Berkembangnya zaman menjadi tantangan yang berbeda bagi orangtua dalam mendidik anak. Saat ini banyak anak balita yang sudah bisa mengoperasikan smartphone, bahkan ada yang sampai kecanduan. Setiap hari anak- anak ini semakin lancar bermain internet tanpa bisa termonitor sepenuhnya oleh orangtua.

Setidaknya ada 5 tantangan yang harus dihadapi oleh para orangtua anak milenial. Dan sebagian besar dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Apa saja tantangan tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Mudah terpapar informasi dan pengaruh dari orang asing

Credit: todaysparent.com

Informasi di zaman sekarang ini bergerak begitu cepat. Anak- anak dengan mudah dapat mengakses informasi apa saja, bahkan sampai berkomunikasi dengan orang lain melalui media sosial.

Usia anak yang masih belia membuat mereka lebih mudah terpapar pengaruh dari orang asing. Jadi ini, merupakan tantangan yang cukup besar bagi orangtua. Sebagai generasi yang bergantung pada internet dan gadget, memang sulit rasanya melarang anak untuk terlalu dekat dengan teknologi.

2. Tidak mudah mempercayai informasi yang diterima, termasuk dari orangtua

Credit: gethow.org

Banyak info yang bisa didapat si kecil dari internet, mulai dari yang positif sampai negatif. Tapi sisi baiknya, ia bisa mendapat pengetahuan baru dari hal- hal positif yang ditemukan di internet.

Namun ada sisi negative yang sulit dihindari, seperti anak jadi sulit mempercayai info yang diterma termasuk dari orangtuanya sendiri. Anak merasa bisa menemukan banyak hal di internet, namun bingung harus mempercayai yang mana.

3. Orangtua tidak mengawasi anak selama 24 jam penuh

Credit dailytelegraph.com.au

Meskipun tinggal bersama, tetapi orangtua tidak bisa mengawasi anak selama 24 jam penuh. Seringkali, orangtua kecolongan memonitor anak milenial yang semakin terbiasa menggunakan internet.

4. Orangtua sibuk

Credit: insight.study.csu.edu.au

Orangtua yang sibuk membuat fokus jadi terbagi. Kadang sulit membagi waktu antara pekerjaan dan bermain dengan anak. Hal ini membuat si kecil jadi bebas mengakses internet tanpa tahu waktu.

5. Memilih teknologi yang tepat untuk anak

Credit: thriveglobal.com

Terkadang salah satu solusi agar anak tidak rewel adalah orangtua memberinya handphone. Dengan cara ini, orangtua merasa anaknya terhibur. Padahal, sebelum memberikan anak kesempatan untuk mengakses teknologi, orangtua perlu tahu teknologi yang aman dan ramah untuk si kecil.

Saat ini banyak perangkat komunikasi yang dikhususkan untuk anak- anak. Dan ini bisa jadi solusi yang tepat untuk para anak milenial.

 

Itulah beberapa tantangan yang mungkin kamu hadapi ketika mendidik anak milenial. Coba diperhatikan kembali ya, agar perkembangan anak bisa jadi lebih optimal!

 

 

 

Featured Image - familyeducation.com