Kamu pasti sempat memikirkan masa depan mau jadi apa, dan seringkali kamu jadi merasa galau. Nah, agar kamu tidak bingung, berikut ini merupakan 5 bidang pekerjaan yang akan tumbuh pesat di seluruh dunia selama beberapa tahun kedepan. Jadi, kamu bisa mempersiapkan diri sedini mungkin.

Berikut ini diantarnya:

1. Teknologi Informasi

Credit: psikoma.com

Bidang teknologi informasi tentu menjadi salah satu bidang pekerjaan yang akan sangat berkembang pesat, dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang di dunia.

Software developer, web developer, computer system analyst, dan berbagai keterampilan dalam bidang IT lainnya akan dibutuhkan untuk menopang perkembangan zaman yang semakin bergantung pada teknologi.

2. Data dan Statistik

Credit: biznetgio.com

Data yang ada di dunia akan semakin berkembang dan kompleks. Hal ini dikarenakan adanya dinamika populasi dan industri yang bergerak sangat cepat, sehingga menghasilkan jutaan data yang bisa diolah.

Dengan adanya kemajuan teknologi, semua data ini bisa diakses dan digunakan untuk kepentingan yang lebih bermanfaat, baik untuk kepentingan negara atau swasta. Profesi seperti data scientist yang mempelajari Big Data akan semakin membutuhkan banyak orang untuk menangani hal ini.

3. Kesehatan

Credit: cbsnews.com

Kesejahteraan penduduk akan semakin diperhatikan, dengan kesehatan menjadi salah satu bagian terpentingnya. Generasi- generasi sebelumnya akan semakin menua dan membutuhkan layanan kesehatan yang berkualitas untuk menjaga kelangsungan hidup serta produktivitas.

Oleh karena itu, bidang pekerjaan kesehatan akan semakin dibutuhkan di dunia. Hal ini sudah mulai terlihat, seperti profesi perawat yang identik dengan wanita, sekarang sudah mulai banyak dilakukan oleh laki- laki.

4. Sales and Marketing

Credit: www.cleverism.com

Berbagai ide akan terus berkembang, semakin banyak perusahaan yang berdiri, dan hal ini akan menyebabkan kompetisi yang semakin tinggi di berbagai sector industri. Perusahaan pun akan mencari berbagai cara agar bisa semakin dikenal, dan salah satunya dengan menggunakan strategi marketing.

Dunia marketing akan semakin berkembang dengan semakin banyaknya platform baru yang digunakan sebagai media pemasaran perusahaan. Pergeseran strategi marketing yang menjadi lebih edukatif melalui konten pun menuntut SDM yang ahli dalam hal ini.  Jadi, sudah jelas tenaga sales dan marketing yang handal akan semakin dibutuhkan dalam menghadapi kompetisi antar perusahaan.

5. Energi

Credit: bloombergquint.com

Isu energi sudah menjadi isu yang berada di permukaan selama bertahun- tahun. Semakin lama, sumber energi untuk kehidupan manusia semakin menipis. Kemajuan teknologi membantu mengatasi hal ini, dengan menemukan berbagai energi alternative, yang tentunya membutuhkan pengembangan agar semakin efisien.

Jadi, orang- orang yang memiliki keahlian ini akan semakin dibutuhkan sampai beberapa tahun mendatang.

 

Nah, jadi mana nih pekerjaan yang jadi pilihan kamu? dan jangan lupa untuk selalu mempersiapkannya dari sekarang. Selalu semangat ya dalam mengejar cita- citamu!

 

 

 

Featured Image - karirpad.com