Makanan bakar sering dianggap memiliki sejumlah bahaya bagi kesehatan, di antaranya dapat memicu kanker. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang dibakar secara berlebih tanpa disertai pola makan seimbang juga dapat berbahaya bagi tubuh. Meskipun begitu, kamu tetap bisa menikmati makanan yang dibakar jika diolah dengan benar dan sehat.

 

Berikut adalah tips yang dapat kamu coba untuk menghindari bahaya dari makanan bakar:

 

1. Menggunakan daging rendah lemak

Credit: Top Media

Lemak pada daging tidak sepenuhnya berbahaya bagi kesehatan. Namun, dalam proses pembakaran membuat lemak baik pada daging berkurang. Hal ini lah yang bisa membuat dampak buruk pada tubuh. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kandungan lemak pada daging. Misalnya, gunakanlah daging ayam tanpa kulit.

Jika kamu ingin menggunakan daging sapi, pilihlah daging yang lemaknya lebih sedikit. Biasanya daging sapi rendah lemak ditandai dengan warna merah yang lebih banyak pada daging.

 

2. Gunakan bumbu marinasi alami

Credit: Top Media

Meskipun memberikan rasa lezat pada makanan bakar, bumbu marinasi instan yang terlalu banyak saat membakar bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Karena kandungan natrium yang tinggi pada bumbu instan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Sebagai alternatif, kamu bisa membuat bumbu marinasi dari bahan- bahan alami. Kamu dapat menggunakan perasan lemon, cuka, madu, kecap rendah garam, bawang putih, atau berbagai macam bumbu dan rempah lainnya.

 

3. Gunakan minyak yang lebih sehat

Credit: Jawa Pos

Kebanyakan orang menggunakan mentega atau margarin untuk membakar daging. Padahal, beberapa jenis mentega dan margarin mengandung lemak trans atau lemak jahat. Jenis lemak ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebagai ganti mentega dan margarin, kamu bisa menggunakan minyak yang lebih sehat. Seperti minyak zaitun, minyak kanola, minyak biji rami (flaxseed), dan minyak wijen.

 

4. Jangan memasak terlalu lama

Credit: Hipwee

Bahaya kanker dari makanan bakar berasal dari bagian makanan yang gosong menjadi arang. Bagian ini sering disebut sebagai bagian terlezat dari makanan bakar. Padahal, di balik rasanya yang gurih mengintai risiko kesehatan yang bisa membahayakan kamu.

Untuk mencegah bahaya tersebut, hindari membakar makanan terlalu lama. Potonglah daging yang akan kamu bakar ke ukuran yang lebih kecil untuk mempersingkat waktu memasak. Dan jika terdapat bagian yang gosong, buanglah bagian tersebut.

 

5. Membalik makanan

Credit: Fox News

Proses pembakaran makanan dengan suhu tinggi dapat memicu pembentukan sejumlah senyawa kimia, yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker. Kamu dapat mencegah pembentukan senyawa-senyawa ini dengan membalik daging setelah salah satu sisinya matang. Gunakan spatula saat membalik daging, dan hindari menggunakan garpu. Ujung garpu yang lancip dapat  merusak permukaan daging dan mengeluarkan sarinya.

 

Selain kelima tips diatas, jangan lupa tetap tambahkan sayuran dan sumber karbohidrat saat kamu mengkonsumsi makanan yang dibakar. Dengan begitu, asupan gizi kamu tetap seimbang dan tubuh tetap sehat.

 

Featured Image - IDN Times