Di awal tahun, Indonesia biasanya diguyur hujan yang terus menerus datang dari pagi hingga malam. Cuaca dingin karena hujan dapat dengan mudah menyebabkan berbagai macam penyakit.

Pergantian musim kemaran ke musim hujan ini biasanya membuat tubuh jadi lebih rentan terhadap gangguan kesehatan, hal ini dikarenakan tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya.

Tapi, jangan sampai hal ini menghambat produktivitas kamu, ya. Coba deh ikuti tips mudah berikut ini yang dapat membuatmu tetap sehat selama musim hujan.

1. Minum vitamin C

Credit: babycenter.com

Vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih, yang dapat meliindungi tubuhmu dari risiko infeksi atau berbagai penyakit. Selain itu, antioksidan dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan untuk mencegah kamu jadi mudah stress dan kelelahan.

Cukupi kebutuhan vitamin C mu dari sayur dan buah- buahan segar, serta multivitamin yang mengandung vitamin C dan B kompleks, seperti dari -C yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu, terutama di musim hujan seperti sekarang ini.

2. Mandi setelah terkena hujan

Credit: yahoo.com

Agar kamu tetap sehat selama musim hujan, sebaiknya segera mandi setelah terkena hujan. Hujan sendiri memang tidak otomatis membuatmu sakit, tetapi airnya mungkin mengandung partikel- partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh angin. Selain itu, cipratan dari genangan air kotor di musim hujan juga dapat mendaratkan bakteri atau virus ke kulitmu.

Terlebih lagi, daya tahan tubuh selama musim hujan cenderung lebih lemah dari biasanya, sehingga kamu lebih mudah jatuh sakit.

3. Hindari jajan sembarangan

Credit: serempak.id

Sebaiknya hindari jajan sembarangan di pinggir jalan untuk sementara waktu. Karena, tidak ada yang bisa menjamin kebersihan makanan yang dijual di pinggir jalan. Apalagi, musim hujan dimana- mana serba becek dan kotor.

Jajanan pinggir jalan seringkali jadi penyebab utama seseorang jadi mudah sakit saat musim hujan. Mulai dari keracunan makanan, diare, tipes, dan penyakit lainnya.

4. Jaga pola makan sehat

Credit: hellosehat.com

Daripada jajan sembarangan, sebaiknya terapkan pola makan sehat dan teratur, terutama selama musim hujan. Hal ini dapat membantu menguatkan sistem imun tubuhmu.

Variasikan menu makan harianmu agar mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat. Dan ingat, hindari makan berlebihan yang dapat membuat berat badan bertambah, sehingga berisiko terkena masalah kesehatan lainnya.

5. Kelola stres

Credit: hellosehat.com

Tidak jarang selama musim hujan dapat membuat kamu lebih mudah stres. Mulai dari memikirkan cucian yang susah kering, hingga sering terlambat ke kantor karena macet, atau jalan daerah rumahmu yang tergenang banjir.

Nah, kamu harus pintar- pintar dalam mengendalikan stres. Misalnya, dengan berlatih yoga di akhir pekan, mendengarkan musik yang menenangkan, dan tidur cukup setiap malam agar kamu tidak mudah stres.

 

Itulah kelima tips yang bisa kamu terapkan agar tetap sehat selama musim hujan. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin C dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks yang membantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Atau kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung vitamin C dan zinc untuk membuatmu tidak mudah lelah dan tetap aktif seharian.

 

Featured Image - healthopidia.com