Bagi sebagian orang mungkin belum pernah mencicipi buah plum. Hal ini wajar, karena buah plum tergolong buah impor dan keberadaannya pun masih langka di negara kita.

Buah plum mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, zat besi untuk mencegah anemia, serta sorbitol dan isatin yang dapat mengatasi masalah sembelit.

Selain itu, buah plum juga dapat membantu mengurangi dan menjaga berat badan, lho. Jadi cocok untuk kamu yang sedang diet. Tetapi, buah plum yang kaya akan vitamin C ini masih memiliki manfaat lainnya, apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Sebagai antioksidan

Credit: otcdigest.id

Buah plum memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Karena kandungan vitamin C dan fitonutrien, seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat.

Zat- zat inilah yang mampu menjadikan plum sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel- sel tubuh akibat radikal bebas, termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superdioksia.

2. Membantu mengatasi obesitas

Credit: innovatemedtec.com

Jika kamu memiliki berat badan berlebih, coba tambahkan buah plum ke dalam menu dietmu. Karena buah plum mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel- sel tubuh, termasuk sel- sel lemak.

Bahkan, buah plum mampu menghindari penyakit komplikasi seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular karena kandungan flavonoid dan fenolik di dalamnya!

3. Baik untuk sistem pencernaan

Credit: smarthealthyliving.com

Manfaat buah plum juga dapat dirasakan untuk kamu yang memiliki masalah pada sistem pencernaan. Buah plum dapat mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit karena kandungan sorbitol dan isatin di dalamnya yang memiliki efek pencahar, sehingga dapat meningkatkan pembilasan limbah secara efisien melalui usus besar.

4. Memperkuat sistem imun tubuh

Credit: udemy.com

Kandungan vitamin C di dalam buah plum cukup tinggi, jadi tidak heran jika buah ini dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, kandungan imunostimulan dalam buah plum juga terbukti dapat mencegah sel tumor dan mencegah tubuh terkena berbagai jenis penyakit.

5. Membantu mengendalikan kadar kolesterol

Credit: timesofindia.indiatimes.com

Menurut sebuah studi, buah plum sangat berguna dalam mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil. Bahkan, dalam hal ini khasiatnya lebih baik dibandingkan dengan buah anggur merah, lho.

Kandungan serat yang ada dalam buah plum juga dapat menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah plum yang kaya akan vitamin C ini. Dengan rajin mengonsumsi buah plum dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuhmu. Selain dari buah plum, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C dari Enervon.

Kamu bisa mengonsumsi Enervon Active yang mengandung Non Acidic vitamin C yang aman di lambung dan Zinc untuk membantumu tetap aktif dan ngga gampang lelah.

 

Featured Image - honestdocs.id