Membahas tentang keindahan alam di Indonesia memang tidak ada habisnya. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki potensi keindahan alam yang memukau. Salah satunya air terjun di sejumlah daerah dengan masing-masing ciri khasnya. Meskipun ada beberapa air terjun dengan akses yang tergolong sulit, kamu yang suka berpetualang pasti akan tertantang untuk menjelajahinya. Perjalanan tersebut bisa terbayar dengan keindahan arus air yang mengalir di antara bebatuan atau tebing tinggi serta tumbuhan hijau yang menyegarkan. Berikut adalah beberapa daftar wisata air terjun terindah di Indonesia yang patut dijelajahi untuk mengisi liburan.

Rekomendasi Wisata Air Terjun Terindah di Indonesia

1. Air Terjun Sipiso Piso, Sumatera Utara

Sumber: superlive.id

Wisata air terjun terindah pertama bernama air terjun Sipiso Piso terletak di di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Karo. Wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan bahkan dari luar daerah. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 120 meter. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun ini dari bawah ataupun dari atas air terjun dengan jalur yang telah disediakan.

2. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara

Sumber: asset.kompas.com

Sesuai namanya, air terjun Dua Warna ini memiliki daya tarik pada warna air dengan dua gradasi warna yakni biru muda dan putih kelabu. Perbedaan warna ini juga memengaruhi perbedaan pada suhu masing-masing warna air. Air terjun yang berwarna biru muda dengan suhu air dingin, sedangkan air putih kelabu memiliki suhu hangat. Fenomena ini terjadi karena airnya mengandung fosfor dan belerang. Selain akses jalan yang cukup sulit, ada baiknya kamu datang pada pagi hari sebelum cuaca terlalu panas agar bisa menikmati keunikan air terjun ini.

3. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Sumber: api2.kemenparekraf.go.id

Air Terjun Madakaripura merupakan wisata air terjun tertinggi yang berada di Pulau Jawa. Wisata ini terletak di kawasan Taman Nasional Bromo dengan ketinggian tebing sekitar 200 meter. Untuk menikmati keindahan air terjun ini kamu perlu melewati jalan setapak yang terjal dan licin. Namun, tantangan tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun ini yang mengalir dari beberapa tebing di sekelilingnya dengan tumbuhan hijau yang menawan.

4. Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

Sumber: asset.kompas.com

Air Terjun Tumpak Sewu atau yang juga disebut Coban Sewu ini berada di perbatasan Malang dan Lumajang. Keunikan dari air terjun ini yaitu ada pada mata air yang jumlahnya banyak. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 180 meter dengan aliran air yang berasal dari mata air Gunung Semeru. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Bromo sebagai latar belakang dari air terjun ini yang menambah keindahannya.

5. Air Terjun Sekumpul, Bali

Sumber: awsimages.detik.net.id

Air terjun Sekumpul terletak di Desa Sekumpul, Buleleng, merupakan salah satu wisata air terjun yang cukup populer. Air terjun ini memiliki sekitar tujuh aliran air terjun yang bisa kamu nikmati dari kejauhan. Meskipun berdekatan, ada dua air terjun utama yang bersumber dari mata air berbeda. Air terjun sebelah kiri berasal dari aliran sungai dan aliran sebelah kanan berasal dari sumber mata alami. Untuk mencapai wisata ini membutuhkan usaha ekstra karena berada di lingkungan yang masih asri dan alami.

6. Air Terjun Penimbungan, Lombok

Sumber: datulomboktour.com

Wisata air terjun selanjutnya yaitu Air Terjun Penimbungan yang terletak di jalur pendakian Gunung Rinjani via Torean. Air terjun ini menjadi daya tarik bagi para pendaki Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan diapit oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Debit airnya mengalir deras dengan warna biru toska yang bersumber dari Danau Segara Anak sehingga membuat air terjun ini semakin mempesona.

Tips Sehat saat Wisata Air Terjun

Saat kamu berencana untuk mengunjungi wisata air terjun, pastikan bahwa badan kamu dalam kondisi yang sehat. Seperti yang dibahas di atas, beberapa air terjun memiliki akses yang sulit sehingga mengharuskan kamu untuk melakukan pendakian. Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips sehat berikut saat menjelajahi wisata air terjun.

1. Gunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman & Aman

Semakin terpencil wisata alam, biasanya akses yang dituju akan semakin sulit. Sehingga kamu harus memastikan keamanan dan kenyamanan tubuh sebelum mendaki. Ketahui terlebih dahulu jenis jalur atau akses yang akan dituju sehingga kamu bisa menyesuaikan jenis pakaian dan alas kaki yang optimal. 

2. Bawa Botol Air Minum Pribadi

Jangan lupa untuk membawa botol air minum pribadi agar kamu bisa minum saat beristirahat di tengah perjalanan. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi atau gejalanya. Selain tidak mengoptimalkan momen dekat dengan alam, dehidrasi juga bisa membahayakan keselamatan diri.

3. Bawa Obat Pribadi

Obat pribadi sangat penting karena kamu akan melakukan kegiatan fisik yang memakan banyak energi. Selain berperan sebagai pencegah sakit, obat-obatan pribadi juga digunakan sebagai pertolongan pertama jika sakit menyerang. Bahkan sangat disarankan untuk minum suplemen penambah energi agar tubuh mendapatkan nutrisi lengkap.

Enervon-C Tablet bisa kamu pilih sebagai produk makanan tambahan karena kandungannya yang lengkap. Selain vitamin C, suplemen ini mengandung vitamin B kompleks, niacinamide, serta mineral lainnya yang membantu memenuhi nutrisi harian. Dengan terpenuhinya hak tubuh, sistem imun dan metabolisme tubuh juga akan bekerja lebih optimal. Akses terhadap semua produk Enervon semakin praktis melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - pexels.com