Saat liburan semester, biasanya para mahasiswa tidak melakukan apapun sehingga sering sekali merasakan bosan. Nah, daripada buang- buang waktu saat liburan, lebih baik kamu ikut part time job agar dompetmu tetap tebal saat liburan.

Lalu, apa saja part time job yang bisa kamu lakukan saat libur semester? Ini dia ulasannya.

1. Menjadi tour guide

Credit: worldinsidepictures.com

Kalau daerah tempat tinggalmu dekat dengan daerah wisata, tidak ada salahnya untuk memafaatkan liburan dengan menjadi tour guide. Selain menambah pengalaman, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan sendiri untuk menambah uang jajan. Menarik kan?

2. Jasa cuci motor dan mobil

Credit: theguardian.com

Eitsss, jangan remehkan jasa pencucian mobil dan motor ya, karena kalau jasa pencucianmu laku keras, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan untuk menambah uang sakumu, lho. Jadi daripada nganggur, kamu bisa coba untuk membuka jasa pencucian mobil atau motor.

3. Buka jasa perawatan hewan

Credit: paw.id

Nah, bagi kamu pecinta hewan, coba deh lakukan part time job dengan membuka jawa perawatan dan pemandian hewan peliharaan. Selain dapat bertemu berbagai jenis hewan yang lucu- lucu, kamu pun bisa menghasilkan uang jajan tambahan saat liburan semester. Bermanfaat kan liburan kamu?

4. Menjadi penulis lepas

Credit: carouselpr.com

Kalau kamu sangat suka menulis, jangan ragu ya untuk mengirim tulisanmu kepada penerbit. Jangan takut tulisanmu tidak akan dipublish, tetap semangat dan kirim sebanyak- banyaknya hasil tulisan kamu.

Selain dapat mengasah otak serta kemampuan menulismu, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Tetapi, ingat ya kalau menulis itu membutuhkan konsistensi yang luar biasa, karena tidak semua karya yang kamu tulis sudah pasti akan diterbitkan.

5. Membuka kelas bimbingan

Credit: thoughtco.com

Part time job terakhir yang bisa kamu lakukan saat liburan semester adalah membuka kelas bimbingan sesuai dengan bidang keahlianmu. Kalau kamu sudah menjahit, tidak ada salahnya lho unutuk membuka kelas bimbingan selama liburan.

Atau kamu bisa juga membuka kelas bimbingan belajar untuk para siswa yang akan mengikuti ujian. Selain memperbanyak ilmu, kamu juga bisa sekaligus memperbanyak uang jajanmu. Benar kan?

 

Nah, itulah kelima part time job yang bisa kamu coba saat sedang liburan semester. Daripada nganggur di rumah yang pastinya bakal bosesnin, mending coba deh lakukan part time job tersebut! Selamat mencoba ya.

 

 

Featured Image - flexjobs.com