Setiap orangtua pasti ingin anaknya tumbuh cerdas. Selain stimulasi, kecerdasan juga perlu didukung oleh nutrisi yang tepat.

Setelah anak menginjak usia 6 bulan, kamu bisa mulai memperkenalkan bayimu makanan padat untuk memenuhi asupan nutrisi protein, zat besi, folat, dan vitamin D, agar pertumbuhan bisa maksimal.

Nutrisi yang seimbang juga dibutuhkan untuk perkembangan otak anak yang maksimal di 1000 hari pertama mereka. Berikut ini ada beberapa jenis makanan agar anak cerdas yang bisa kamu berikan!

1. Alpukat

Credit: mix941.com

Alpukat mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin B3, kalium, fosfor, besi, magnesium, dan kalsium. Alpukat merupakan salah satu jenis makanan agar anak cerdas yang bisa diberikan dari si kecil masih bayi.

Kamu bisa memberikan alpukat yang sudah direbus atau dikukus, kemudian dihaluskan sehingga bertekstur lembut dan mudah dicerna. Kamu bisa mulai memberikan alpukat pada si kecil ketika berusia 6 bulan ke atas.

2. Sayur berdaun hijau

Credit: superhealthykids.com

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli kaya akan antioksidan yang dapat membantu menjaga memori anak dengan baik. Jika kamu ingin menu baru, campurkan jus bayam dengan jus buah seperti jeruk, karena vitamin C juga dapat membantu menyerap zat besi dengan baik.

3. Pisang

Credit: kumparan.com

Pisang kaya akan vitamin A dan mengandung mineral seperti kalium, fosfor, selenium, magnesium, dan kalsium. Kamu dapat mencampurkan pisang dengan ASI. Menu ini cocok untuk usia anak 6 bulan.

4. Papaya

Credit: topmedia.co.id

Papaya mengandung vitamin C, A, E, serat, dan asam folat yang baik untuk perkembangan otak si kecil. Pepaya cocok diberikan pada anak usia 6 bulan keatas. Dan jika memungkinkan, berikan papaya matang pada anak karena rasa yang lebih manis.

5. Telur

Credit: yummy.ph

Telur adalah sumber protein yang mengandung kolin dan vitamin yang dapat membantu memaksimalkan memori anak. Jika usia si kecil sudah lebih besar, kamu bisa memberikan telur rebus, orak- arik, atau telur dadar yang dimakan bersama nasi.

Selain itu, olahan telur tersebut dapat dijadikan sebagai menu camilan si kecil. Bahkan, asli gizi merekomendasikan agar anak memenuhi asupan satu butir telur setiap harinya.

6. Ikan

Credit: jawapos.com

Ikan merupakan asupan utama makanan agar anak cerdas. Lemak ikan, seperti salmon adalah sumber omega 3 yang tinggi. Tetapi, jika si kecil tidak suka makan ikan, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan minyak ikan dalam makanan bayi.

 

Nah, itulah keenam makanan yang dapat membantu agar anak cerdas. Coba lengkapi asupan si kecil dengan jenis makanan tersebut. Dan untuk menyempurnakan pertumbuhan anak, berikan vitamin C dari Enervon-C dalam bentuk syrup setiap hari.

Enervon-C  syrup untuk anak dapat membantunya menjaga sistem daya tahan tubuh si kecil dan menjaganya dari serangan berbagai penyakit.

 

 

Featured Image - simplyrecipes.com