Coba Menu Masakan 4 Sehat 5 Sempurna Praktis Berikut Ini

Coba Menu Masakan 4 Sehat 5 Sempurna Praktis Berikut Ini

TAGS : Kesehatan
font size A Ǎ

Makan makanan yang bergizi tentu sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Selain memenuhi nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan, mengonsumsi makanan bergizi juga termasuk dalam pola hidup sehat.

Makanan sehat terdiri dari menu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Tetapi, menu makanan sehat juga harus didukung dengan minuman sehat dan bernutrisi tinggi agar bisa disebut 4 sehat 5 sempurna.

Untuk kamu yang bingung menu makanan 4 sehat 5 sempurna apa yang bisa kamu terapkan. Berikut ini menu yang bisa kamu sajikan hari ini.

1. Nasi liwet

Coba Menu Masakan 4 Sehat 5 Sempurna Praktis Berikut Ini

Credit: id.tastemade.com

Menu wajib yang ada dalam menu makan orang Indonesia adalah nasi. Makan tanpa nasi seringkali disebut bukan makan, karena perut tidak terasa kenyang kalau belum menyentuh nasi.

Menu nasi yang dapat memenuhi asupan karbohidrat salah satunya adalah nasi liwet. Kamu bisa memasak nasi liwet dengan kompor atau magic jar. Atau kamu juga bisa memasaknya dengan cara tradisional.

2. Sayur bening

Coba Menu Masakan 4 Sehat 5 Sempurna Praktis Berikut Ini

Credit: travel.tribunnews.com

Menu sehat berikutnya adalah sayur bening. Selain dimasak tanpa menggunakan minyak, sayur bening juga mengandung bahan dan sayuran yang kaya serat, zat besi, dan mineral.

Kamu bisa menggunakan sayur seperti bayam, labu siam, daun melinjo, dan jagung muda. Menu ini sangat menggugah selera, apalagi ditambah dengan nasi liwet yang masih hangat.

3. Tempe goreng dan sambal terasi

Coba Menu Masakan 4 Sehat 5 Sempurna Praktis Berikut Ini

Credit: cookpad.com

Jika sudah ada menu nasi liwet sebagai karbohidrat dan sayur bening yang kaya akan serat dan mineral, menu selanjutnya harus mengandug lemak baik dan protein. Menu sederhana yang mengandung protein nabati bisa didapat dari tempe dan tahu. Kamu bisa menyajikannya dengan cara digoreng, tetapi jika ingin lebih sehat kamu bisa gunakan minyak zaitun.

Jika kamu menginginkan menu sehat tapi sederhana, kamu bisa menyajikan menu ini. Tinggal tambahkan sambal terasi agar menumu terasa semakin nikmat.

4. Salad buah

Coba Menu Masakan 4 Sehat 5 Sempurna Praktis Berikut Ini

Credit: bbcgoodfood.com

Menu makanan 4 sehat 5 sempurna juga harus mengandung vitamin dan mineral yang cukup. Kedua nutrisi ini bisa didapat melalui menu salad buah. Salad buah terdiri dari berbagai macam buah- buahan seperti strawberry, melon, nanas, anggur, semangka, kiwi, dan mangga. Atau kamu bisa menggunakan buah- buahan yang lebih mudah didapatkan di sekitarmu.

Kupas dan potong kecil- kecil lalu aduk semua buah- buahan tadi di dalam wadah. Kemudian, tambahkan madu atau yogurt agar rasanya lebih segar dan nikmat.

5. Milkshake

Coba Menu Masakan 4 Sehat 5 Sempurna Praktis Berikut Ini

Credit: edsurge.com

Menu makanan diatas sudah masuk dalam 4 sehat 5 sempurna yang sederhana dan praktis. Tetapi, akan lebih baik lagi jika kamu menambahkan susu sebagai pelengkapnya. Tetapi, minum susu bisa jadi membosankan jika hanya disajikan begitu saja.

Nah, sebagai gantinya kamu bisa membuat susu kocok atau milkshake. Kamu hanya tinggal membeli susu cair, tambahkan es batu, gula atau madu, buah sesuai selera dan bisa tambahkan yogurt jika kamu mau. Kemudian, kocok sampai tercampur rata.

 

Itu dia daftar menu makanan 4 sehat 5 sempurna sederhana yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa memasak menu ini, terutama jika kamu lagi bingung dan tidak ada ide akan memasak apa hari ini.

Dan untuk melengkapi menu makan 4 sehat 5 sempurna, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu biar ngga gampang sakit.

Atau Enervon Active yang mengandung non acidic Vitamin C sehingga aman bagi lambung dan Zinc yang membantumu tetap aktif dan ngga gampang lelah. 

 

 

 

Featured Image - goodhousekeeping.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!