Orang yang menderita kolesterol tinggi sering diimbau untuk menjaga kesehatan, salah satunya melalui pola makan yang sehat. Tetapi, kamu pernah penasaran tidak, sebenarnya apa sih yang membuat kadar kolesterol di tubuh bisa tinggi?

Sebagai informasi, kolesterol dalam darah ada dua jenis, yaitu  kolesterol LDL (low density lipoprotein) yang sering disebut kolesterol jahat, dan kolesterol HDL (high density lipoprotein) yang sering disebut kolesterol baik.

Nah, kalau kita mau menurunkan kolestol secara alami, ada dua hal penting yang perlu dilakukan:

1. Waspadai si Kolesterol Jahat

Credit: jogja.tribunnews.com

LDL atau Kolesterol Jahat memiliki tugas membawa kolesterol dari hati ke sel, sementara HDL alias Kolesterol Baik berperan membawa kolesterol dari sel ke hati. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat memicu penimbunan kolesterol di sel. Akibatnya, bisa terjadi pengerasan dinding pembuluh darah arteri dan penimbunan plak pada dinding pembuluh darah.

Kalau kadar Kolesterol Jahat dalam darah tinggi, kita lebih berisiko terhadap penyakit gangguan pembuluh darah, seperti penyakit jantung coroner dan stroke. Jadi, kalau mau sehat, turunkan dahulu kadar si Kolesterol Jahat.

2. Menjaga fungsi liver

Credit: herbilogy.com

Kolesterol diproduksi oleh liver sebagai komponan kunci dari membran sel yang mengangkut lemak dalam aliran darah ke dalam jaringan tubuh. Selain itu, liver juga merupakan penampung darah yang berfungsi menyaring racun. Di dalam liver, tersimpan berbagai vitamin, mineral, dan enzim yang penting bagi tubuh.

Kalau sehari- hari kita sering terpapar polusi atau toksin, kerja liver pun menjadi lebih berat. Beruntung, liver dapat beregenerasi sehingga kita dapat bertahan. Meski begitu, kita tetap harus menjaga fungsi liver agar tetap sehat.

Agar kadar Kolesterol Jahat bisa turun sekaligus fungsi liver tetap terjaga, kita perlu memperhatikan asupan makanan sehari- hari. Rajin mengonsumsi sayuran dan buah- buahan segar sangat membantu untuk menjaga kadar kolesterol sekaligus menyehatkan fungsi liver.

Saya sarankan konsumsi wortel, lemon, alpukat, kiwi, jeruk, dan lidah buaya sehari- hari. Supaya bisa dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus. Bila perlu, tambahkan suplemen makanan dan vitamin C. Selain itu, jangan lupa untuk selalu aktif bergerak, antara lain dengan melakukan olahraga secara teratur.

 

 

Featured Image - thehealthy.com