Menjaga stamina agar tetap bugar saat bekerja merupakan hal yang penting dilakukan setiap orang. Terutama, untuk kamu yang seringkali lembur sampai larut malam.

Banyak kasus, jika stamina berkurang maka fokus bekerja pun bisa terganggu. Dampaknya, produktivitasmu dapat berkurang, pekerjaan pun jadi sulit untuk diselesaikan, bahkan paling parah kamu bisa saja ditegur atau sampai dipecat dari pekerjaan.

Nah, untuk menambah stamina kamu selama bekerja, coba deh konsumsi beberapa makanan dan minuman berikut ini! Dijamin segar dan aktif sepanjang hari.

1. Kopi

Credit: qraved.com

Tidak perlu diragukan, kandungan kafein dalam kopi dapat bermanfaat sebagai stimulant, yang membuatmu tetap terjaga dan berenergi untuk beraktivitas. Kafein bekerja dengan menghambat adenosin (senyawa tubuh yang membuatmu mengantuk), serta meningkatkan hormon epinerfin, yang membantu merangsang tubuh dan otak untuk meningkatkan kewaspadaan.

Meski begitu, sebaiknya konsumsi kopi sesuai dengan takaran. Konsumsi kopi maksimal enam cangkit sehari. Di atas takaran tersebut, kopi malah dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung.

2. Alpukat

Credit: wkrg.com

Buah alpukat digolongkan sebagai superfood, karena memiliki beragam kandungan nutrisi dan manfaat. Alpukat mengandung vitamin C, E, K, B6, B5, dan vitamin B9 (folat). Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat, serat, kalium, zat besi, dan magnesium.

Lemak sehat dalam alpukat akan disimpan dalam tubuh dan menjadi cadangan energi. Kandungan serat dalam alpukat dapat membantu menjaga level tenaga dalam tubuh. Dan kandungan vitamin B nya dapat membantu memelihara fungsi mitokondria pada sel, tempat terbentuknya energi.

3. Ikan berlemak tinggi

Credit: eatthis.com

Beberapa jenis ikan berlemak tinggi, seperti tuna, salmon, dan ikan kembung, mengandung omega-3, asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan. Omega-3 dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan ini bisa saja merupakan penyebab kamu menjadi kelelahan.

Ikan- ikan tersebut juga mengandung vitamin B12, yang dapat memproduksi sel darah merah, serta membantu kinerja zat besi dalam tubuh sehingga lebih optimal. Keadaan ini dapat membantu mengurangi kelelahan, serta membuat tubuh mendapatkan energi tambahan.

4. Teh hijau

Credit: jawapos.com

Segudang nutrisi dan manfaat teh hijau, membuat minuman ini dijuluki sebagai minuman paling sehat di dunia. The hijau berkhasiat untuk mengatasi kelelahan, dengan meningkatkan pembakaran lemak.

Sama seperti kopi, teh hijau juga mengandung kafein yang dapat menjadi stimulant dan memberikan dorongan energi. Selain itu, teh hijau juga kaya akan jenis asam amino L-theanine. Kombinasi L- theanine dengan kafein dapat membuatmu tetap fokus dan terjaga.

 

Selain makanan dan minuman di atas, kamu juga bisa mengonsumsi telur, kacang- kacangan, hingga oatmeal. Atau buah- buahan termasuk apel, pisang, jeruk, dan stroberi yang dapat membantu meningkatkan stamina kamu selama bekerja.

Dan agar stamina tetap terjaga serta selalu aktif sepanjang hari, konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung vitamin C dan Zinc yang bantu jaga daya tahan tubuhmu biar nggak gampang lelah.

 

 

Featured Image - medicalnewstoday.com