Puasa bukan hanya ibadah yang dikerjakan saat bulan puasa saja. Banyak orang yang berpuasa untuk tujuan kesehatan. Lalu, apa saja manfaat puasa bagi kesehatan? Selain baik bagi kesehatan fisik, rutin berpuasa juga sangat baik bagi kesehatan mental lho! Baca artikel berikut untuk mengetahui detail manfaatnya dan juga beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Banyak orang yang mengira bahwa puasa akan menyebabkan proses metabolisme turun. Padahal justru sebaliknya, dengan rajin berpuasa, metabolisme tubuh malah akan semakin meningkat. Selama berpuasa kamu hanya menerima asupan saat sahur dan berbuka saja. 

Nah, selama puasa berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon adiponektin yang mendukung setiap sel organ dan otot tubuh menyerap nutrisi lebih banyak. Hal ini tentu sangat bermanfaat karena tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan lebih baik.

2. Mengendalikan Nafsu Makan

Puasa juga bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan. Penerapan puasa rutin akan membantu pasien diabetes untuk bisa mengontrol nafsu makan mereka. Pasalnya, saat berpuasa, tubuh dapat mengatur produksi hormon pemicu lapar dan melepaskannya saat tubuh benar-benar memerlukan asupan makanan.

 

 

3. Mengontrol Gula Darah

Insulin berperan dalam mengatur kadar gula darah di tubuh dengan cara membawanya ke sel tubuh untuk diubah menjadi sumber energi. Dengan berpuasa, resistensi terhadap insulin akan berkurang dan kadar gula darah juga akan turun.

4. Mengurangi Peradangan

Peradangan umumnya terjadi saat sistem kekebalan tubuh tengah aktif melawan infeksi. Kamu bisa mengurangi level peradangan di tubuh dengan berpuasa supaya hal tersebut tidak melebar ke penyakit lainnya.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Rutin berpuasa juga membantumu dalam memelihara kesehatan jantung. Pola makan dan gaya hidup saat menjalankan puasa merupakan cara tepat untuk meminimalisir risiko terkena sakit jantung.

 

 

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa bagi kesehatan juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak. Pasalnya, lapar dan haus saat puasa justru memicu pertumbuhan neuron (sel saraf) baru di otak. Hal ini bisa membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk meminimalkan risiko penyakit alzheimer dan parkinson.

7. Bantu Turunkan BB Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa rutin berpuasa akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya kadar neurotransmitter norepinefrin yang memengaruhi penurunan BB tubuh.

 

 

8. Mengaktifkan Detoksifikasi

Puasa juga membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi atau membuang zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh. Pasalnya, selama 12 jam, sistem pencernaan seperti hati, lambung, usus, dan pankreas akan beristirahat, sehingga nantinya dapat bekerja dengan lebih baik saat berbuka puasa.

9. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Jerawat

Saat sistem pencernaan beristirahat, proses regenerasi kulit di dalam tubuh juga berlangsung semakin cepat. Hal ini dapat mencegah munculnya jerawat dan kesehatan kulit juga lebih terjaga.

10. Kesehatan Mental Lebih Terjaga

Selain baik untuk kesehatan fisik, ternyata rutin berpuasa juga bisa menjaga kesehatan mental lho! Kenapa bisa demikian? Saat puasa, kadar hormon kortisol di dalam tubuh menjadi lebih stabil sehingga kamu jadi tidak rentan stres.

Selain itu, asupan karbohidrat dan lemak juga semakin terbatas sehingga kemampuan otak berpikir meningkat dan otak bisa berpikir lebih jernih. Dengan demikian, kamu bisa lebih mengontrol emosi dan mengelola stres dengan baik.

 

 

Tips Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Puasa memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, tapi sebaiknya kamu melakukannya dengan benar. Apalagi saat bulan Ramadhan yang mengharuskanmu untuk berpuasa selama 30 hari berturut-turut. Agar ibadah puasamu tetap lancar, yuk terapkan berbagai tips berikut.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat saat Sahur

Saat puasa, asupan makanan akan kamu dapatkan saat sahur dan berbuka. Agar tubuh tetap fit dan bertenaga selama menjalankan puasa, sebaiknya kamu mengutamakan makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur.

Selain itu, hindari makanan yang memiliki kandungan minyak tinggi karena bisa membuat kantuk dan membuat pembuluh darah tersumbat.

2. Berbuka dengan Makan Secukupnya

Saat tiba waktunya berbuka, banyak orang yang lapar mata dan ingin mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Namun, sebaiknya hindari hal tersebut dan makan secukupnya saja supaya perut tidak terasa sesak. Kamu juga dianjurkan untuk mengawali buka puasa dengan minum air putih dan menyantap yang manis-manis.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak di Malam Hari

Selain makan secukupnya saja, kamu sebaiknya juga tidak minum kopi atau soda di malam hari. Hal ini penting supaya kamu bisa tidur dengan cepat, sehingga tubuh tetap fit saat bangun sahur.

4. Memperhatikan Pola Tidur

Selama sebulan, kamu harus bangun sekitar jam 3 atau 4 pagi untuk santap sahur yang dilanjutkan dengan aktivitas harian seperti biasa. Hal ini tentu harus diimbangi dengan pola tidur yang benar supaya badan tidak lemas atau mudah mengantuk di siang hari. Jadi hindari tidur malam terlalu larut saat sedang berpuasa ya!

Selain melakukan tips di atas, sebaiknya kamu juga mengonsumsi multivitamin tambahan supaya daya tahan tubuh tetap terjaga dan stamina selalu prima. Konsumsi Enervon-C Effervescent 1 tablet setiap hari akan bantu meningkatkan sistem imunitas dan menambah energi di tubuh.

Pasalnya, di dalamnya terdapat kandungan vitamin C yang secara efektif menjagamu supaya tidak gampang sakit dan vitamin B-Kompleks yang membuatmu bertenaga sehingga selalu bersemangat meski harus berpuasa seharian. Klik tautan Tokopedia dan Shopee berikut untuk mendapatkan produknya sekarang juga!

 

Referensi:

1. Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Apa Saja Manfaat Berpuasa. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/158/apa-saja-manfaat-berpuasa

2. Siloam Hospitals. 9 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh, Penting Diketahui! https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-puasa-bagi-kesehatan

3. Kemenkes RI. 5 Tips sehat Selama Bulan Ramadhan. https://upk.kemkes.go.id/new/5-tips-sehat-selama-bulan-ramadhan