Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah tidak asing lagi. Hampir semua masakan menggunakan bawang putih untuk membuatnya terasa lebih sedap. Ternyata bawang putih bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan. Bawang putih juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan Anda.

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengatasi rambut rontok

Bawang putih bisa sangat efektif mengatasi rambut rontok yang Anda alami. Hal tersebut lantaran bawang putih mengandung senyawa sulfur allicin. Gosok irisan bawang putih ke kulit kepala Anda, tunggu beberapa saat lalu keramas dan bilas hingga bersih. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan irisan bawang putih dengan minyak zaitun, lalu pijatkan ke kulit kepala.

2. Mengatasi pilek

Di awal musim hujan seperti saat ini, mungkin Anda akan mudah terserang pilek. Menggunakan bawang putih dalam masakan sehari-hari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan membantu untuk meredakan pilek.

3. Menghilangkan bau kaki

Bawang putih memiliki kandungan antijamur, yang dapat menghilangkan bau kaki dan rasa gatal pada kaki Anda. Rendamlah kaki Anda dalam air hangat yang sudah ditambahkan irisan bawang putih.

4. Mengatasi jerawat

Bawang putih bisa menjadi pengobatan alami dalam mengatasi jerawat. Kandungan antioksidannya dapat membunuh bakteri. Gosokkan potongan bawang putih ke jerawat untuk hasil yang efektif.

5. Menghilangkan ruam

Bawang putih juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan antiperadangannya dapat mengatasi ruam atau kulit pecah-pecah. Oleskan minyak yang telah dicampur bawang putih untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan bebas ruam.