentu saja daya tahan tubuh juga akan terjaga meski kamu beraktivitas seharian. Dapatkan produknya secara praktis melalui toko resmi Enervon di Shopee dan Tokopedia.

Referensi:

  • Valencia Higuera. 2020. Hacks for Managing Daytime Sleepiness at Work. Diakses pada 15 Februari 2024 dari https://www.healthline.com/health/daytime-sleepiness/tips-for-work
  • Cigna Healthcare. 2021. How to Stay Awake at Work: Staying Productive When You Didn't Get Enough Sleep. Diakses pada 15 Februari 2024 dari https://www.cigna.com/knowledge-center/how-to-stay-awake-at-work#