Menyadari waktu cuti melahirkan hampir habis adalah mimpi buruk bagi semua ibu. Kembali bekerja setelah tiga bulan cuti melahirkan adalah hal yang berat, karena ibu harus meninggalkan anaknya yang baru lahir.

Sebelum kembali bekerja, ada baiknya persiapkan diri terlebih dahulu. Dengan persiapan yang baik, kembali bekerja setelah cuti melahirkan tidak akan sesulit yang dibayangkan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kembali semangat kerja setelah cuti melahirkan.

1. Berlatih rutinintas baru

Credit: besthealthmag.ca

Kembali ke rutinitas setelah cuti melahirkan bukanlah hal yang mudah. Karena itu, penting untuk melatih rutinitas bekerja. Selama 1-2 minggu sebelum kembali bekerja, coba lakukan rutinitas yang biasa kamu lakukan.

Mulai dari bangun pagi, memandikan si kecil, menyusui, mandi, dan lainnya. Semakin sering dilakukan, maka kamu akan semakin terbiasa dan semangat kerja pun akan segera kembali.

2. Istirahat sebanyak mungkin

Credit: sleepability.be

Hal yang paling dikeluhkan oleh ibu bekerja adalah kelelahan. Setelah mengurus anak di pagi hari, pergi bekerja dari pagi hingga sore, dan pulang kerja kembali mengurus si kecil. Sebaiknya, kamu meminta bantuan untuk melakukan pekerjaan rumah, seperti membereskan rumah, mencuci pakaian, dan menyetrika. Atau kamu juga bisa menggunakan jasa asistem rumah tangga.

Tidur lebih cepat setiap hari agar kamu memiliki lebih banyak waktu beristirahat sebelum si kecil bangun untuk minta menyusu di pagi hari. Dengan begitu, kamu pun tetap bersemangat kerja, meskipun tetap harus sambil mengurus anak.

3. Belajar membagi waktu

Credit: corporatefinanceinstitute.com

Saat masih cuti melahirkan, kamu mungkin memiliki banyak waktu untuk saling berbagi informasi dengan teman soal merawat bayi. Namun setelah kembali bekerja, kamu mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal tersebut.

Saat bekerja, cobalah lebih fokus pada pekerjaan. Dan saat libur tiba, kamu bisa mencari waktu untuk hangout dengan teman atau me time agar pikiranmu kembali jernih dan siap bekerja kembali di hari Senin.

4. Tetap fokus pada pekerjaan di kantor

Credit: workandmoney.com

Meskipun merasa bersalah karena meninggalkan anak, tetapi kamu harus tetap fokus pada pekerjaan. Jangan biarkan atasan menilaimu tidak professional dan sering menjadikan anak sebagai alasan untuk tidak bekerja dengan baik.

5. Mengatur waktu pompa ASI di kantor

Credit: modernhomesteadmama.com

Untuk menyukseskan ASI eksklusif, kamu perlu berlatih untuk memompa ASI di kantor. Jika tidak ada ruangan khusus, kamu bisa menggunakan apron untuk memompa ASI di meja kerja. Selain itu, gunakan pakaian khusus menyusui agar proses memompa jadi lebih mudah.

Di rumah, kamu juga perlu memastikan si kecil bisa menerima ASIP dari botol. Ajarkan pengasuh untuk mencairkan ASIP yang benar sebelum diberikan pada si kecil.

 

Itulah beberapa tips yang bisa lakukan agar kembali semangat kerja setelah cuti melahirkan. Agar kamu tetap aktif dan tidak mudah lelah selagi kerja dan mengurus anak, konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung vitamin C, B kompleks, dan Zinc yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui karena mengandung vitamin dasar.

Tetapi, sebelum mengonsumsi tetap harus konsultasikan pada dokter, ya.

 

 

Featured Image - sheknows.com