Sariawan adalah gangguan kesehatan mulut yang cukup mengganggu. Karena, saat luka sariawan terkena makanan, minuman, atau tersenggol, ini akan terasa perih. Meskipun sariawan tidak berbahaya, namun sariawan yang susah sembuh itu cukup mengganggu.

Penyebab timbulnya sariawan

Credit: hipwee.com
  • Cedera atau kerusakan pada lapisan mulut yang terjadi karena bibir atau lidah tergigit secara tidak sengaja, gigi yang terlalu tajam, pemakaian kawat gigi, atau mengunyah makanan yang keras.
  • Kondisi medis, termasuk kekurangan vitamin C, vitamin B12, kekurangan zat besi, infeksi virus seperti pilek, penyakit tangan, kaki, dan mulut.
  • Efek samping konsumsi obat atau metode pengobatan, seperti obat anti inflamasi nonsteroid, kemoterapi, dan radioterapi.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti makanan pedas.
  • Adanya perubahan hormon yang biasanya dialami wanita. Sariawan bisa saja muncul saat menstruasi atau ketika seseorang sedang merasa gelisah atau stress.

Kekurangan vitamin C menyebabkan gangguan kesehatan seperti sariawan

Credit: newsbeezer.com

Vitamin C atau asam askorbat merupakan zat yang penting bagi tubuh manusia. Nutrisi ini biasanya dapat ditemukan pada buah- buahan dan sayur- sayuran, maupun suplemen. Vitamin C ini ditambahkan sebagai pengobatan untuk sariawan dan penyakit seperti batuk pilek.

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, yang dimana zat ini sangat penting untuk mendukung kesehatan gusi. Gusi yang rusak berarti kolagen dalam keadaan tidak baik, dan hal ini terjadi karena tubuh kekurangan atau bahkan kehilangan vitamin C.

Banyaknya vitamin C yang terkandung dalam darah menjadi indicator sehat atau tidaknya seseorang. Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, karena vitamin C juga penting untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Kebiasaan penyebab sariawan sulit sembuh

Credit: kumparan.com

Selain kekurangan vitamin C, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan sariawan jadi semakin sulit untuk sembuh, seperti:

  • Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sariawan adalah kondisi akibat munculnya jamur pada mulut. Saat pertumbuhannya meningkat, terjadi infeksi di area gigi dan mulut yang kemudian dikenal sebagai istilah sariawan. Jadi, jika kamu malas membersihkan mulut, maka ini bisa menyebabkan sariawan jadi semakin susah sembuh.
  • Dehidrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka produksi air liur ikut berkurang. Padahal, air liur mengandung enzim yang dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Jadi, penuhi kebutuhan air harianmu.
  • Malas mengonsumsi buah dan sayur. Untuk mempercepat penyembuhan sariawan, wajib bagimu untuk mengonsumsi buah dan sayur. Beberapa buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat sariawan adalah jeruk, pisang, dan sayuran hijau seperti bayam atau asparagus.
  • Terlalu banyak konsumsi makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas sebenarnya bukan penyebab utama sariawan. Tapi, jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, ini bisa memberikan efek panas pada tubuh yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan dan memicu panas dalam.

Jadi, jika kamu ingin terhindar dari sariawan atau ingin sariawanmu cepat sembuh, hindari melakukan hal- hal diatas. Dan yang paling penting adalah penuhi kebutuhan vitamin C, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C dari Enervon.

Kamu bisa memilihEnervon Active yang mengandung non acidic vitamin C dan Zinc yang membantu tubuhmu biar ngga gampang lelah dan selalu aktif.

 

 

Featured Image - klikdokter.com