Saat ini banyak perguruan tinggi atau perusahaan pencari kerja yang rajin mengadakan job fair atau bursa kerja. Meski selalu ramai diserbu pencari kerja, tapi tetap tidak menutup kemungkinan kamu untuk memperoleh pekerjaan yang layak.

Dan ternyata, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika mencari pekerjaan di bursa kerja, lho. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

1. Hemat

Credit: idnews.co.id

Sebuah bursa kerja biasanya diikuti oleh puluhan atau ratusan perusahaan. Ini artinya, kamu bisa melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan dan posisi hanya di satu tempat. Hal ini tentu membuat kamu jadi lebih efisien energi dan waktu, karena tidak perlu berpindah dari satu Gedung ke Gedung lainnya.

Dan, melalui sistem online pada bursa kerja, kamu juga hanya perlu menyampaikan CV lewat flash disk. Hemat kan?

2. Kesempatan yang lebar

Credit: 2tmstudios.com

Banyaknya perusahaan yang berpartisipasi memberikan pilihan lebih besar untuk kamu. Ditambah lagi, jika satu perusahaan ternyata membuka beberapa lowongan kerja. Kamu pun bisa melamar pekerjaan di perusahaan yang tidak terpikirkan sebelum melihatnya di bursa kerja. Atau posisi dan bidang lain, jika kamu sedang mempertimbangkan arah karier yang baru.

3. Wawancara langsung

Credit: moneycrashers.com

Di bursa kerja, ada perusahaan yang langsung mewawancarai pelamarnya saat bursa kerja sedang berlangsung. Dengan begitu, ini mempersingkat langkahmu untuk bekerja. Tidak perlu lagi cemas menunggu panggilan kerja. kamu pun langsung tahu kondisi perusahaan tersebut lewat si pewawancara.

4. Mencari yang tersembunyi

Credit: qerja.com

Tidak hanya melamar langsung, kamu juga bisa bertanya- tanya mengenai posisi lain dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Setelah itu, ceritakan kondisimu, ajukan diri, dan tanyakan bagaimana peluangmu untuk diterima bekerja. Siapa tahu kamu beruntung dan bisa mewujudkan pekerjaan impianmu diperusahaan yang kamu inginkan.

5. Update networking

Credit: glints.com

Selain memiliki banyak peluang, bursa kerja juga bisa jadi ajang untuk memperluas relasi, lho. Kamu bisa berkenalan dengan sesama pengunjung, atau dengan perusahaan- perusahaan yang berpartisipasi dalam bursa kerja.

Selain itu, hal ini juga sekaligus meng-update perkembangan terbaru bidang karier kamu. kamu bisa lihat sejauh mana persaingan kerja dan usaha akhir- akhir ini. Jadi, meskipun kamu belum bisa mendapat pekerjaan pada saat bursa kerja berlangsung, kamu sudah memiliki modal lain untuk kedepannya.

 

 

 

Featured Image - rimma.co