Jalan-jalan ke suatu destinasi wisata tentu tidak akan lengkap jika kamu tidak menjelajahi beragam kulinernya. Tidak hanya kuliner legendaris yang masih populer, kuliner kekinian yang mengolaborasikan budaya lokal juga tak kalah seru untuk dicicipi. Salah satu destinasi yang cocok untuk memanjakan lidah adalah Yogyakarta. Kerap dipanggil sebagai Jogja, pilihan wisata kulinernya patut untuk kamu coba. Berikut ini adalah daftar wisata kuliner Jogja yang tidak boleh terlewatkan. Ikuti juga tips sehatnya agar tidak membuat tubuh sakit setelah liburan.

Pilihan Wisata Kuliner Jogja Pilihan

1. Gudeg

Sumber: cdn-1.timesmedia.co.id

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak lama bersama rempah dan santan. Dengan lauk berbagai macam protein yang juga hampir sama pengolahannya, setiap tempat makan gudeg menawarkan keunikannya masing-masing. Ada gudeg yang manis gurih, ada yang cenderung asin dan pedas, hingga menawarkan pengalaman budaya dan cerita yang berkesan. Beberapa tempat makan yang direkomendasikan adalah Gudeg Yu Djum, Gudeg Pawon, Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan, dan Gudeg Mercon Bu Tinah.

2. Sate Klathak

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Berikutnya ada sate klathak, sate daging kambing yang ditusuk dengan besi jeruji sepeda dan dibakar bersama bumbu yang lebih sederhana dibanding sate pada umumnya. Kemudian menjadi lebih spesial karena disantap bersama kuah gulai yang gurih dan kaya rasa. Beberapa tempat legendaris untuk mencicipi menu ini adalah Sate Klathak Pak Bari, Sate Klathak Pak Jede, Sate Klathak Pak Pong, dan Sate Klathak Mak Adi.

3. Mangut Lele

Sumber: nibble.id

Menu kuliner khas Jogja selanjutnya adalah mangut lele, yaitu lele asap yang dimasak bersama kuah santan dengan bumbu dan rempah yang beragam. Apalagi saat disantap bersama olahan sayur dan protein lainnya. Salah satu lokasi yang harus kamu kunjungi untuk menikmati menu ini adalah Mangut Lele Mbah Marto. Selain tempatnya yang unik di dalam kampung, kamu juga akan merasakan serunya mengambil lauk langsung di dapur tradisional yang memiliki nuansa hangat.

4. Ayam Geprek

Sumber: tribunnews.com

Siapa sangka jika ayam goreng tepung krispi bisa dinikmati dengan cara dan rasa yang lebih nikmat. Geprek sendiri merupakan teknik mengulek ayam goreng bersama sambal cabai dan bawang hingga ayam hancur. Menu ini dipelopori oleh satu tempat makan bernama Ayam Geprek Bu Rum yang sekarang sudah ada banyak sekali cabangnya. Namun kamu juga bisa mencicipinya di beberapa tempat lain yang tak kalah populer, seperti Ayam Geprek Bu Made, Ayam Geprek Bu Nanik, Ayam Geprek & Susu (Preksu), dan Ayam Geprek Pak Wage.

5. Bakmi Jawa

Sumber: yogyes.com

Ke Jogja tapi tidak mencicipi bakmi Jawa akan menjadi perjalanan yang kurang lengkap. Bakmi yang digunakan biasanya adalah bakmi kuning yang dimasak bersama kuah kaldu dan bumbu. Bahan pelengkapnya bisa berupa sayuran, protein hewani, sambal, dan lain-lain. Bakmi Jawa Mbah Mo menjadi lokasi legendaris untuk menikmati menu ini. Deretan tempat makan bakmi jawa yang populer adalah Bakmi Jawa Pak Pele, Bakmi Jawa Pak Kadin, Bakmi Jawa Mbah Gito, Bakmi Jawa Pak Rebo, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain daftar wisata kuliner Jogja di atas, masih banyak menu dan tempat makan lain yang tak kalah menarik untuk dicoba. Untuk menambah pilihan kamu, akan kami sebutkan secara singkat dalam bagian ini. Di antaranya adalah Ayam Goreng Mbok Berek, Sego Abang, Soto Kadipiro, Kopi Klotok, Angkringan Kopi Joss Lik Man, Mie Ayam Bu Tumini, Es Buah PK, OSeng Mercon Bu Narti, Nasi Brongkos Warung Handayani, SGPC Bu Wiryo 1959, Jenang Lempuyangan Bu Gesti, Lupis Mbah Satinem, dan Ronde Kauman Mbay Paiyem. Benar-benar pilihan yang kaya, bukan?

Tips Sehat Kulineran

Wisata kuliner Jogja memang terasa seperti tidak akan ada habisnya. Selain memilih menu dan tempat makan terbaik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar momen memanjakan lidah kamu tidak berujung pada masalah kesehatan.

1. Rencanakan Pilihan Menu dan Perkirakan Kandungan Gizinya

Merencanakan menu dan tempat makan bisa mencegah kamu makan terlalu banyak tapi gizinya tidak melengkapi kebutuhan harian. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas makanan dari segi gizi, cara mengolah, besarnya satu porsi, dan kombinasi menu sehat dalam satu hari.

2. Hindari Makanan yang Memicu Masalah Pencernaan

Selain bergizi lengkap, perhatikan bahan makanan yang memicu masalah kesehatan. Selain makanan yang memicu alergi, hindari juga makanan yang bisa menimbulkan masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang umumnya disebabkan oleh makanan adalah kembung, mulas, asam lambung naik, dan lain-lain. Termasuk menghindari makanan yang mudah memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

3. Trik Mencoba Banyak Makanan Tanpa Merasa Terlalu Kenyang

Jika kamu ingin mencoba sebanyak mungkin jenis makanan tapi takut terlalu kenyang, ada beberapa trik yang patut dicoba. Pertama, pilih menu yang unik dan sulit ditemukan di sekitar rumah kamu. Kedua, pesan satu porsi untuk berdua jika kamu merasa porsinya terlalu besar. Ketiga, jangan ragu untuk minta dibungkuskan bila tidak habis dan nikmati sisanya di penginapan.

4. Perhatikan Kecukupan Cairan Tubuh

Minum air putih yang cukup selama liburan tidak hanya mencegah kamu dehidrasi. Tapi juga melancarkan BAB, memperlancar peredaran darah, dan mendukung metabolisme tubuh. Bawalah botol air minum pribadi berisi air putih dingin untuk mengurangi konsumsi minuman manis.

Pastikan Kecukupan Nutrisi Bersama Enervon

Jika diperlukan, mengonsumsi suplemen bisa menjadi cara yang aman untuk memastikan tubuh mendapat asupan multivitamin dan mineral harian yang lengkap. Selain membantu melengkapi nutrisi, minum satu tablet per hari juga akan mendukung penguatan daya tahan tubuh selama perjalanan wisata. Enervon-C Tablet menjadi produk yang disarankan karena kandungannya yang lengkap dan kemasan yang mudah dibawa. Selain vitamin C, kamu juga akan mendapat vitamin B kompleks, mineral niacinamide, hingga ca pantotenat. Untuk akses produk yang praktis, Tokopedia dan Shopee resmi Enervon telah tersedia.

Featured Image - pmperizinan.jogjakota.go.id