Jadi yang paling muda di kantor itu sebuah dilemma. Berhadapan dengan para senior yang lebih berpengalaman kadang bikin nyali jadi ciut dan merasa kecil.

Meski begitu, kamu tidak boleh takut dan khawatir. Karena, profesionalisme itu tidak dinilai dari umur, kok. Meskipun kamu merupakan karyawan yang paling muda, sering dipandang sebelah mata, ditambah kalau kamu belum memiliki banyak pengalaman. Nah, jangan sampai hal ini mengurangi semangat kerjamu.

Tunjukkan pada mereka kalau kamu merupakan orang yang serius dan semangat dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Hindari datang terlambat

Credit: jadikaryawan.com

Kesan pertama itu penting. Sebagai anak yang paling muda, apalagi kalau kamu juga karyawan baru, kamu harus menunjukkan kesan yang baik. Karena, kamu bukan lagi mahasiswa, hindari membawa kebiasaan lama saat masih kuliah. Jika kamu dulu suka terlambat, sekarang sudah tidak bisa lagi seperti itu.

Buktikan kalau kamu memang mampu menghargai waktu. Dengan begitu, kamu sudah memberikan kesan pertama yang baik.

2. Menahan diri untuk tidak selalu mengeluh

Credit: indowebby.com

Beradaptasi di lingkungan baru memang membutuhkan waktu. Ditambah lagi perubahan suasana yang jauh berbeda dari zaman kamu kuliah dulu. Meski sulit, usahakan untuk tidak mengeluh. Kamu mungkin yang termuda, tapi buktikan kalau semangat kerjamu itu tidak mudah hilang.

Pada setiap pekerjaan yang diberikan, buktikan kamu bisa diandalkan dan bertanggung jawab. Dengan begitu, mereka bisa menilai kalau kamu tidak main- main dalam bekerja.  

3. Jangan lupa selalu sopan santun terhadap rekan kerja lainnya

Credit: jibit.com

Bersosialisasi di kantor itu penting. Kepada setiap rekan kerja, jangan lupa untuk menyapa jika ada kesempatan. Jangan sampai kamu cuek atau pura- pura tidak lihat ketika sedang berpapasan dengan senior.

Hal ini bertujuan untuk menjujung rasa hormat dan saling menghargai. Bukan karena kamu yang paling muda, tapi karena ingin menunjukkan rasa sopan santun terhadap sesama rekan kerja.

4. Tunjukkan semangat kerjamu dengan sungguh- sungguh

Credit: businessmag.al

Buktikan kalau kamu bisa bekerja dengan serius. Jadi yang paling muda di kantor, terkadang suka dianggap remeh dan dinilai tidak bisa apa- apa. Inilah realitas dunia kerja yang harus kamu pahami, jangan sampai kami menyimpan sakit hati atau marah.

Tunjukkan pada mereka kalau kamu cukup Tangguh untuk bertahan. Dan kerjakan pekerjaanmu dengan sungguh- sungguh serta penuh tanggung jawab.

5. Aktif dan mau belajar hal- hal baru

Credit: antoinetteoglethorpe.com

Sebagai anak yang paling muda, kamu jangan terlalu kaku. Coba untuk aktif dengan belajar hal- hal baru dan perlihatkan bahwa kamu antusias serta ingin cepat bisa. Dengan begitu, mereka bisa melihat semangat kerjamu yang tinggi.

Intinya, jangan malu bertanya dan jadilah dirimu sendiri. Atau ketika melakukan kesalahan jangan merasa takut atau kecil hati. Hal ini wajar terjadi, kok. Dan kamu hanya perlu untuk segera memperbaiki dan belajar dari kesalahan tersebut. Tetap semangat ya!

 

 

 

Featured Image - circlein.com