Memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu duduk dan menghabiskan banyak waktu di ruang kerja memiliki satu tantangan besar, yaitu mengantuk. Kondisi datangnya kantuk bisa datang karena banyak penyebab. Mulai dari kurangnya waktu istirahat hingga kesalahan mengonsumsi makanan dan minuman. Sayangnya, kantuk bisa datang saat jam kerja dan mengganggu produktivitas kerja. Lalu apakah minum kopi adalah satu-satunya cara menghilangkan ngantuk saat kerja? Adakah cara yang lebih sehat dan aman bagi tubuh secara jangka panjang? Ikuti tips ampuh cara mengatasi kantuk dalam jangka pendek dan jangka panjang di bawah ini.

Penyebab Ngantuk saat Kerja

Meski bukan menjadi masalah besar, namun intensitas ngantuk yang tinggi atau cukup sering bisa menjadi gejala gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Dengan jam kerja 9 pagi hingga 5 sore, rasa kantuk bisa datang karena banyak penyebab. Secara garis besar hal ini disebabkan oleh menurunnya kualitas tidur. Mulai dari kebiasaan tidur yang buruk, jam tidur tidak teratur, insomnia, hingga kamar tidur yang tidak kondusif. Beberapa pekerja bahkan mengalaminya akibat gangguan kesehatan fisik tertentu.

Berikutnya akan dibahas bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat kerja dari dua kategori. Pertama dengan langkah cepat mengatasi ngantuk dan yang kedua adalah tips gaya hidup yang perlu diterapkan agar kondisi ini tidak sering muncul.

Cara Menghilangkan Ngantuk saat Kerja secara Cepat

1. Istirahatkan Mata

Terlalu lama menatap layar monitor juga bisa memicu kantuk untuk datang. Jadi kamu perlu mengistirahatkannya dengan melihat pemandangan hijau selama beberapa menit. Jika masih sangat mengantuk, cobalah untuk tidur siang sejenak selama 10-15 menit. Tidur singkat ini akan membuat tubuh mengembalikan energi dan kesadaran.

2. Peregangan Tubuh dan Latihan Ringan

Berdiri, jalan kaki, hingga cuci muka juga bisa membantu kamu tetap terjaga selama jam kerja. Kombinasikan dengan latihan ringan seperti peregangan dan pernapasan. Dengan gerakan tubuh, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan melepaskan adrenalin untuk kembali fokus.

3. Minum dan Makan Camilan

Minum kopi atau jenis minuman lain yang mengandung kafein memang bisa membuat kamu terjaga. Tapi efek dari kafein hanya bisa dirasakan 1-2 jam setelah mengonsumsi dan setelah itu tubuh justru akan lebih terasa lesu dan lemah. Itulah kenapa konsumsi kafein perlu dibatasi maksimal 1-2 cangkir setiap hari. Pilih minuman dan makanan yang sehat serta menghindari gula berlebih. Termasuk memilih menu makan siang yang ringan agar tidak terlalu kenyang dan mengundang kantuk. Perhatikan juga hidrasi tubuh yang baik dan cukup agar membantu kamu tetap konsentrasi bekerja.

4. Buat Ruangan Lebih Cerah

Untuk mendukung ritme sirkadian, buat ruangan kerja kamu lebih terang. Hal ini akan memberikan tubuh sinyal bahwa saat itu bukan waktunya untuk tidur. Jika membuka tirai jendela masih kurang terang, bantu dengan menyalakan lampu ruangan atau lampu kerja.

5. Coba Ganti Tugas di Depanmu

Ngantuk juga bisa datang karena bosan atau fokus yang sering kabur. Salah satu penyebabnya karena jenis tugas yang sedang dikerjakan terlalu monoton, misal melihat tabel berlembar-lembar. Cobalah untuk mengganti tugas yang baru agar kembali fokus.

Tips Menghilangkan Ngantuk dari Kebiasaan Sehat

1. Rutinkan Jadwal Tidur yang Sehat

Jika ngantuk saat kerja menjadi kerap datang atau susah dihilangkan, maka evaluasi kembali siklus tidur kamu. Tidur berkualitas dengan waktu yang cukup akan membuat tubuh lebih segar dan bebas kantuk. Pastikan kamu memiliki jam tidur 7-8 jam setiap malam dan pertahankan rutinitas tersebut.

2. Jam Bangun yang Konsisten

Berkaitan erat dengan jam tidur, perhatikan juga konsistensi jam bangun kamu. Jam bangun yang rutin akan membantu meningkatkan kualitas tidur pada malam berikutnya. Bahkan ketika akhir pekan sekalipun, usahakan untuk tidak mengulur jam bangun terlalu jauh. Dijamin ritme sirkadian tubuh akan terbentuk secara natural.

3. Kondisikan Kamar Tidur

Guna mendukung tidur yang berkualitas, kondisikan kamar tidur dan sekitarnya selalu memberikan rasa nyaman dan tenang. Beberapa kebiasaan yang dimaksud di antaranya adalah berhenti makan beberapa jam sebelum tidur, menjauhkan gawai maksimal 1 jam sebelum tidur, mematikan lampu utama, mengenakan penutup mata, serta mengoleskan minyak aromaterapi pada bantal.

4. Atur Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

Memiliki gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga juga akan meningkatkan kebugaran tubuh. Dampaknya tentu saja akan meningkatkan konsentrasi dan stamina, termasuk menjauhkan kantuk. Perhatikan juga pola makan sehat dan teratur agar tubuh sehat secara menyeluruh.

Dukung Aktivitas Tubuh Melalui Konsumsi Suplemen

Menyambung dari tips di atas, mengonsumsi suplemen menjadi salah satu solusi pendukung dalam membiasakan pola hidup sehat. Terutama jika kamu merupakan pekerja dengan aktivitas yang padat hampir setiap hari. Suplemen yang berisi multivitamin dan mineral penting akan memastikan tubuh mendapat haknya. Sehingga tubuh akan lebih mudah mengelola dan mengalokasikan energi secara maksimal.

Enervon Active hadir sebagai suplemen yang diformulasikan untuk para pekerja dengan kandungannya yang lengkap. Mulai dari vitamin C, B kompleks, zinc, hingga mineral ca pantotenat. Hanya dengan minum satu tablet per hari, kamu telah mendukung stamina tubuh agar terhindar dari kantuk. Bahan non-acidic yang digunakan dalam produk ini menjadikannya aman dikonsumsi setiap hari. Untuk akses yang lebih mudah, Enervon Active bisa didapatkan melalui Tokopedia dan Shopee resmi.

Referensi:

  • https://www.healthline.com/health/daytime-sleepiness/tips-for-work
  • https://hellodoctor.com.ph/healthy-sleep/how-to-get-rid-of-sleepiness-instantly/