Kualitas udara di rumah menjadi faktor penting dalam menciptakan rumah sehat. Selain itu, hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pernapasanmu. Apalagi, jika kamu sangat sensitive dengan udara kotor atau memiliki masalah pernapasan.

Untuk itu, kamu wajib memperhatikan kebersihan udara di rumah. Ikuti kiat- kiat berikut ini agar udara dirumah jadi lebih sehat dan bersahabat untuk tubuhmu.

1. Pasang ventilasi di ruangan yang tepat dan buka jendela

Credit: hellosehat.com

Ventilasi dibuat untuk mengurangi kelembapan udara di dalam rumah. Pasanglah ventilasi di tempat- tempat tertentu seperti kamar, kamar mandi, dan dapur. Adanya ventilasi memungkinkan uap keluar dari kamar mandi sehingga mencegah pertumbuhan jamur.

Selain itu, ventilasi juga memungkinkan terjadinya pertukaran udara dan mengurangi tingkat nitrogen dioksida yang dihasilkan dari kompor gas.

2. Pelihara tanaman hias

Credit: modnmore.tumblr.com

Selain mempercantik rumahmu, tanaman hias juga membuat udara di dalam rumah jadi lebih bersih. Ini bisa jadi alternative jika rumahmu tidak cukup banyak ventilasi atau ingin lebih hemat dengan tidak memakai humidifier.

Ada beberapa tanaman pembersih udara yang bisa kamu taruh di sudut ruangan, rak, atau menggantung di dekat jendela. Misalnya, tanaman palem, bunga lili, spider plan, lidah buaya, atau pakis. Tanaman- tanaman ini dapat mengurangi kadar karbon dioksida sehingga oksiden jadi lebih banyak.

3. Rutin membersihkan rumah

Credit: kink.fm

Meski sibuk, kamu harus tetap meluangkan waktu untuk membersihkan rumah di hari libur. Mulai dari menyapu, mengepel, menjemur bantal guling, sampai mencuci selimut dan kain gorden. Selain itu, bersihkan penyaring udara pada AC setidaknya 3 bulan sekali.

Pilih produk pembersih rumah yang bebas dari bahan kimia keras yang dapat memicu asma atau alergi. Sebagai alternative, kamu bisa menggunakan bahan pembersih rumah tangga dari bahan alami seperti garam atau baking soda.

5. Pastikan rumahmu bebas dari sampah

Credit: www.wm.com

Sisa makanan, tisu toilet, dan bungkus makanan yang menumpuk di tempat sampah harus rajin kamu buang. Jangan sampai sampah- sampah tersebut tersimpan lama, karena hal ini dapat menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu kelegaan napasmu.

Bau busuk dan kotoran bisa mengundang kecoa. Tidak hanya kotorannya, kecoa yang telah mati bisa terurai bisa mengotori udara dan memicu alergi. Selain itu, selalu periksa makanan yang sudah lama disimpan di kulkas untuk segera dimakan atau dibuang.

 

 

 

Featured Image - pinterest.co.uk