Minuman kopi dengan beragam variasi, memang sedang disenangi semua kalangan. Mulai dari anak, remaja, sampai dewasa.

Banyak studi yang telah mengamati manfaat kopi untuk kesehatan tubuh, seperti dapat membantu mencegah timbulnya penyakit liver, parkinson, dan demensia atau pikun.

 

Namun ternyata, meminum kopi setiap hari dapat menimbulkan dampak buruk terhadap tubuh. Seperti:

1. Mengganggu aktivitas

Credit: hellosehat

Banyak orang yang sengaja minum kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk.  Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga otak jadi lebih fokus dan produktif. Sayangnya, bahaya dari minum kopi setiap hari adalah munculnya kegelisahan dan kecemasan.

Apalagi jika diminum pada waktu yang salah, seperti sore atau malam hari. Akibatnya, seseorang bisa jadi sulit tidur dan bangun dengan tubuh kelelahan. Dan pastikan Anda meminum kopi pada siang hari dan tidak lewat dari jam 2.

 

2. Mempengaruhi kesehatan lambung

Credit: hellosehat

Kopi yang memiliki rasa asam sehingga sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki luka atau masalah di lambung. Jika Anda punya kebiasaan ngopi setiap hari di waktu pagi, sistem pencernaan bisa terganggu. Apalagi jika kopi diminum saat perut masih kosong. Nantinya, asam yang dimiliki kopi bisa memicu asam lambung.

Tanpa adanya makanan, cairan asam yang telanjur keluar tidak terpakai untuk mencerna makanan. Dan akhirnya, asam lambung pun menggenang di lambung dan menimbulkan rasa sakit.

 

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Credit; hellosehat

Salah satu bahaya dari minum kopi setiap hari adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Meminum dua cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Risiko ini kemungkinan besar terjadi pada orang dengan mutasi genetik tertentu. Mutasi gen tersebut membuat proses pemecahan kafein di dalam tubuhnya berjalan lebih lambat.

 

4. Masalah pada gigi dan gusi

Credit: hellosehat

Selain lambung, bahaya dari meminum kopi setiap hari juga dapat menyerang gigi dan gusi. Kopi yang biasanya diminum cenderung mengandung banyak gula dan tanin yang asam. 

Kedua kandungan tersebut dapat mengikis lapisan pelindung gigi secara perlahan, menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi.

 

Untuk menghindari terkena dampak buruk dari meminum kopi yaitu dengan memilih waktu terbaik untuk meminum kopi, seperti pada siang hari dan tidak lebih dari jam 2. Hindari meminum kopi pada pagi hari saat perut kosong. Dan pastikan kopi yang Anda konsumsi tidak berlebihan.

 

Featured Image - CNN Indonesia