Salah satu hal yang banyak dinanti saat bulan Ramadan adalah berbuka puasa bersama. Lebih populer disebut dengan bukber, banyak orang menghabiskan sore dengan keluarga, teman, hingga pasangan. Nikmatnya berbuka puasa menjadi lebih berkesan ketika makan bersama dengan orang terkasih. Kamu tentu setuju jika berbuka akan jauh lebih bermanfaat ketika kamu mampu menyantap makanan yang sehat, bukan? Jika kamu sedang ada di Jakarta, terdapat banyak sekali tempat bukber yang menawarkan menu makan enak dan unik. Namun manakah yang mampu memberikan menu makan enak dan sehat? Intip daftar tempat bukber di Jakarta dengan menu yang enak sekaligus sehat di bawah ini.

Sebelum masuk dalam daftarnya, berbuka dengan makanan sehat tidak hanya sekedar mengenyangkan. Dengan asupan nutrisi yang lengkap, kamu telah mendukung pemenuhan kebutuhan tubuh untuk berfungsi prima. Setelah seharian tubuh tidak mendapat makanan, normal jika setiap orang berpikir ingin memanjakannya dengan menu apa pun yang diinginkan. Meski sama-sama kenyang, efek dari makanan yang kurang sehat akan berlangsung dalam jangka panjang. Itulah kenapa penting sekali memilih tempat bukber yang bisa menjamin kualitas menu makanannya. Mari masuk dalam daftar rekomendasinya, khususnya di Jakarta.

Sumber: Bumbu Desa - nakanari.com

Tempat Bukber di Jakarta yang Enak dan Sehat

1. Bebek Tepi Sawah

Tempat bukber pertama yang direkomendasikan adalah Bebek Tepi Sawah, restoran keluarga yang menyajikan beragam menu masakan khas nusantara. Selain berbagai macam olahan bebek dan rangkaian sambal yang menggugah selera, kamu juga bisa menikmati sajian dari ayam dan iga sapi. Bebek sendiri merupakan salah satu protein hewani yang tinggi akan kalium, fosfor, serta vitamin dan mineral lain. Tersebar di 8 cabang membuat restoran ini mudah diakses jika kamu berada di Jakarta.

2. Bumbu Desa

Jika kamu ingin menu nusantara yang jauh lebih banyak varian olahannya, maka restoran Bumbu Desa adalah rekomendasi bukber enak dan sehat berikutnya. Untuk lauknya, kamu bisa memilih banyak sekali varian berbahan dasar ayam, sapi, seafood, hingga lauk nabati yang tak kalah nikmat. Kemudian untuk sayurnya, kamu bisa memilih puluhan olahan sayuran yang tersedia. Menarik, bukan?

3. Fitco Eats

Berikutnya ada Fitco Eats, restoran yang juga terkenal sebagai katering harian untuk pelanggan yang ingin mengubah pola makan lebih sehat dan menurunkan berat badan. Selain menu khas Indonesia yang beragam, tempat bukber di Jakarta ini juga menawarkan menu fusi (fusion) yang menarik dicicipi. Bahkan kamu juga bisa memilih menu berbahan dasar shirataki lho.

4. Nasi Loca

Untuk kamu yang lebih suka menu makan simpel namun bergizi lengkap, Nasi Loca menawarkan rice bowl dengan lauk yang sangat bervariasi. Protein hewani yang ditawarkan ada telur, ayam, salmon, tuna, hingga daging sapi. Selain menggunakan nasi shirataki, sayur yang dihidangkan bersama juga diolah sebagai selada (salad). Sehati sekali, bukan? Terdapat kurang lebih 7 cabang di Jakarta jadi pastikan kamu mencicipinya.

5. Supergrain

Restoran enak dan sehat untuk bukber di Jakarta selanjutnya adalah Supergrain. Salah satu keunggulan dari tempat makan ini adalah menu yang isiannya sesuai keinginan pelanggan. Terdapat belasan jenis sayur dan lauk yang bisa kamu pilih untuk mengisi mangkuk nasi. Saus yang beragam juga akan mendampingi santap berbuka kamu di sini.

6. Al Jazeerah Signature Restaurant

Apabila kamu dan keluarga ingin berbuka puasa dengan menu khas Timur Tengah, maka Al Jazeerah Signature Restaurant adalah solusinya. Selain tempat makan yang luas dan nyaman, menu yang tersedia juga sangat menarik. Dari makanan pembuka, selada, sup, gorengan, hingga olahan roti lapis dan kari siap menemani waktu berbuka kamu. Puluhan menu makan dengan rempah yang beragam dijamin akan memanjakan lidah dan meningkatkan perlindungan tubuh dari radikal bebas.

7. SaladStop!

Rekomendasi terakhir dalam daftar ini adalah SaladStop!, restoran selada dengan 60 toppings yang bisa dipilih. Selain bahan utama yang segar dan sehat, terdapat 20 jenis saus atau salad dressing natural dan buatan rumah yang sayang jika tak dicoba. Asupan sayuran segar selama puasa akan sangat terbantu dengan memilih salah satu menu di restoran ini.

Sumber: SaladStop! - imgsrv2.voi.id

Tips Tambahan Makanan yang Juga Direkomendasikan

Setelah mengonsumsi makanan sehat saat bukber, apakah tubuh telah mendapat nutrisi yang cukup jika kamu sudah kenyang? Besar kemungkinan jawabannya iya, namun bukan tidak mungkin bila tubuh masih belum mendapat nutrisi dengan lengkap. Bila diperlukan, mengonsumsi suplemen adalah salah satu cara membantu memastikan tubuh mendapatkan asupan secara menyeluruh. Dengan jumlah makanan dan waktu makan yang terbatas, minum multivitamin menjadi langkah yang bijak agar tetap prima selama puasa pada hari berikutnya.

Enervon-C Tablet hadir sebagai suplemen bagi semua usia yang banyak direkomendasikan. Tidak hanya vitamin C, kamu juga akan mendapat asupan vitamin B1, B2, B6, B12, hingga mineral penting seperti ca pantotenat dan niacinamide. Hanya dengan minum satu tablet saat sahur, kamu telah mendapat banyak manfaat penunjang kesehatan tubuh. Miliki stok Enervon-C Tablet dengan mengaksesnya melalui toko resmi Tokopedia dan Shopee. Raih keberhasilan bulan ramadan dengan tubuh yang sehat bersama Enervon.

Featured Image - pexels.com