Setiap hari, kita mendapat asupan vitamin C melalui sumber alami seperti sayur dan buah. Namun, itu saja belum cukup. Kita juga butuh asupan vitamin C dalam bentuk suplemen.

Lalu, berapa banyak vitamin C harian yang diperlukan tubuh? Sebenarnya, tidak ada angka pastinya. Dan, dalam hal ini usia bukanlah tolak ukurnya. Karena, dosis harian vitamin C ini dapat bergantung pada berbagai faktor. Antara lain:

1. Aktivitas harian

Apakah kita termasuk yang selalu aktif dan bergerak dinamis dalam bekerja? Atau melakukan aktivitas sehari- hari yang tidak banyak menguras banyak energi? Beda aktivitas, beda kebutuhan vitamin C nya.

Untuk kamu yang cenderung aktif dan dinamis, asupan vitamin C dan B harus disesuaikan agar level energi tetap terjaga. Misalnya, mengonsumsi 1.000mg per hari, dengan dosis 2 x 500 mg (pagi dan sore). Sementara yang tidak terlalu aktif, cukup mengonsumsi 500 mg.

2. Kondisi tubuh

Menjelang hari raya, ada acara penting, badan sedang kurang fit, atau kondisi tubuh sedang mengalami perubahan. Coba dengar dan perhatikan kebutuhan tubuhmu. Tambah asupan vitamin C agar kondisi tubuh tidak turun.

Begitu juga waktu mood sedang kurang baik. Dapatkan energi baru lewat buah dan sayuran warna oranye, atau lihat segala sesuatu yang berwarna oranye. Hal ini dapat membuat mood jadi lebih segar dan tubuh jadi lebih berenergi.

3. Cuaca

Perubahan cuaca bisa mempengaruhi daya tahan tubuh. Apalagi ditambah perjalanan panjang menuju kantor. Selain terpapar sinar matahari, angin, dan hujan, tubuh juga rentan terhadap polusi udara. Tambahan asupan vitamin C bisa membuat tubuh jadi lebih sehat. Selain itu, kandungan antioksidan dalam vitamin C juga dapat membantu memerangi radikal bebas di sekitar kita.

Saat mulai mengonsumsi vitamin C, sebaiknya kita jangan terburu- buru dalam menilai. Baru minum 1-2 hari, langsung merasa tidak ada manfaatnya dan berhenti.

Efek instan yang dirasakan setelah minum vitamin C adalah tubuh lebih berenergi. Tapi, itu baru awalnya. Kalau ingin merasakan manfaat lainnya, seperti kulit lebih bersinat atau tubuh lebih sehat, konsumsi vitamin C secara teratur hingga tiga bulan ke depan. Dan jangan lupa, cari vitamin C yang takarannya sesuai standar internasional, sehingga aman dan terpercaya untuk tubuh.

 

Featured Image - djawanews.com