Sering melihat air tebu dijual di jalanan? Apakah kamu sudah tahu manfaat baik dari minuman tersebut terhadap tubuh kamu? Yaap, air tebu sendiri memang merupakan salah satu minuman alami yang memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan. Tak heran apabila orang zaman dulu, sering menggunakan tebu sebagai gantinya gula.

Tebu mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan mineral yang meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc dan kalium. Bahkan air tebu juga mengandung antioksidan yang tinggi. Banyak yang beranggapan pula kalau air tebu merupakan minuman manis alami yang dapat diproses oleh tubuh secara cepat. Gula yang diekstrak dari air tebu sendiri mengandung 15 kalori.

Air tebu juga kaya akan serat makanan dan menyediakan senyawa polifenol yang mampu membantu kesehatan tubuh kamu. Nah, ternyata masih banyak manfaat dari air tebu yang perlu untuk lo ketahui loh dan tentunya sangat aman sekali untuk kamu konsumsi setiap harinya.

Kesehatan Kulit dan Tulang

3 Manfaat Air Tebu yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kamu! Credit: /hellosehat.com

Manfaat dari air tebu pertama yang patut untuk lo ketahui ialah mampu merawat kesehatan kulit kamu loh. Karena air tebu mengandung asam glikolat yang memberikan efek antioksidan pada kulit. Kalau kamu mengonsumsi air tebu secara teratur, maka minuman ini pun bisa membersihkan radang dan infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit dan mengurangi tanda penuaan.

Selain kulit, air tebu juga bermanfaat untuk membuat tulang lo lebih kuat. Hal tersebut dikarenakan air tebu mampu meningkatkan kadar kalsium, zat besi, kalium, magnesium dan mangan dalam tubuh. Bahkan sumber mineral tersebut meruapakan komponen penting untuk memperkuat tulang kamu.

Air tebu juga mampu mencegah berkembangnya osteoporosis di tulang kamu. Mengonsumsi air tebu secara rutin juga bisa membuat tulang kamu tetap kuat seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyiapkan minuman alami ini di meja makan kamu yaa.

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Menurunkan Stress

3 Manfaat Air Tebu yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kamu! Credit: arah.com/

Manfaat lainnya dari air tebu yang patut untuk kamu ketahui ialah mampu menurunkan kadar kolesterol. Karena pernah dilakukan penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi air tebu murni dapat membantu menurunkan kolesterol, baik kolesterol LDL dan trigliserida.

Meminum air tebu sendiri juga bisa melindungi kesehatan jantung kamu dan mencegah terjadinya penyakita jantung dan pembuluh darah seiring bertambahnya usia. Selain mampu menurunkan kolesterol, meminum air tebu secara teratur juga bisa menurunkan tingkat stress.

Karena air tebu juga mengandung beberapa asam amino yang dapat menyeimbangkan kadar hormone stress. Selain itu, asam amino tersebut juga bisa membantu kamu mengatasi masalah sulit tidur. Dengan mengonsumsi air tebu secara teratur juga bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak dan membuat pikiran lebih tenang.

Menjaga Kesehatan Ginjal dan Pengganti Gula Pasir

3 Manfaat Air Tebu yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kamu! Credit: majalahkartini.co.id

Uniknya lagi, dengan kamu mengonsumsi air tebu secara teratur maka bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Hal tersebut dikarenakan manfaat air tebu sebagai detoksifikasi tubuh dan juga dapat melindungi fungsi pusat detoksifikasi tubuh.

Air tebu juga mengandung gula alami yang memiliki indeks glikemik yang rendah bila dibandingkan dengan gula olahan lainnya. Sehingga bisa dikonsumsi oleh pasien diabetes. Bagi orang yang tidak memiliki diabetes tipe 2, air tebu juga bisa menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah, bila dikonsumsi secukupnya.

**

Jadi bagaimana mengenai informasi seputar manfaat air tebu terhadap kesehatan tubuh kamu? Semoga bisa menjadi panduan kamu yaa. Utamakan selalu pola hidup yang sehat serta jangan lupa untuk mengonsumsi Enervon C setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh kamu!

Source: hellosehat.com

 

 

Featured Image: .wanita.me