Saat bulan puasa, kebanyakan orang cenderung membeli makanan atau jajanan khas yang dijual pedagang kaki lima. Sedangkan untuk sahur, biasanya orang lebih memilih membeli makanan cepat saji karena praktis. Namun sayangnya jajanan atau makanan cepat saji belum tentu jelas gizi serta nutrisinya. Dan hal ini bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

 

Mengonsumsi jajanan sebaiknya diimbangi dengan asupan makanan sehat. Sehingga tubuh tidak kekurangan nutrisi dan stamina tubuh tetap terjaga, terutama di bulan puasa ini. Berikut ini merupakan jenis makanan sebaiknya dikonsumsi saat puasa:

 

1. Makanan yang mengandung karbohidrat

Credit: Hello Sehat

Saat berpuasa, tubuh lebih membutuhkan karbohidrat untuk membuat glukosa, yang merupakan sumber energi utama. Nantinya, tubuh akan menyimpan glukosa sebagai energi.

Karbohidrat sendiri bisa ditemukan dalam makanan seperti nasi, pasta dan roti. Baiknya, makanan yang mengandung karbohidrat dikonsumsi saat sahur, agar tubuh tetap berenergi dan tidak mudah lemas saat berpuasa.

 

2. Minuman atau cairan

Credit: Hello Sehat

Selain makanan yang mengandung karbohidrat, asupan penting lainnya yang wajib dikonsumsi adalah cairan. Cairan dapat diperoleh dari air mineral, susu, jus, teh ataupun smoothies yang dapat memberikan hidrasi pada tubuh tanpa kalori yang berlebih.

Dari semua jenis minuman, yang paling wajib dikonsumsi terutama saat bulan puasa adalah air mineral. Air mineral penting karena tubuh kamu menggunakan air di semua sel, organ, dan jaringan tubuh lainnya untuk membantu mengatur suhu dan menjaga fungsi tubuh lainnya.

Dan selama puasa baiknya minum 5 gelas air mineral saat sahur, dan 5 gelas selanjutnya saat berbuka, dengan begitu tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

 

3. Sayur dan kacang-kacangan

Credit: Tribun News

Sayur dan kacang-kacangan juga menjadi sumber makanan wajib dikonsumsi saat puasa. Semua sayur dan kacang-kacangan memberikan kombinasi dari serat larut dan tidak larut.

Serat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. Selain itu, serat larut juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang biasanya memuncak saat mengonsumsi hidangan berbuka puasa.

 

4. Buah-buahan

Credit: Jawa Pos

Buah menjadi salah satu makanan wajib saat puasa, kurma salah satunya. Kurma sudah menjadi hidangan legendaris yang biasanya dimakan untuk berbuka puasa. Kurma memiliki kandungan gula alami yang baik untuk memicu energi tubuh, serta menyediakan mineral seperti potassium, tembaga dan serat yang cukup.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh manfaat cairan, berbagai vitamin dan mineral pada buah alpukat, jeruk, timun suri, dan blewah.

 

Featured Image - Republika